Berkah Winter Break Liga Primer Inggris | Republika

Sepak Bola

Berkah Winter Break Liga Primer Inggris

Jeda hingga 10 hari, para pemain pergi berlibur di berbagai belahan dunia.


JAKARTA - Setelah sekian lama, wacana Liga Premier Inggris untuk memberlakukan winter break akhirnya terwujud mulai musim ini. Namun, winter break di Liga Inggris ini berbeda dengan di liga-liga lain.

Di kompetisi lain, libur berlangsung selama dua pekan penuh. Di Inggris, ada pertandingan yang masih akan dilangsungkan pada akhir pekan, yakni laga lanjutan pekan ke-26 yang dilaksanakan pada dua akhir pekan, 8-9 Februari dan 15-16 Februari. Durasi libur yang didapatkan peserta Liga Premier Inggris pun berbeda-beda sehingga berbeda juga kegiatan yang dilakukan.

Untuk liburan musim dingin pertama di Liga Primer, Arsenal terbang ke Dubai demi mencari cuaca yang lebih hangat untuk menggelar latihan. Arsenal mendapatkan libur sejak pertandingan melawan Burnley pada 2 Februari dan mempersiapkan untuk pertandingan berikutnya di kandang melawan Newcastle pada 16 Februari. Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengatakan, anak asuhnya membutuhkan tiga atau empat hari untuk beristirahat dan memulihkan kekuatan mereka.

Mereka telah melalui banyak hal dalam beberapa bulan terakhir dan sekarang saya pikir mereka siap untuk memiliki lima atau enam sesi latihan yang sangat baik di sini sebelum kita kembali ke London dan fokus serta mempersiapkan sebaik mungkin untuk pertandingan melawan Newcastle, kata Arteta dikutip dari football.london, Ahad (9/2).

Sementara itu, pelatih Liverpool Jurgen Klopp telah memberikan waktu istirahat kepada para pemainnya selama winter break. Kiper Liverpool, Alisson Becker, memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya di Brasil selama winter break. Namun, kepulangannya ke kampung halaman tidak serta-merta hanya untuk berlibur. Becker tetap menjaga kebugarannya dengan berlatih bersama kakaknya, Muriel di klub Fluminense. Melalui dialah Alisson bisa mendapatkan izin berlatih bersama tim berjuluk Tricolor tersebut.

Langkah Alisson ini berbeda dengan rekan-rekannya di Liverpool. Beberapa rekannya justru memilih untuk berelaksasi. Joe Gomez, misalnya, memutuskan untuk menikmati udara panas di Kalifornia. Senada dengan itu, laporan Football Fancast menyebut Andrew Robertson memutuskan untuk pulang ke Skotlandia dan bermain golf. Meski caranya berbeda-beda, kubu Liverpool akan kembali dengan pikiran dan tubuh yang lebih segar untuk menyegel gelar Liga Premier Inggris musim ini.

Di sisi lain, para penggawa Tottenham Hotspur akan tersebar di beberapa belahan dunia untuk menghabiskan waktu libur yang diberikan pelatih Jose Mourinho. Spurs memiliki 10 hari libur hingga laga kandang melawan Aston Villa pada 16 Februari. Awalnya, para pemain hanya akan diberikan libur empat hari, tetapi Mourinho memberikan hadiah setelah kemenangan 3-2 atas Southampton pada putaran keempat Piala FA, Kamis (6/2). Mourinho mengatakan, mereka pantas mendapatkan libur lebih sebagai hadiah.

Semangat luar biasa dan itu adalah sesuatu yang selalu saya sukai, kata bos Spurs itu, dikutip dari football.london, Ahad (9/2). Karena itulah saya berikan satu hari libur tambahan bagi anak-anak daripada apa yang sudah diatur, dan satu hari lagi untuk istirahat, ujar dia.

Untuk memanfaatkan libur yang diberikan, Ben Davies tetap di rumah selama masa penyembuhan dari cedera sebelum kembali saat melawan Aston Villa. Adapun Harry Kane telah memulai pemulihannya dari cedera hamstring di Karibia, cuaca hangat yang diyakini membantu pemulihan otot. Sementara, Ryan Sessegnon telah terbang keluar Dubai karena ia dan striker Chelsea Tammy Abraham akan bertemu dengan musisi Stormzy serta bintang Manchester United Marcus Rashford.

Sementara itu, Kiper Paulo Gazzaniga berjemur di Maladewa. Rekannya, Hugo Lloris, bermain salju di tempat dengan iklim yang lebih dingin bersama keluarganya. Adapun Eric Dier dan striker muda Troy Parrott menuju ke iklim yang lebih hangat di luar negeri.

Di sisi lain, Lucas telah membawa keluarganya ke Marrakesh di Maroko untuk menikmati waktu yang berkualitas, jauh dari hiruk pikuk kehidupan Liga Primer. Para pemain Tottenham perlu mendapatkan sinar matahari karena Mourinho memutuskan untuk tidak pergi ke luar negeri mencari training camp dengan cuaca hangat seperti beberapa klub lainnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat