Sejumlah siswa melakukan pembelajaran secara online atau daring di Posyandu RW 001 Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta, Senin (31/8). Dua Rukun Warga (RW) yaitu RW 001 dan RW 002 di Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat resmi menjadi kampu | Republika/Thoudy Badai

Inovasi

Deretan Strategi Ketika Wi-Fi tak Memuaskan

Jika ingin wifi Anda bekerja lebih baik, Anda harus memiliki saluran internet yang luas.

Kebutuhan akan jaringan Wi-Fi saat ini semakin tinggi dan advance. Kini, Wi-Fi tak lagi hanya sebatas harus terkoneksi, tapi juga kencang, stabil, dapat diginakan di banyak perangkat hingga stabil di berbagai ragam cuaca.

Ketika digunakan di rumah, Wi-Fi yang dapat digunakan oleh semua anggota keluarga pun kini semakin dicari. Banyaknya perangkat yang terhubung bisa membuat kinerja Wi-Fi tidak maksimal. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja Wi-Fi. Simak caranya, seperti dilansir GizChina, Selasa (8/8/2023):

  1. Uji jaringan Wi-Fi untuk mengukur kinerja sebenarnya
photo
Sejumlah pelajar didampingi orang tuanya belajar secara daring di Mulyorejo Selatan Baru, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (25/8/2020). Pengurus kampung di tempat itu menyediakan Wi-Fi gratis bagi pelajar yang terkendala biaya kuota internet untuk belajar secara daring. - (Didik Suhartono/ANTARA FOTO)

Anda harus menentukan ekspektasi Anda pada jaringan Wi-Fi. Tak peduli seberapa banyak Anda mengoptimalkan jaringan, tidak akan ada peningkatan kinerja jika tidak ada ketersediaan bandwidth. Jika Anda ingin Wi-Fi Anda bekerja lebih baik, Anda harus memiliki saluran internet yang luas.

Mungkin Anda sudah membayar untuk paket yang memberi Anda jumlah bandwidth yang bagus. Tapi bagaimana Anda tahu bahwa Anda mendapatkan apa yang telah Anda bayar? Anda bisa mengatahuinya dari verifikasi menggunakan alat uji kecepatan.

Pertama, putuskan sambungan semua perangkat yang terhubung dari jaringan. Kemudian, dapatkan koneksi kabel ke laptop atau PC Anda. Di sini, koneksi kabel akan menghilangkan masalah apa pun yang mungkin ada di jaringan Wi-Fi Anda. Setelah itu, periksa jaringan dengan tes kecepatan.

Anda dapat menggunakan penguji kecepatan Ookla atau Fast.com. Jika kecepatan jaringan tidak sesuai dengan paket yang Anda bayar, hubungi penyedia layanan ISP Anda dan minta mereka memperbaiki masalahnya. 

2. Uji bandwith hogs untuk meningkatkan kinerja Wi-Fi 

Dengan banyak perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, Anda mungkin berbagi bandwidth tanpa menyadarinya. Jadi, setelah Anda melakukan pengujian yang benar pada jaringan, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi perangkat terhubung yang mencuri bandwidth saat Anda sangat membutuhkannya. 

Cara termudah untuk mengidentifikasi perangkat ini adalah dengan masuk ke rute Anda. Di sana, Anda dapat melihat setiap perangkat yang saat ini terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda.

Blokir atau jeda perangkat yang tidak menjadi prioritas saat ini. Lakukan pemeriksaan ini saat Anda dan anggota keluarga sedang bermain game online atau streaming konten. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memantau lalu lintas jaringan. Misalnya, Glasswire untuk meningkatkan kinerja wifi. 

3. Hentikan unduhan latar belakang 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Linksys Indonesia (@linksysid)

Anda mungkin tidak mengetahuinya, tetapi pengunduhan dapat terjadi di latar belakang saat Anda sedang bermain gim atau streaming konten. Unduhan ini mengambil bandwidth berharga dari Wi-Fi Anda saat Anda sangat membutuhkannya.

Dalam hal ini, beberapa perangkat yang perlu Anda periksa adalah konsol gim. Jika dihidupkan, mereka dapat memulai pembaruan firmware atau pembaruan gim kapan pun Anda tidak memainkannya. Anda dapat mengonfigurasi waktu pembaruan dengan masuk ke pengaturan konsol.

Selain itu, Anda harus menetapkan batas bandwidth untuk semua pembaruan latar belakang yang terjadi pada mesin Windows Anda. Sesuaikan juga pengaturan bandwidth pada Steam atau etalase gim lain yang diinstal pada perangkat gim Anda.

4. Beralih ke router yang berbeda untuk mendapat kinerja lebih baik

photo
Sejumlah siswa belajar menggunakan fasilitas wifi gratis di Perumahan Depok Mulya 1, Depok, Jawa Barat, Kamis (30/7/2020). Fasilitas Wi-Fi tersebut disediakan sebagai bentuk kepedulian atas kesulitan biaya untuk kebutuhan belajar daring - (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)

Apakah Anda memiliki router multi-band? Dalam hal ini, ada kemungkinan semua perangkat terhubung ke band yang sama. Misalnya, semua perangkat Anda mungkin terhubung ke 5GHz. 

Meskipun 5GHz menawarkan kecepatan dan bandwidth yang lebih baik, kinerjanya akan menurun saat macet.

Anda dapat dengan mudah memverifikasi Wi-Fi GHz di perangkat Android Anda. Cukup periksa informasi generasi dari pengaturan Wi-Fi. Jaringan 5GHz harus memiliki nama jaringan "5G" atau "5GHz". Pastikan hanya perangkat dengan prioritas tinggi yang terhubung dengannya.

Oleh karena itu, jaringan Wi-Fi 6GHz menjadi sangat populer belakangan ini. Jika router Anda mendukung Wi-Fi 6E, pastikan hanya perangkat dengan prioritas tinggi yang terhubung ke jaringan 6GHz.

 

 
Unduhan di latar belakang dapat mengambil bandwidth dari Wi-Fi Anda. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat