Warga merayakan keanggotaan NATO Finlandia di Lapangan Senat di Helsinki, Finlandia, pada 4 April 2023. | Markku Ulander/Lehtikuva via AP

Internasional

Ancaman Rusia saat Finlandia Bergabung ke NATO

Finlandia bakal menambah daya serang NATO.

MOSKOW -- Masuknya Finlandia secara resmi ke dalam keanggotaan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) merupakan pukulan berat bagi Rusia yang berbatasan langsung dengan wilayah itu. Tindakan balasan disiapkan Rusia menanggapi aksi tersebut.

Rusia mengatakan, bergabungnya Finlandia ke NATO adalah kesalahan bersejarah yang berbahaya. Tindakan itu dinilai akan melemahkan keamanan di wilayah yang lebih luas, meningkatkan risiko konflik, dan memaksa Moskow untuk mengambil tindakan balasan.

Istana Kremlin mengatakan, Rusia akan dipaksa untuk mengambil tindakan balasan sebagai tanggapan atas masuknya Finlandia ke NATO. Tindakan itu akan disesuaikan tergantung pada jenis penyebaran militer dan infrastruktur yang diluncurkan di Finlandia.

"Ekspansi lebih lanjut dari NATO adalah gangguan terhadap keamanan kami dan kepentingan nasional Rusia", kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

photo
Personel militer bersiap mengibarkan bendera Finlandia saat upacara pengibaran bendera di sela-sela pertemuan menteri luar negeri NATO di markas NATO di Brussels, Selasa (4/3/2023). - (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengatakan kepada pimpinan militer Rusia pada Selasa (4/4), bahwa aksesi Finlandia menciptakan risiko perluasan konflik yang signifikan. Namun dia menegaskan, itu tidak akan mempengaruhi hasil operasi militer khusus di Ukraina. 

Salah satu alasan utama Rusia berperang di Ukraina adalah untuk menghentikan tetangganya diubah menjadi pos terdepan NATO yang akan mengancam keamanannya sendiri.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, Finlandia melakukan kesalahan bersejarah yang berbahaya dengan bergabung dengan NATO. Langkah itu dinilai akan melemahkan pengaruh Helsinki sendiri di panggung dunia dan merusak hubungannya dengan Moskow.

"Kebijakan nonblok militer Helsinki telah lama melayani kepentingan nasional Finlandia dan merupakan faktor penting dalam membangun kepercayaan di wilayah Laut Baltik dan benua Eropa secara keseluruhan," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.

Siaga Perang Rusia - Nato - (Republika)  ​

"Ini sekarang adalah masa lalu. Finlandia telah menjadi salah satu anggota kecil aliansi yang tidak memutuskan apa pun, kehilangan suara khususnya dalam urusan internasional. Kami yakin bahwa sejarah akan menilai langkah tergesa-gesa ini," ujar lembaga negara itu.

Finlandia secara resmi bergabung dengan NATO pada Selasa. Bendera negara itu dikibarkan di luar markas besar blok militer di Brussel dalam pergeseran kebijakan bersejarah dari ketidaksejajaran yang disebabkan oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Rusia dan Finlandia berbagi perbatasan sepanjang 1.340 km. Moskow telah menyatakan akan memperkuat divisi militer yang ditempatkan di barat dan barat lautnya. 

Selama bertahun-tahun, dokumen dan pernyataan resmi menggambarkan status kebijakan keamanan dan pertahanan Finlandia sebagai "negara yang tidak termasuk dalam aliansi militer mana pun". Namun status tersebut tidak benar-benar menempatkan negara itu di luar jangkauan kerja sama militer.

photo
Tentara Finlandia mengambil bagian dalam latihan mekanis Angkatan Darat Arrow 22 di garnisun Niinisalo di Kankaanp, Finlandia Barat, pada 4 Mei 2022. - (AP/Heikki Saukkomaa/Lehtikuva)

Menurut laporan BBC, netralitas Finlandia muncul sebagai syarat perdamaian yang diberlakukan oleh Uni Soviet dalam "perjanjian persahabatan" pada 1948. Perjanjian itu dipandang sebagai cara pragmatis untuk bertahan dan mempertahankan kemerdekaan negara.

Sejarawan Henrik Meinander menyatakan, netralitas militer Finlandia ini berkaitan dengan eksistensi mereka. Negara ini pun meninggalkan kenetralannya setelah Uni Soviet runtuh.

Finlandia dinilai mulai berpihak saat menjadi anggota Uni Eropa (UE). Menurut Finnish Institute of International Affairs (FIIA), negara itu memiliki tanggung jawab internasional, seperti klausul bantuan timbal balik dari Perjanjian Lisbon dan ini tidak sesuai dengan ide nonblok militer.

Kebijakan keamanan dan pertahanan Finlandia telah berubah secara substansial selama beberapa tahun terakhir. Finlandia menjadi mitra resmi aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada 1994 dan sejak itu menjadi kontributor utama aliansi tersebut. Mereka telah mengambil bagian dalam beberapa misi NATO sejak akhir Perang Dingin.

Saling siaga Rusia-Nato - (Republika)  ​

Bersama Swedia, Finlandia untuk pertama kalinya akan mendapat jaminan keamanan dari negara-negara nuklir berdasarkan Pasal 5 NATO. Dalam pasal ini memuat serangan terhadap satu negara anggota sebagai serangan terhadap semua.

Meinander mengatakan, Finlandia siap secara mental untuk menjadi anggota, mengikuti serangkaian langkah kecil menuju NATO sejak jatuhnya Uni Soviet. Pada 1992, Helsinki membeli 64 pesawat tempur Amerika Serikat.

Tiga tahun kemudian, bergabung dengan UE bersama Swedia dan setiap pemerintah Finlandia sejak saat itu telah meninjau opsi bergabung dengan NATO. Tentara yang melayani populasi 5,5 juta memiliki kekuatan masa perang 280 ribu tentara dan total 900 ribu pasukan cadangan.

Tapi, puncak dari keterlibatan tidak langsung ini pecah saat Rusia menyerang Ukraina pada 24 Februari 2022. Bagi banyak orang Finlandia, peristiwa di Ukraina membawa kembali ancaman yang menghantui.

photo
Bendera NATO dan Finlandia berkibar di atas gedung Kementerian Dalam Negeri di Helsinki, Finlandia, Selasa (4/4/2023). - (AP Photo/Sergei Grits)

Uni Soviet menginvasi Finlandia pada akhir 1939. Selama lebih dari tiga bulan tentara Finlandia melakukan perlawanan sengit, meskipun kalah jumlah. Mereka menghindari pendudukan, tetapi akhirnya kehilangan 10 persen wilayahnya.

Bayang-bayang ini membuat Finlandia bersama Swedia mendaftar secara resmi untuk bergabung dengan NATO pada 18 Mei 2022. Setelah proses ratifikasi oleh 30 anggota aliansi lainnya, Helsinki akhirnya secara resmi menjadi anggota NATO ke-31 pada Selasa (4/4).  Peresmian itu menempatkan Finlandia sebagai anggota ke-31 dan menggandakan keamanan aliansi keamanan terbesar dunia di perbatasan Rusia.

NATO mengatakan, tidak memiliki niat segera untuk meningkatkan kehadirannya di Finlandia. Beberapa anggota telah mengerahkan pasukan di sana untuk latihan perang selama setahun terakhir. Namun, Rusia segera memperingatkan, akan memperkuat pasukan di dekat Finlandia jika NATO mengirim pasukan atau peralatan tambahan ke negara anggota ke-31 itu.

Finlandia memiliki angkatan bersenjata yang besar dan terlatih dengan baik. Pasukan elit negara itu mampu beroperasi pada suhu di bawah nol di utara yang tinggi.

photo
Pasukan cadangan Brigade Karelia menembak dengan peluru tajam selama latihan pertahanan lokal Etel-Karjala 22 (Karelia Selatan 22) di Taipalsaari, Finlandia tenggara, pada 9 Maret 2022. - (AP/Lauri Heino/Lehtikuva)

Negara Nordik itu juga memiliki pasukan cadangan yang besar. Helsinki banyak berinvestasi dalam peralatan baru, termasuk lusinan jet tempur F-35 buatan Amerika Serikat (AS). Tidak seperti kebanyakan anggota aliansi NATO, Finlandia tidak memotong pengeluaran pertahanan dan investasi setelah Perang Dingin.

“Mereka telah melatih dan membangun pasukan besar selama bertahun-tahun dan mempertahankan tingkat kesiapan yang tinggi itu. Finlandia juga merupakan negara dengan tingkat ketahanan yang sangat tinggi, kesiapsiagaan seluruh masyarakat,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Kekuatan Finlandia ini akan resmi memperkuat NATO usai pengibaran bendera dalam upacara yang dijadwalkan pada pukul 13.30 waktu setempat. Seperti semua anggota NATO, Finlandia akan mendapat manfaat dari jaminan keamanan kolektif. Serangan terhadap satu negara anggota, dianggap sebagai serangan terhadap semua anggota aliansi.

Upacara itu pun jatuh pada hari ulang tahun NATO, yakni peringatan 74 tahun penandatanganan Perjanjian Washington pada 4 April 1949. “Ini akan menjadi hari yang baik untuk keamanan Finlandia, untuk keamanan Nordik, dan untuk NATO secara keseluruhan,” kata Stoltenberg menjelang pertemuan para menteri luar negeri aliansi di Brussel pada Senin (3/4).

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat