A man reads verses from the Koran following Friday congregational prayers at a mosque, during the holy month of Ramadan, in Peshawar, Pakistan, 31 March 2023. Muslims around the world celebrate the holy month of Ramadan, by praying during the night time a | EPA-EFE/BILAWAL ARBAB

Safari

Menyusuri Tradisi Ramadhan di Berbagai Belahan Dunia

Ramadhan kental dengan beragam tradisi yang berbeda dari satu budaya ke budaya lainnya.

Bulan Ramadhan memiliki tempat khusus di hati umat Islam di seluruh dunia. Bulan suci ini ditandai dengan puasa, doa, dan refleksi spiritual.

Ramadhan juga kental dengan beragam tradisi yang berbeda dari satu budaya ke budaya lainnya. Di jantung dunia Islam, negara-negara, seperti Arab Saudi, Mesir, dan Yordania merayakan Ramatheir dengan adat dan ritual yang dihormati waktu.

Dilansir dari Halal Times, Senin (3/4/2023), Ramadhan ditandai dengan shalat berjamaah di masjid, buka puasa yang diwarnai pertemuan keluarga yang disayangi. Memberi hadiah dan berbagi makanan khusus merupakan bagian utuh dari perayaan, dengan makanan manis tradisional, seperti kunafa dan baklava menghiasi meja makan bersama dengan hidangan gurih.

Lentera, sering kali dirancang dengan rumit, menerangi rumah dan jalan, melambangkan harapan serta pencerahan spiritual. Berikutnya, di negara-negara Asia Selatan.

photo
A man prepares Iftar food for breakfasting at a mosque during the holy month of Ramadan in Denpasar, Bali, Indonesia, 12 April 2022. Muslims around the world celebrate the holy month of Ramadan by praying during the night time and abstaining from eating, drinking, and sexual acts during the period between sunrise and sunset. Ramadan is the ninth month in the Islamic calendar and it is believed that the revelation of the first verse in the Koran was during its last 10 nights. - (EPA-EFE/MADE NAGI)

Di India, Pakistan, dan Bangladesh, buka puasa bersama sering menampilkan kuliner lokal yang nikmat, seperti haleem, pakora, dan chaat buah. Semangat memberi dicontohkan melalui zakat, atau sumbangan chakra fae, yang disalurkan kepada yang kurang mampu.

Kemudian, salah satu tradisi Asia Selatan yang unik adalah praktik “Roza Kushai”, yang merayakan puasa pertama seorang anak dengan pertemuan keluarga dan pertukaran hadiah. Sementara, di negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina, Ramadhan ditandai dengan rasa kebersamaan dan koneksi yang kuat. “Buka Puasa” sering dilakukan di masjid atau pusat komunitas, mengumpulkan keluarga, teman, dan tetangga.

Di Indonesia, “Padusan” adalah ritual sebelum datangnya bulan Ramadan yang melibatkan penyucian diri dengan air dari permukaan bumi sebagai simbol pemurnian spiritual. Di Filipina, kebiasaan “Duyan” melibatkan menggantung kue beras di keranjang hias di luar rumah sebagai tanda berbagi dan niat baik.

photo
Pengunjung menyaksikan video mapping yang ditampilkan saat acara Khazanah Fest di Masjid At-Thohir, Depok, Jawa Barat, Minggu (2/4/2023). Masjid At-Thohir yang dibangun sejak tahun 2022 dengan gaya arsitektur klasik modern tersebut menampilkan pertunjukkan video mapping nuansa Ramadhan. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU - (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)

Di mayoritas negara-negara non-Muslim, seperti Amerika Serikat (AS), Inggris Raya (UK), dan Kanada, umat Islam menghadapi tantangan menjalankan Ramadhan di lingkungan sekuler. Banyak masjid menyelenggarakan buka puasa komunitas dan acara antaragama untuk menumbuhkan rasa memiliki dan mempromosikan pemahaman antarbudaya.

Platform internet dan media sosial juga memainkan peran penting dalam menghubungkan umat Islam dari berbagai latar belakang. Termasuk dalam menawarkan dukungan sumber daya, dan komunitas virtual untuk berbagi pengalaman dan belajar satu sama lain.

Kurma sang pemersatu 

photo
Permintaan Kurma Selama Ramadhan. Pembeli memiih buah kurma di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (26/6) - (Republika/ Wihdan)

Di antara segudang kebiasaan dan praktik yang mendefinisikan Ramadhan, buah kurma muncul sebagai kehadiran yang konstan dan menyatukan. Kaya akan nutrisi dan gula alami, kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun.

Signifikansi kurma dalam tradisi Islam dapat ditelusuri kembali ke Nabi Muhammad SAW, yang dikatakan telah berbuka puasa dengan kurma dan air. Saat ini, umat Islam di seluruh dunia melanjutkan praktik ini. Hal tersebut melambangkan warisan spiritual bersama dan hubungan dengan asal-usul keyakinan mereka.

Selain kepentingan historis dan simbolisnya, kurma menawarkan nutrisi penting yang berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan selama bulan puasa. Selain itu, tindakan berbuka puasa dengan kurma melampaui batas budaya dan geografis, menumbuhkan rasa persatuan dan kebersamaan di antara umat Islam.

Saat keluarga dan komunitas berkumpul di sekitar meja buka puasa yang dihiasi dengan piring-piring kurma, mereka diingatkan akan nilai-nilai universal yang menopang bulan suci, yaitu kasih sayang, rasa syukur, dan komitmen bersama terhadap iman mereka.

 
Signifikansi kurma dalam tradisi Islam dapat ditelusuri kembali ke Nabi Muhammad SAW. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat