LazisMu bersama dengan Havaianas menyalurkan kado Ramadhan untuk para penerima manfaat, Senin (10/4/2023). | DOK IST

Filantropi

Bersama Havaianas, Lazismu Tebar Kado Ramadhan

Kado Ramadhan disalurkan Lazismu Muhammadiyah kepada masyarakat di sejumlah titik.

Lazismu terus menggiatkan penyaluran donasi dalam Ramadhan tahun ini. Salah satu program andalan lembaga zakat tingkat nasional di lingkungan Muhammadiyah ini adalah Kado Ramadhan. Ini bertujuan untuk menguatkan umat Islam dan bangsa Indonesia pada umumnya, khususnya dalam konteks bangkit dari keterpurukan ekonomi pascapuncak pandemi Covid-19 lalu.

Menurut Wakil Sekretaris Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah Ibnu Tsani, pelaksanaan Kado Ramadhan terbuka bagi pelbagai pihak yang hendak ikut berkolaborasi. Mereka dapat berasal baik dari internal maupun eksternal Persyarikatan. Sebab, tujuannya memang maslahat bagi semua, khususnya dalam bidang penguatan ekonomi, akses pendidikan, serta layanan kesehatan.

Baru-baru ini, lanjut dia, Lazismu mendistribusikan paket Kado Ramadhan ke dua titik, yakni Kabupaten Bantul (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan DKI Jakarta. Kegiatan tersebut merupakan bentuk suatu kerja sama antara Lazismu dan Havaianas, sebuah brand sandal terkemuka.

Distribusi yang dilakukan di Kabupaten Bantul berlangsung pada hari Jumat (7/4/2023), tepatnya menyasar masyarakat sekitar Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan. Sejak beberapa tahun terakhir, tutur Ibnu Tsani, penduduk setempat termasuk mitra binaan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

“Adapun di Jakarta, distribusi Kado Ramadhan dilakukan di kompleks pemulung yang berada di bilangan Duren Sawit. Para pemulung ini merupakan mitra binaan dari Swara Peduli Indonesia,” kata Ibnu Tsani dalam keterangan yang diterima Republika, Senin (10/4/2023).

Di antara isi Kado Ramadhan itu adalah produk-produk dari Havaianas selaku mitra. Sebanyak 300 paket Kado Ramadhan hasil kolaborasi ini pun tersalurkan dengan baik. “Paket tersebut berupa sembako dan sandal produk dari Havaianas,” terangnya.

Semangat dari program Kado Ramadhan adalah menebar kebahagiaan di bulan suci. Ibnu Tsani mengatakan, pihaknya berharap berkah Ramadhan pun dirasakan para penerima manfaat, yakni kalangan pemulung dan pekerja di jalan yang kerap diistilahkan sebagai “manusia gerobak.” “Khususnya pada mereka yang di TPST Piyungan Bantul dan Duren Sawit Jakarta. Semoga dengan adanya paket Kado Ramadhan ini dapat membantu para penerima manfaat dalam menjalankan ibadah puasa dan aktivitas kesehariannya,” ucapnya.

photo
LazisMu bersama dengan Havaianas menyalurkan kado Ramadhan untuk para penerima manfaat, Senin (10/4/2023). - (DOK LAZISMU)

“Terima kasih juga kepada Havaianas yang telah memercayakan kepada Lazismu sebagai mitra penyaluran program kepeduliannya. Semoga kerja sama ini akan terus terjalin lebih erat dalam menebar kepedulian terhadap sesama,” sambung dia.

Mewakili MPM PP Muhammadiyah, Ahmad Ma'ruf menyambut baik adanya kegiatan ini. Ia mengatakan, Muhammadiyah terus berkomitmen untuk membebaskan warga dari garis kemiskinan. “Kerja sama dari Havaianas ini merupakan salah satu wujud kepedulian dari korporat dalam membantu mewujudkan tujuan kami tersebut dan kali ini berlokasi di mitra dampingan MPM di TPST Piyungan DIY. Insya Allah, bantuan ini sangat bermanfaat bagi penerimanya,” ujar Ahmad Ma'aruf.

Daniel selaku Senior Executive Marketing Havaianas, menyambut baik kerja sama dengan Lazismu. Momen Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk berbagi. Ia berharap, jalinan kemitraan ini dapat terus berlanjut agar manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

“Dengan tema #kembalidekat, Havaianas menggandeng Lazismu untuk membagikan paket Ramadhan yang berupa paket sembako dan sepasang sandal yang nyaman, produk andalan kami untuk digunakan beraktivitas sehari-hari. Semoga kerja sama ini dapat terus terjalin,” pungkas Daniel.

photo
Aktivis Lazismu membagikan sejumlah paket Kado Ramadhan kepada warga Turki yang terdampak gempa, Jumat (8/4). - (DOK LAZISMU)

Sampai ke Turki

Program Kado Ramadhan Lazismu tidak hanya menarget Muslimin di dalam, tetapi juga luar negeri. Baru-baru ini, lembaga milik Muhammadiyah itu pun turut membantu masyarakat pascabencana di Turki.

Pada bulan Ramadhan kali ini, Muhammadiyah melalui Kantor Layanan (KL) Lazismu Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Turki membagikan Kado Ramadhan di Hatay, salah satu wilayah terdampak gempa yang cukup parah. Kegiatan yang diinisiasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Turki ini berlangsung pada Jumat (8/4/2023) bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan setempat.

Sebelumnya, pihak KBRI Turki mengumpulkan lembaga-lembaga kemanusiaan nonpemerintah (non-governmental organization) dari Indonesia yang ingin memberikan bantuan kepada penyintas gempa setempat. Mereka diimbau agar dapat bergabung dan membuat sebuah rangkaian kegiatan berupa festival untuk menghibur mereka yang terdampak. Hal itu pun dilaksanakan sebagai bentuk solidaritas Indonesia terhadap masyarakat Turki.

Ahmad Dhiyaul Haq selaku Kepala KL Lazismu PCIM Turki menuturkan, ada 13 NGO yang tergabung di bawah KBRI Turki, termasuk Lazismu. Pembagian bantuan ini dilakukan secara bersama-sama agar dapat merata dan dirasakan oleh semua pihak. Pembagian dilakukan di daerah Narlıca, Antakya, dan Hatay. Lazismu mendapatan titik distribusi di Hatay.

"Karena ada 13 NGO yang tergabung dalam kegiatan KBRI jadi pembagiannya sudah sangat rapi. Seperti halnya tupoksi barang untuk dibagikan pun sudah jelas. Contohnya Lazismu memberikan bantuan paket sekolah bersama NGO lokal lainnya," terang Ahmad Dhiyaul Haq.

Staf Administrasi KL Lazismu PCIM Turki, Tri Julia Wulandari menjelaskan, Kado Ramadhan berupa paket sekolah yang diberikan berisi buku, alat-alat tulis (pensil, pena, penghapus, rautan, kotak pensil), tas sekolah, dan beberapa cemilan.

Total Kado Ramadhan yang disalurkan pada kegiatan tersebut sebanyak 65 paket dan distribusi rencananya akan tetap dilanjutkan secara mandiri oleh Lazismu hingga Ahad (10/4/2023). Bantuan akan disesuaikan dengan ketersediaan stok yang dapat diakses di daerah terdekat dan memaksimalkan sumber daya manusia di lapangan.

photo
Para anak-anak Turki yang menerima Kado Ramadhan dari Lazismu, Jumat (8/4). - (DOK LAZISMU)

"Harapannya kegiatan ini mampu membuat penyintas dapat memperbaiki lagi keadaan emosional mereka dan segera bisa bangkit serta meneruskan kehidupan. Semoga apa yang dilakukan oleh Lazismu dapat membawa keceriaan untuk penyintas gempa dan dapat membantu mereka untuk bangkit dalam melewati cobaan ini," pungkas Tri Julia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Menanti Lailatul Qadar, Heningnya Suasana untuk Muhasabah

Makna malam dalam istilah Lailatul Qadar yakni waktu yang hening.

SELENGKAPNYA

Bantuan Beras Mulai Digelontorkan

Bantuan pangan akan diberikan kepada 21,3 juta keluarga berpendapatan rendah.

SELENGKAPNYA

Penipuan QRIS Palsu di Masjid Blok M

Seorang pria menempelkan stiker dengan kode QRIS di beberapa sudut masjid.

SELENGKAPNYA