Bangkai kendaraan yang hangus pascabentrokan antara warga hindu dengan muslim di kawasan Nuh negara bagian Haryan, India, Selasa (1/7/2023). | AP Photo/Altaf Qadri
Kios pedagang makanan hangus pascabentrokan antara warga hindu dengan muslim di kawasan Nuh negara bagian Haryan, India, Selasa (1/7/2023). | AP Photo/Altaf Qadri
Bangkai kendaraan yang hangus pascabentrokan antara warga hindu dengan muslim di kawasan Nuh negara bagian Haryan, India, Selasa (1/7/2023). | AP Photo/Altaf Qadri
Kekerasan meletus setelah iring-iringan prosesi keagamaan Hindu melewati wilayah Nuh yang didominasi warga Muslim. | AP Photo/Altaf Qadri
Korban meninggal pascabentrokan antara warga hindu dengan muslim di kawasan Nuh negara bagian Haryan, India, Selasa (1/7/2023). | AP Photo/Altaf Qadri

Peristiwa

Penampakan Pascabentrokan Hindu dan Muslim di Selatan New Delhi

Kekerasan meletus setelah iring-iringan prosesi keagamaan Hindu melewati wilayah Nuh yang didominasi warga Muslim.

NEW DELHI -- Bentrokan antara umat Hindu dan Muslim meletus di selatan ibu kota India, New Delh, pada Senin (31/7/2023). Kepolisian menyatakan, sebanyak lima orang, termasuk dua personel polisi, meninggal dunia.

Kekerasan meletus setelah prosesi keagamaan Hindu melewati wilayah Nuh yang didominasi Muslim di negara bagian Haryana. Menjelang sore, kekerasan telah meluas ke Gurugram, dengan sebuah masjid dibakar hingga membunuh ulama dan melukai orang lain.

"Lima orang yang terlibat dalam insiden tersebut telah ditangkap dan yang lainnya sedang diidentifikasi," kata Wakil Komisaris Kepolisian Gurugram Nishant Kumar Yadav.

Yadav menyatakan, keamanan di sekitar tempat ibadah juga diperketat. Gurugram sebelumnya dikenal sebagai Gurgaon, berbagi perbatasan dengan New Delhi dan telah muncul sebagai pusat bisnis bagi negara tersebut, menampung beberapa perusahaan multinasional.

Pejabat pemerintah daerah di Nuh dan Gurugram bertemu dengan perwakilan komunitas Hindu dan Muslim di daerah tersebut meminta komunitan untuk bersikap tenang pada Selasa (1/8/2023).

Larangan ketertiban umum telah dikeluarkan untuk distrik tersebut setelah lima mobil dibakar dan beberapa toko rusak pada Senin malam. Sekolah serta perguruan tinggi telah diarahkan untuk tetap tutup.

Gurugram tetap tegang sepanjang hari ketika massa berkeliaran di jalan-jalan, membakar toko-toko bekas, dan merusak restoran-restoran kecil, yang sebagian besar milik Muslim. Menjelang malam, layanan internet seluler telah dihentikan di sebagian besar distrik.

Pejabat dari pemerintah daerah di Nuh mengatakan, sedang menyelidiki penyebab kebuntuan yang memicu kekerasan awal. "Arak-arakan itu dimaksudkan untuk berpindah dari satu kuil ke kuil lain tetapi bentrokan pecah antara dua kelompok di jalan, yang mengakibatkan kematian empat orang," kata juru bicara polisi Nuh Krishan Kumar.

 

  ';

Saat Muslim-Hindu Bersatu di India, Penjajah Kocar-Kacir

Perlawanan pertama terhadap penjajah Inggris di India mencerminkan persatuan Hindu-Muslim.

SELENGKAPNYA

Masjid Dibakar, Imam Dibunuh di India

Kekerasan komunal berujung imam dibunuh di India.

SELENGKAPNYA

Masjid-Masjid Bertumbangan di India

Sejumlah masjid terancam penghancuran di berbagai wilayah India.

SELENGKAPNYA