Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (tengah) mengunjungi pelatihan cadangan di pangkalan militer di Taoyuan, Taiwan, 11 Mei 2023. | EPA-EFE/RITCHIE B. TONGO

Internasional

Taiwan Minta Warga Waspadai Tentara Cina

Cina memulai latihan militer di sebelah utara Taiwan.

TAIPEI -- Sehubungan meningkatnya ketegangan dengan Cina dan ancaman serangan yang nyata, pemerintah Taiwan mulai mendesak warganya mewaspadai keberadaan pasukan Cina. Militer Taiwan merilis buku pedoman pertahanan sipil yang untuk pertama kalinya berisi cara mengetahui perbedaan tentara Cina dan Taiwan dari seragam, kamuflase dan lambang mereka. 

Tahun lalu Taiwan juga merilis buku pedoman pertahanan sipil di tengah memanasnya ketegangan dengan Beijing dan invasi Rusia ke Ukraina. Buku tersebut berisi bagaimana menemukan tempat perlindungan dari bom, menemukan pasokan air dan makanan melalui aplikasi telepon pintar serta tips untuk mempersiapkan kontak P4K darurat. 

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan mereka menerima permintaan agar buku itu mencerminkan skenario perang yang lebih baik, mengingat konflik di Ukraina. Salah satu perubahannya termasuk ilustrasi personel tentara Taiwan dan "tentara musuh" mengenai seragam militer Cina. Tentara Taiwan terlihat senyum sementara pasukan Cina terlihat menunduk dan keras.

"Sebenarnya cukup sulit untuk membedakan mereka," kata Direktur Mobilisasi Pertahanan Skala Penuh Shen Wei-chic di Kementerian Pertahanan Taiwan, Selasa (13/6/2023).

photo
Pasukan cadangan perempuan Taiwan menghadiri pelatihan menembak senapan di dalam pangkalan militer di Taoyuan, Taiwan, 11 Mei 2023. - ( EPA-EFE/RITCHIE B. TONGO)

Buku panduan itu berasumsi Cina akan mengenakan seragam Tentara Pembebas Rakyat. Pakar mengatakan pasukan khusus mungkin akan memakai seragam lain saat mencoba menyusup ke Taiwan selama invasi.

Personel darurat Taiwan termasuk polisi dan petugas darurat juga ditampilkan dalam buku panduan baru yang dapat diunggah. Shen mengatakan pihaknya sedang mengerjakan terjemahan bahasa Inggrisnya.

Buku itu sudah direncanakan sebelum Rusia menginvasi negara tetangganya. Konflik di Ukraina memicu perdebatan mengenai implikasinya pada Taiwan dan cara untuk memperkuat persiapan seperti reformasi pelatihan pasukan cadang dan memperluas dinas militer.

Cina memandang Taiwan yang dikelola dengan demokrasi bagian dari wilayahnya meski pemerintah Taiwan menolak keras dengan klaim tersebut. Beijing memperkuat tekanan politik dan militer selama tiga tahun terakhir untuk menegaskan klaim tersebut.

Hubungan Rumit Cina dan Taiwan - (Republika)  ​

Taiwan juga memeriksa tempat perlindungan bom untuk memastikan tempat-tempat itu cocok dan memperbaharui tanda-tanda agar lebih mudah ditemukan. Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan tandanya mungkin termasuk lampu kedip.

Sebelumnyam Angkatan Udara Taiwan beraksi setelah melihat 10 pesawat tempur Cina melintasi garis median Selat Taiwan yang sensitif pada Ahad (11/6/2023). Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, empat kapal perang Cina juga melakukan patroli tempur.

Dalam sebuah pernyataan singkat, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, pukul 14.00 telah mendeteksi 24 pesawat angkatan udara Cina, termasuk pesawat tempur J-10, J-11, J-16 dan Su-30, serta pembom H-6. Tidak disebutkan posisi pesawat terbang tetapi mengatakan 10 telah melintasi garis median Selat Taiwan, yang memisahkan kedua sisi dan sebelumnya berfungsi sebagai penghalang tidak resmi.

Sedangkan empat kapal angkatan laut Cina juga terlibat dalam patroli kesiapan tempur bersama. Sebagai tanggapan, Taiwan mengirim pesawat tempurnya sendiri dan mengerahkan kapal serta sistem rudal darat untuk berjaga-jaga.

photo
Dalam gambar yang diambil dari rekaman video yang ditayangkan Sabtu (8/4/2023) oleh CCTV China, sebuah kapal China berlayar di Selat Taiwan. - ( CCTV via AP)

Pengerahan itu adalah kedua kalinya dalam waktu kurang dari seminggu Taiwan melaporkan aktivitas militer Cina. Beijing sebelumnya mengerahkan 37 pesawat militer terbang ke zona pertahanan udara pulau itu pekan lalu, beberapa di antaranya kemudian terbang ke Pasifik barat.

Cina selama tiga tahun terakhir secara teratur menerbangkan pasukan angkatan udaranya ke langit dekat pulau itu, meskipun tidak ke wilayah udara teritorial Taiwan. Beijing sebelumnya mengatakan, misi semacam itu adalah untuk melindungi kedaulatan negaranya dan ditujukan untuk menentang kolusi Taiwan dan Amerika Serikat (AS).

Latihan perang

Sementara, Cina memulai latihan militer di laut Cina Timur di sebelah utara Taiwan pada Selasa (13/6/2023), termasuk latihan menembak sasaran dari kapal perang. Latihan Militer ini dilaksanakan, ketika AS dan sekutunya juga melakukan latihan militernya di wilayah Pasifik Barat.

Militer Cina vs Taiwan - (republika)  ​

Cina secara rutin melakukan latihan di sepanjang pantainya, meskipun latihan di dekat Taiwan yang diklaim Beijing, sering kali paling menarik perhatian. Administrasi Keselamatan Maritim Cina mengeluarkan peringatan zona larangan berlayar dari pagi hingga sore hari pada Selasa (13/6/2023).

Wilayah larangan berlayar itu berada di sebuah area di lepas pantai kota Taizhou di provinsi Zhejiang, untuk latihan tembakan langsung dari kapal perang. "Latihan lain di sekitar lokasi yang sama akan berlangsung hingga Selasa malam," bunyi pernyataan pemerintah Cina.

Latihan ini dilakukan di dekat kepulauan Dachen, yang dikuasai Taiwan hingga tahun 1955 hingga dievakuasi, setelah pulau-pulau lain di dekatnya direbut oleh pasukan Cina dalam sebuah pertempuran berdarah.

photo
Seorang pilot jet tempur China dari Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) ikut serta dalam patroli kesiapan tempur dan latihan militer di sekitar Pulau Taiwan, 10 April 2023 (diterbitkan 11 April 2023). - ( EPA-EFE/XINHUA/Mei Shaoquan )

Taiwan masih menguasai pulau Matsu dan Kinmen, di lepas pantai provinsi Fujian, Cina. Wilayah ini dikuasai sejak pemerintah Republik Cina yang kalah melarikan diri ke Taipei setelah kalah dalam perang saudara dengan kelompok Komunis Mao Zedong.

China akan mengadakan latihan terpisah di bagian utara Laut Cina Timur lainnya hingga Rabu (4/6/2023) sore, kata Badan Keamanan Maritim.

Latihan di Laut Cina Timur bertepatan dengan latihan angkatan laut segi empat di Laut Filipina yang dimulai pada Jumat yang melibatkan Amerika Serikat, Jepang, Kanada, dan Prancis.

Latihan itu mencakup dua kelompok kapal induk yang dipimpin oleh kapal induk AS, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan, yang beroperasi bersama untuk pertama kalinya sejak Juni 2020, demikian ungkap Armada ke-7 AS dalam sebuah pernyataan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Cina Disebut Mata-Matai AS dari Kuba

Aksi spionase Cina mulai dicurigai sejak insiden balon udara di AS.

SELENGKAPNYA

Jet Tempur Cina Resahkan Tetangga Regional

Taiwan, Jepang, dan Korsel protes penerobosan jet tempur Cina

SELENGKAPNYA

Adu Pesawat AS dan Cina di Laut Cina Selatan

Pencegatan oleh pesawat terbang dan kapal Cina di kawasan Pasifik meningkat.

SELENGKAPNYA