Ajang Miss Universe 2023 | AP Photo/Gerald Herbert

Geni

Kontroversi di Ajang Pencarian Ratu Kecantikan

Sesi pengecekan tubuh di ajang Miss Universe kini tengah menjadi sorotan khalayak.

Ajang kecantikan Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 menjadi sorotan setelah terungkap bahwa ada dugaan pelecehan seksual terhadap para finalisnya. Province Director Sally Giovanny mengunggapkan bahwa para finalis diminta melakukan body checking atau pengecekan tubuh dalam kondisi telanjang, kemudian mereka difoto.


Setelah viral isu foto tanpa busana itu, Direktur Nasional Miss Universe Indonesia Poppy Capella buka suara. Dia membagikan keterangan tertulis lewat akun Instagram pribadinya @poppycapella_ dan @dpidamuofficial. Poppy menunjukkan unggahannya dalam bentuk tulisan itu kepada pendukung yang berdedikasi, perwakilan media, dan masyarakat luas.


Poppy mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan suatu acara, tidak akan luput dari kritik dan umpan balik. “Dalam dunia kontes yang dinamis, suara bergema dari segala arah. Setiap komentar, setiap umpan balik baik yang dibalut pujian maupun ditaburi kritik, sangat vital dalam memahat narasi Miss Universe Indonesia,” tulis Poppy dilansir Instagram @poppycapella_ pada Senin (7/8/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Poppy Capellaa (@poppycapella_)


Meskipun Poppy tidak menyebutkan tentang kontroversi yang sedang ramai dibicarakan masyarakat, dia mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah memberikan pandangan mereka. “Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua orang yang telah meluangkan waktu sejenak untuk berbagi pandangan, perasaan, dan perspektif dengan kami,” kata Poppy.


Dia sangat mengapresiasi komentar dan pandangan orang-orang terhadap penyelenggaraan Miss Universe Indonesia (MUID). “Komentar kalian bukan sekadar kata-kata, kalian adalah kekuatan yang kuat serta mendorong tekad dan semangat kami,” ujar dia.


Poppy bertekad menjadikan setiap masukan sebagai bahan perbaikan penyelenggaraan Miss Universe Indonesia (MUID). “Setiap umpan balik, setiap komentar, bertujuan sebagai bahan bakar yang memperkuat tekad kami dan mendorong Organisasi Miss Universe Indonesia ke tingkat yang lebih baru,” kata dia.


Poppy menutup komentar dengan ucapan terima kasih atas perhatian terhadap penyelenggaraan Miss Universe Indonesia (MUID). “Jadi, saya berterima kasih bukan hanya untuk engagement kalian, tetapi untuk memberi energi pada perjalanan kami. Partisipasi aktif kalian memastikan Miss Universe Indonesia terus bersinar lebih terang, berdiri lebih tinggi, dan tetap menjadi lambang keunggulan di dunia kontes,” ujar Poppy

Angkat Bicara

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sheren Simamora (@sherensimamoraa)

Salah satu finalis Miss Universe Indonesia (MUID) 2023, Sheren Simamora buka suara terkait kabar viral tentang foto tanpa busana. Sheren membahas isu tersebut di Instagram Strory-nya @sherensimamoraa.

Sheren membagikan tangkapan layar pertanyaan tentang apakah benar kabar peserta Miss Universe Indonesia difoto tanpa busana. “Apa benar yang diberitakan itu kalau MUID pesertanya ada difotoin t*l*n*jng, DIFOTOIN???” tulis akun @led8***.

Sheren menceritakan tentang proses yang menjadi sorotan itu. “Karena banyak banget DM dan komen yang masuk, jadi aku akan cerita sedikit apa yang aku alami 100 persen tanpa dikurangi atau ditambahi dan tanpa maksud apa pun ya,” tulis Sheren.

Dia membagikan cerita bahwa pada Selasa lalu, sekitar pukul 13.17 WIB, Sheren pergi makan siang sendiri. Setelah itu, dia naik ke atas di ruangan tempat peserta lain menerima perawatan, seperti infus vitamin C, nail art dan body check atau pengecekan tubuh. Di ruangan itu, Sheren mengatakan ada direktur Panca karena jadwal berikutnya adalah latihan koreografi.

Sheren tidak melihat proses body check dari awal karena memang jadwalnya paling akhir. “Tapi, karena aku baru dateng, aku dapet jadwal terakhir banget untuk body check sebelum latihan koreo,” tulis Sheren.

Selama proses body check, Sheren mengatakan tidak ada proses foto. “Aku masuk body check disuruh muter (tanpa difoto),” tulis dia.

Sheren membagikan bahwa juri menyebut dia memiliki beberapa titik stretch mark dan varises di kaki kanan. “Katanya beberapa titik ada stretch mark aku udah tahu, terus aku punya varises di kaki kanan, itu semua dicatet di buku oleh kakak LO (pendamping-Red) cewek (perempuan),” tulis Sheren.

Sheren menyebut ada lima orang di dalam ruangan selama proses pengecekan tubuh itu, yaitu Miss Sarah yang bertugas melakukan body check, kakak LO yang bertugas mencatat, Miss Ritchel yang bertugas membantu Sarah. Proses pengecekan tubuh dilakukan telanjang.

“Dan kenapa t*l*n*jng? Karena habis body check kita fitting evening gown buat final kena sensor atau enggak. Kenapa ada cowok? Karena kakak cowok ini desainer yang akan bantu buat mayetin titik-titik yang terbuka, cowok satu lain ada Oma yang bantuin pake dan buka gaunnya biar gak rusak,” tulis Sheren.

Dia juga menambahkan bahwa peserta yang difoto itu karena ada beberapa bekas jahitan dan tato di tubuhnya. “Ini pengalaman dari temen aku. Iya difoto, kenapa? Karena punya bekas jahitan dan di beberapa titik ada tatonya,” tulis Sheren. 

 

Ditinggal Para Petinggi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Riomotret (@riomotret)

Dua sosok yang semula menjabat sebagai CEO dan direktur visual di kontes kecantikan Miss Universe Indonesia telah resmi mengundurkan diri. Kedua sosok tersebut adalah pengusaha Eldwen Wang dan fotografer selebritas Rio Wibowo atau yang dikenal dengan nama Riomotret.

Keduanya mengumumkan keputusan tersebut lewat akun media sosial Instagram masing-masing. Pada Ahad (6/8/2023), Eldwen Wang membuat unggahan di akun pribadinya, @wangjinseok. "Ucapan terima kasih untuk semua orang," tulisnya.

Dalam bahasa Inggris, Eldwen berkata bahwa menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia merupakan kehormatan besar. Secara khusus, Eldwen berterima kasih kepada kesempatan kolaborasi yang diberikan oleh Direktur Nasional PT Capella Swastika Karya (CSK), Poppy Capella.

Ajang Miss Universe Indonesia 2023 memang digelar di bawah naungan PT CSK. Menurut Eldwen, dia sangat senang bisa membantu mengusung para perempuan yang cantik dan percaya diri dari Indonesia yang berdaya dan berbagai nilai baik lain dari Indonesia ke mata dunia.

Dia meminta maaf karena seiring perjalanan waktu, dia harus membuat keputusan hengkang dari gelaran Miss Universe Indonesia. Itu karena Eldwen ingin fokus pada karier dan pekerjaan sebelumnya di kota kelahirannya. Pengusaha 32 tahun tersebut diketahui lahir di Surabaya, Jawa Timur.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Eldwen Wang 왕진석 (@wangjinseok)

Eldwen menyebut keterlibatan di Miss Universe Indonesia merupakan perjalanan menakjubkan yang akan terkenang sepanjang masa. Namun, dalam pernyataannya, Eldwen menolak memberikan konfirmasi apa pun setelah keputusan berhenti. "Semua informasi dan tanggung jawab mengenai Miss Universe Indonesia bisa mengontak PT CSK," ujarnya.

Pada hari yang sama, Riomotret pun hengkang dari Miss Universe Indonesia. Lewat unggahan di akun Instagram @riomotret, Rio menyatakan mundur dari jabatannya sebagai direktur visual, yang juga dia sampaikan dalam bahasa Inggris. "Halo, saya Riomotret dan melalui kesempatan ini saya ingin memberitahukan kepada kalian bahwa perjalanan saya bersama Miss Universe Indonesia telah berakhir," kata Rio.

Dia menyebut keterlibatan di ajang tersebut merupakan perjalanan luar biasa, menantang, menyenangkan, sekaligus membuatnya memiliki pengalaman baru. Alasan Rio hengkang adalah ingin fokus pada sejumlah proyek pekerjaan lain yang akan datang.

Berbeda dengan kolom komentar di unggahan Eldwen yang sengaja ditutup, kolom komentar unggahan Rio tetap terbuka. Alhasil, unggahan itu pun menuai reaksi berbagai pihak, baik figur publik maupun warganet.

Rizky Ananda Musa yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Nasional Miss Universe Indonesia Jawa Barat terpantau berkomentar. "Ko @riomotret orang baik, nama besar Ko Rio lebih besar dibanding Pop Es Serut," ujar perempuan berhijab yang biasa disapa dengan panggilan Bunda Kiki itu.

Sebelumnya, Rizky pun mengundurkan diri dari jabatannya, yang dia tuliskan via Instagram Story. Pengusaha di bidang kosmetik asal Jawa Barat itu sempat pula mengunggah tentang sejumlah skandal yang terjadi selama penyelenggaraan Miss Universe Indonesia 2023. Salah satunya, pelanggaran aturan berupa pengecekan tubuh beberapa peserta yang dilakukan dengan memotret peserta dalam kondisi telanjang.

 

 
Dalam dunia kontes yang dinamis, suara bergema dari segala arah.
 
POPPY CAPELLA, Direktur Nasional, Miss Universe Indonesia. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat