Nota dan Suku cadang tergantung di motor yang akan di service di salah satu bengkel di kawasan Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta, Ahad (16/4/2023). Calon pemudik motor mulai memenuhi bengkel guna menyervis atau mengganti suku cadang kendaraan mereka sebelu | Republika/Prayogi

Gaya Hidup

Pastikan Keamanan Kendaraan Sebelum Mudik

Kerusakan kendaraan dapat menggagalkan impian berhari raya bersama keluarga di kampung halaman.

Puncak arus mudik Lebaran 2023 diprediksi akan terjadi pada 19-21 April 2023. Penting untuk memastikan keamanan kendaraan sebelum berangkat mudik.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal mengingatkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman agar memperhatikan kelayakan kendaraan yang akan dipakai. Menurut Iqbal, kerusakan kendaraan saat mengarungi arus mudik dapat mengganggu rencana dan dapat menggagalkan impian berhari raya bersama keluarga di kampung halaman.

"Kelayakan kendaraan harus diperiksa. Dan kami imbau pemudik supaya mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jangan paksakan terus berkendara bila sudah merasa kelelahan," kata Iqbal, Senin (17/4/2023).

Iqbal juga mengingatkan pemudik untuk mematikan keamanan rumah yang akan ditinggalkan selama mudik. Seperti mencabut gas di dapur, mematikan listrik dan lain-lain.

photo
Siswa melakukan perawatan kendaraan di bengkel Unit Produksi Jasa dan Teaching Factory SMKN 2 Yogyakarta, Selasa (17/4/2023). Sejak awal Ramadhan bengkel milik SMKN 2 Yogyakarta menerima jasa perawatan kendaraan warga yang akan digunakan untuk mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H. Beberapa warga memilih melakukan perawatan di sini karena lebih murah daripada bengkel resmi. - (Republika/Wihdan Hidayat)

 

Ia menyebut, untuk memastikan masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H aman dan nyaman, Polda Riau menurunkan 3.107 personel gabungan dan 61 pos yang terdiri dari pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu. Menurut Iqbal, personel yang telah dipersiapkan tersebut juga akan mengantisipasi gangguan-gangguan keamanan, gangguan pemeliharaan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

Bagi pelaku kejahatan yang melakukan aksinya, Iqbal menegaskan bahwa polisi akan menindak tegas dan memberikan sanksi hukum. "Yang harus kita antisipasi adalah seluruh gangguan keamanan, gangguan kamseltibcarlantas. Oleh karena itu, kita secara kolaboratif melakukan upaya-upaya preventif. Ada penegakan hukum agar tidak melakukan pelanggaran. Kita tahu bahwa kecelakaan itu selalu dimulai dan diawali dengan pelanggaran," ujar Iqbal.

 

 
Jangan paksakan terus berkendara bila sudah merasa kelelahan.
IRJEN POL MUHAMMAD IQBAL, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau. 
 
 

 

Periksa Sebelum Berangkat

photo
Mekanik memperbaiki motor di salah satu bengkel di kawasan Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta, Ahad (16/4/2023). Calon pemudik motor mulai memenuhi bengkel guna menyervis atau mengganti suku cadang kendaraan mereka sebelum digunakan untuk mudik Lebaran. - (Republika/Prayogi)


Chief Operating Officer Planet Ban, Deden Hendra Shakti, mengatakan, kendati ada imbauan untuk tidak menggunakan sepeda motor saat mudik, bagi pemudik tetap saja ada yang terpaksa harus mudik dengan sepeda motor. Kondisi sepeda motor tetap harus dalam kondisi prima, salah satunya bisa dengan mengikuti program pemeriksaan motor gratis.

“Kami mendorong semua pengendara sepeda motor untuk membawa kendaraan mereka ke untuk diperiksa secara menyeluruh sebelum memulai perjalanan mudik,” kata Deden dalam keterangan pers yang diterima, Republika, Selasa (18/4/2023).

Dengan mengambil tindakan pencegahan sederhana, para pemudik diharapkan dapat menikmati perjalanan yang lebih lancar dan aman. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan memprediksi bahwa jumlah pemudik tahun ini akan meningkat secara signifikan dibandingkan tahun lalu.

photo
Mekanik memperbaiki motor di salah satu bengkel di kawasan Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta, Ahad (16/4/2023). Calon pemudik motor mulai memenuhi bengkel guna menyervis atau mengganti suku cadang kendaraan mereka sebelum digunakan untuk mudik Lebaran. - (Republika/Prayogi)

Jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor diprediksi akan mencapai sebanyak 25,13 juta orang. Jumlah itu mewakili 20,3 persen dari total pemudik yang diestimasikan mencapai 123,8 juta orang.

Selain menyediakan pemeriksaan motor gratis di lebih dari 1.000 gerai Planet Ban di seluruh Indonesia, pengendara sepeda motor juga dapat menikmati berbagai promo menarik saat mudik Lebaran yang berlaku selama April 2023. Untuk informasi lebih lengkap mengenai outlet Planet Ban terdekat dengan jalur mudik, pembaca dapat mengunjungi laman resmi Planet Ban.

Ia juga mengimbau pemudik yang menggunakan bus agar tidak membawa uang tunai terlalu banyak. Dikhawatirkan ada kelompok pencuri yang beraksi memanfaatkan momen mudik.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Makna Gapura dan Hakikat Idul Fitri

Orang-orang yang masuk dan telah melintasi gapura disimbolkan telah masuk Islam.

SELENGKAPNYA

Lebarannya Para Raja

Sultan melaksanakan shalat Id sebanyak dua kali.

SELENGKAPNYA

Kembali pada Kefitrian Manusia

Deklarasi kemenangan ditandai kembalinya seorang Mukmin menjadi fitri pada Hari Raya Idul Fitri.

SELENGKAPNYA