Sukseskan Ekspor Kopi Milik Koperasi GLB Subang | bjb

Ekonomi

bjb Kredit SSRG

Sukseskan Ekspor Kopi Milik Koperasi GLB Subang

bjb SSRG - (bjb)

  ​

Koperasi Gunung Luhur Berkah (GLB) yang berlokasi di Desa Cisalak, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat  berdiri 16 Oktober 2016. Koperasi ini fokus bergerak di bidang usaha perkebunan kopi, mulai dari pembenihan, budidaya, pascapanen sampai dengan trading.

Koperasi GLB menjadi satu-satunya koperasi di Jawa Barat yang memiliki izin pengelolaan gudang dalam resi gudang untuk komoditas kopi. Koperasi ini beranggotakan 234 orang  dan didukung dengan 24  karyawan tetap dan 140 karyawan outsourcing. Mayoritas pekerjanya merupakan SDM yang kompetitif.

photo
Pelepasan Ekspor Kopi Robusta produksi Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah ke Mesir sebanyak 19,2 ton. - (bjb)

"Karyawan koperasi ini kebanyakan dari kaum milenial," ujar Ketua Koperasi GLB Berkah Miftahudin Shaf. Koperasi GLB  merupakan koperasi berskala nasional. Slogannya, "Milenial Bertani dan Berkebun", dan kegiatan usaha utamanya berupa perkebunan dan pertanian berupa budi daya kopi Arabika dan Robusta.

Koperasi ini mengelola lahan perkebunan seluas 300 Hektare yang ditanami kopi. Dari luas lahan itu,  setahun mampu menghasilkan 300 ton. Kopi-kopi tersebut memiliki cita rasa unik karena dipengaruhi oleh cara pengolahannya hingga luar negeri.

Budidaya kopi koperasi ini bekerjasama dengan Perum Perhutani, PTPN VIII, Kopi Hofland Subang dan para kelompok tani kopi, serta pelaku usaha kopi. Hasil panen kopinya, 80 persennya diekspor ke Taiwan, Korea Selatan, Arab, Mesir dan Amerika Serikat. Sementara 20 persennya dipasarkan di dalam negeri.

Koperasi GLB mampu mendulang omset  Rp 11 miliar per tahun. Perjalanan Koperasi GLB tidak terlepas dari peran bank bjb. ‘’Ini contoh konkret. Jika para petani kopi yang awalnya hanya menanam secara perorangan dalam skala non ekonomis atau lahan sempit, kemudian setelah dikonsolidasi oleh koperasi mampu menghasilkan produk yang diekspor,’’ tambsh Miftahudin.

Bisnisnya itu lahir dari topangan kredit bank bjb. Koperasi GLB memilih bank bjb karena produk pinjaman bank bjb memiliki bunga yang sangat kompetitif. Di bank bjb terdapat produk pinjaman Skema Subsidi Resi Gudang (SSRG).

Fasilitas S-SRG adalah fasilitas pinjaman yang mendapatkan subsidi bunga dari pemerintah dengan jaminan resi gudang yang diberikan oleh bank bjb kepada petani, kelompok tani, gabungan kelompok tani dan koperasi.

photo
Kopi Spesial, Hofland - (bjb)

Resi Gudang adalah dokumen bukti kepemilikan atas barang yang disimpan di gudang yang diterbitkan oleh pengelola gudang. Keunggulan S-SRG adalah suku bunganya ringan, bebas biaya provisi dan administrasi.

Proses pengajuannya tidak berbelit belit. Terlebih, kala itu Koperasi GLB termasuk dalam sasaran dan persyaratan dari bank bjb, yaitu berbentuk koperasi. Di tahun 2023, Koperasi GLB mendapatkan kepercayaan kembali dari bank bjb sebesar Rp 50 miliar.

 "Saya ucapkan terima kasih kepada bank bjb yang selalu support hingga kami berkembang  dan terus maju,’’ katanya. Yang membahagiakan lagi, kemitraan Koperasi GLB dan bank bjb mampu menggerakan perekonomian petani dan masyarakat.

Koperasi - (bjb)

  ​  ​

 

Advertorial: ril

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat