Pengunjuk rasa membakar bendera Swedia selama unjuk rasa mengecam pembakaran Alquran di Beirut, Lebanon, Jumat, 7 Juli 2023. | AP Photo/Hassan Ammar

Internasional

Swedia Mulai Khawatirkan Kemarahan Umat Islam

Permohonan pembakaran Alquran meningkat di Swedia.

STOCKHOLM -- Maraknya kecaman dari negara-negara Islam terkait aksi pembakaran Alquran di Swedia mulai berdampak. Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson "sangat khawatir" akan konsekuensi yang akan terjadi jika lebih banyak demonstrasi yang menodai Alquran, ujarnya. 

Kekhawatiran Kristersson ini, di tengah semakin meningkatnya kemarahan umat Islam dunia terhadap Swedia dan serangkaian serangan aksi pembakaran kitab suci umat Islam tersebut. Serangan terhadap Alquran di Swedia dan Denmark telah menyinggung banyak negara Muslim termasuk Turki. 

Negara Turki dianggap sangat penting bagi Swedia, karena menjadi kunci dukungan untuk bergabung dengan Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO), yang merupakan tujuan Stockholm setelah invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022.

Kristersson mengatakan kepada kantor berita Swedia TT mengatakan bahwa permohonan izin pembakaran Alquran masih terus diajukan kepada polisi pihak kepolisian. "Jika permohonan itu dikabulkan, kita akan menghadapi beberapa hari di mana ada risiko yang jelas akan terjadi sesuatu yang serius. Saya sangat khawatir dengan apa yang akan terjadi," katanya. 

photo
Pengunjuk rasa membakar bendera Swedia dan Israel selama unjuk rasa untuk mengecam pembakaran Alquran, setelah salat Jumat di luar Masjid Mohammad al-Amin di pusat kota Beirut, Lebanon, Jumat, 7 Juli 2023. - (AP Photo/Hassan Ammar)

Sementara itu, perwakilan Swedia di dunia juga terancam. Seperti kantor Kedutaan Besar Swedia di Baghdad yang diserbu dan dibakar pada 20 Juli oleh para pengunjuk rasa yang marah dengan rencana pembakaran Alquran. 

Kristersson mengatakan bahwa keputusan apakah akan memberikan izin untuk demonstrasi aksi bakar Alquran itu tergantung pada kepolisian. 

Kristersson juga mengatakan saat ini negaranya telah menjadi sasaran prioritas serangan teror buntut dari beberapa aksi pembakaran Alquran. "Peristiwa destruktif baru-baru ini, khususnya berbagai pembakaran demonstratif, telah meningkatkan risiko bagi Swedia," ungkap Kristersson dalam sebuah pernyataan yang diunggah ke Instagram, Kamis (27/7/2023).

Dia menekankan, situasi yang kini dihadapi Swedia sangat serius. “Kami, menurut Dinas Keamanan Swedia, berubah dari apa yang disebut sebagai target yang sah untuk serangan teror, menjadi target yang diprioritaskan,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya serangan teror, Kristersson mengaku telah memerintahkan 15 lembaga pemerintah, termasuk angkatan bersenjata serta beberapa lembaga penegak hukum, untuk mengintensifkan pekerjaan mereka. Dinas Keamanan Swedia menjadi koordinator atas upaya pengamanan kolektif tersebut.

photo
Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson. - (Pontus Lundahl/TT News Agency via AP)

Dinas keamanan Swedia, SAPO, tetap mempertahankan penilaian tingkat ancamannya pada angka 3 dari skala 5,l. Angka ini yang menandakan "ancaman yang meningkat" selama krisis aksi bakar Alquran ini.  

Namun Kepala Dinas Keamanan Swedia Charlotte von Essen mengatakan bahwa telah terjadi reaksi dan respon yang sangat kuat terhadap kejadian-kejadian yang terjadi baru-baru ini. 

Negeri Anti-Islam

"Swedia telah berubah dari negara yang dianggap sebagai negara yang toleran menjadi negara yang dianggap sebagai negara anti-Islam," kata Charlotte von Essen kepada para wartawan pada Kamis. 

Denmark dan Swedia telah mengatakan bahwa mereka menyesalkan pembakaran Alquran. Namun kedua negara mengaku tidak dapat mencegahnya di bawah aturan yang melindungi kebebasan berbicara. 

Swedia menuduh negara-negara lain - seperti Rusia - memanipulasi krisis ini untuk merusak kepentingannya dan upayanya untuk bergabung dengan NATO. 

photo
Islamofobia di Swedia - (Republika)

"Di beberapa negara ada persepsi bahwa negara Swedia berada di belakang atau memaafkan hal ini. Kami tidak," kata Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom kepada para wartawan pada hari Kamis. 

"Ini adalah tindakan yang dilakukan oleh individu, tetapi mereka melakukannya dalam kerangka hukum kebebasan berpendapat," katanya.

Billstrom mengatakan bahwa ia telah menghubungi menteri luar negeri Iran, Irak, Aljazair, dan Lebanon, serta sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai krisis yang terjadi saat ini. 

"Dan baru saja saya akan berbicara dengan sekretaris jenderal Organisasi Negara-Negara Islam," kata Billstrom. "Kami akan mendiskusikan isu-isu ini dan penting untuk menekankan bahwa ini adalah isu jangka panjang, tidak ada perbaikan yang cepat," katanya.

Paludan membakar Alquran di bawah perlindungan polisi di Norrebro, Kopenhagen, Denmark pada 2019. - (Wikimedia Commons)  ​

Pemerintah menghadapi tindakan penyeimbangan yang sulit dalam mempertahankan undang-undang kebebasan berbicara yang luas, sementara pada saat yang sama menghindari potensi penghinaan terhadap Muslim. 

Posisinya tidak dipermudah oleh Partai Demokrat Swedia yang antiimigrasi, yang dukungannya membuat koalisi tengah-kanan tetap berkuasa meskipun partai ini tidak secara resmi menjadi bagian dari pemerintah. 

Anggota Partai Demokrat Swedia, partai terbesar di sayap kanan, telah berulang kali memperingatkan tentang "Islamisasi" masyarakat Swedia dan menyerukan agar para imigran mengadopsi nilai-nilai "Swedia".

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Swedia Melunak Soal Pembakaran Alquran?

Pemerintah Swedia berupaya mengubah regulasi soal Alquran.

SELENGKAPNYA

Alquran Kembali Dibakar di Depan Kedubes Mesir dan Turki

Turki telah meminta Denmark untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah kejahatan kebencian terhadap Islam

SELENGKAPNYA

Melacak Akar Kebencian Terhadap Alquran di Eropa

Alquran dianggap buku berbahaya sejak abad pertengahan di Eropa.

SELENGKAPNYA