Sebuah balon pengintai milik Cina yang dicurigai ditembak jatuh melayang di atas wilayah Samudra Atlantik di lepas pantai Carolina Selatan, Sabtu, (4/2/2023). REUTERS/Randall Hill | REUTERS/Randall Hill

Internasional

Cina Disebut Mata-Matai AS dari Kuba

Aksi spionase Cina mulai dicurigai sejak insiden balon udara di AS.

WASHINGTON – Pejabat Amerika Serikat (AS) menuduh Cina telah mengoperasikan pangkalan mata-mata di Kuba setidaknya sejak 2019. Fasilitas itu bagian dari upaya global oleh Beijing untuk meningkatkan kemampuan pengumpulan intelijennya.

Pejabat yang tidak berwenang untuk berkomentar secara terbuka dan berbicara dengan syarat anonim mengatakan, komunitas intelijen AS telah mengetahui mata-mata Cina dari Kuba. Beijing melakukan upaya yang lebih besar untuk mengatur operasi pengumpulan intelijen di seluruh dunia selama beberapa waktu.

Pemerintahan Joe Biden telah meningkatkan upaya untuk menggagalkan dorongan Cina untuk memperluas operasi mata-matanya. Menurut pejabat tersebut, pemerintah AS yakin telah membuat beberapa kemajuan melalui diplomasi dan tindakan lain yang tidak ditentukan.

photo
Sebuah balon besar mata-mata Cina melayang yang dicurigai dan jejak jet tempur terlihat di bawahnya di atas Samudra Atlantik, di lepas pantai Carolina Selatan, Sabtu, (4/2/2023). - (Chad Fish via AP)

Keberadaan pangkalan mata-mata Cina dikonfirmasi setelah Wall Street Journal melaporkan pada Kamis (8/6/2023). Laporan itu menyatakan bahwa Cina dan Kuba pada prinsipnya telah mencapai kesepakatan untuk membangun stasiun penyadapan elektronik di pulau tersebut.

The Wall Street Journal pada Kamis (8/6/2023) melaporkan bahwa Cina telah mencapai kesepakatan rahasia dengan Kuba untuk membangun fasilitas penyadapan elektronik kira-kira 100 mil atau 160 kilometer dari Florida. Tetapi pemerintah AS dan Kuba meragukan laporan tersebut.  

"Karakterisasi media tidak sesuai dengan pemahaman kami," ujar pejabat pemerintahan Presiden AS Joe Biden yang berbicara dengan syarat anonim.

Pejabat itu tidak merinci apakah ada upaya Cina untuk membangun fasilitas penyadapan baru di  Kuba. Pejabat itu mengatakan, masalah tersebut terjadi sebelum kepresidenan Joe Biden, seperti halnya upaya Beijing untuk memperkuat infrastruktur pengumpulan intelijennya di seluruh dunia.  

Penampakan balon udara milik CIna yang meledak setelah ditembak pesawat tempur AS pada Sabtu (4/2) di lepas pantai Carolina Selatan. - (twitter)  ​

"Ini adalah masalah yang sedang berlangsung, dan bukan perkembangan baru. RRC (Republik Rakyat Cina) melakukan peningkatan fasilitas pengumpulan intelijennya di Kuba pada tahun 2019. Ini didokumentasikan dengan baik dalam catatan intelijen," ujar pejabat itu.

Pejabat Kedutaan Cina di Washington, menuduh AS menyebarkan desas-desus dan fitnah dengan berbicara tentang fasilitas mata-mata di Kuba, dan menjadi kerajaan peretas paling kuat di dunia.

Pemerintah Kuba tidak menanggapi permintaan komentar. Namun pada Kamis, Wakil Menteri Luar Negeri Kuba Carlos Fernandez de Cossio menolak laporan Wall Street Journal. Dia menyebutnya sebagai rekayasa AS yang dimaksudkan untuk membenarkan embargo ekonomi Washington terhadap wilayah itu.  Dia mengatakan, Kuba menolak semua kehadiran militer asing di Amerika Latin dan Karibia.

Perhatian seputar dugaan mata-mata Cina dari Kuba datang ketika Washington dan Beijing mengambil langkah tentatif untuk meredakan ketegangan yang meningkat setelah insiden balon mata-mata. Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken dijadwalkan mengunjungi Cina pada 18 Juni mendatang. Sebelumnya Blinken batal mengunjungi Cina karena insiden balon mata-mata.

photo
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, kanan, dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi berbicara sebelum pertemuan di Nusa Dua di Bali, Sabtu, 9 Juli 2022. - (AP/Stefani Reynolds/Pool AFP)

Pejabat administrasi Biden mengatakan, pemerintahan mantan presiden Donald Trump mengetahui pangkalan Cina di Kuba dan melakukan beberapa upaya untuk mengatasi tantangan tersebut. "Kami tidak membuat kemajuan yang cukup dan membutuhkan pendekatan yang lebih langsung," ujar pejabat itu.

Pejabat itu mengatakan, diplomat AS telah melibatkan pemerintah yang sedang mempertimbangkan untuk menampung pangkalan Cina dan telah bertukar informasi dengan mereka. "Para ahli kami menilai bahwa upaya diplomatik kami telah memperlambat RRC Kami pikir itu tidak seperti yang RRC harapkan," ujarnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat