bjb Sukseskan Warung Milik Pensiunan ASN | Republika

Ekonomi

bjb Kredit Purna Bhakti, Sukseskan Warung Pensiunan ASN

bjb KPB merupakan produk kredit konsumtif namun digunakan kegiatan produktif.
Kredit Purna Bhakti - (bjb)

  ​

Hadin Sukarya (62 tahun) memasuki masa pensiun pada 2021 sebagai aparat sipil negara (ASN). Jabatan terakhirnya, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Hadin  merupakan salah satu ASN yang produktif dan kerap menginspirasi kawan-kawannya.

Selepas tanggung jawabnya sebagai abdi negara, Hadin mengelola kegiatan wirausaha berupa Warung Sembako dan camilin. Hadin sengaja menjual barang-barang yang menjadi kebutuhan rutin masyarakat.

 

 

”Kegitan bisnis ini sekadar mengisi kekosongan waktu, sambil mendulang omset,’’

 

Hadin
 

”Kegitan bisnis ini sekadar mengisi kekosongan waktu, sambil mendulang omset,’’ kata Hadin.  Dengan kegiatan wirausaha itu, dirinya mempu berpenghasilan sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari hari.

Warungnya terletak di Jalan Cibiru Indah, Kelurahan Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung . Warung Hadin menjual kebutuhan pokok dan camilan atau masakan tradisional. Di antaranya seblak, nasi kuning, basreng, nugget dan sosis goring, serta aneka minuman.

photo
Hadin Sukarya dan usahanya yang sukses dibantu bjb. - (Republika)

 

Meski baru beroperasi di awal 2021, namun konsumennya cukup banyak. Hadin sengaja menerapkan harga yang kompetitif, sehingga sangat terjangkau oleh masyarakat. Kebanyakan pengunjungnya dari masyarakat setempat.

“Saya senang sekali belanja di toko Pak Hadin karena disediakan juga wifi gratis,’’ kata Mang Aan, salah satu pembeli.

Kegiatan wirausaha itu yang mengisi hari-hari bapak dua anak itu. Alhamdulilah, bisnisnya mampu mendulang omset jutaan rupiah per bulan. Perjalanan bisnis Hadin Sukarya tidak terlepas dari peran bank bjb.

Bisnisnya lahir dari topangan kredit bank bjb. ASN angkatan 1984 sempat melirik sekian bank. Namun, Hadin lebih memilih bank bjb. Katanya, produk pinjaman bank bjb memiliki bunga yang sangat kompetitif.

Selain itu, proses pengajuannya juga relatif mudah. Kala itu, Hadin mengajukan pinjaman ke bank bjb kantor cabang pembantu (KCP) Ujung Berung, Kota Bandung. Kebutuhan pinjaman modal Hadin selaras dengan produk yang dimiliki bank bjb.

Di bank bjb terdapat produk pinjaman yang mengakomodasi kebutuhan pinjaman pegawai berpenghasilan tetap. Nama produk kredit konsumer bank bjb itu, yakni bjb KPB  (Kredit Purna Bhakti).

photo
Hadin Sukarya (62 tahun) memasuki masa pensiun pada 2021 sebagai aparat sipil negara (ASN). - (bjb)

bjb KPB merupakan skema kredit yang disiapkan bagi pegawai yang berpenghasilan tetap. Dalam mendapatkan bjb KPB, Hadin cukup mengagunkan surat keputusan pensiunnya. Prosesnya tidak berbelit-belit. Hanya dalam hitungan hari, Hadin langsung menerima uang pinjaman dari bank bjb.

Uang pinjaman itu masuk ke rekening bank bjb milik Hadin. Sejak menjadi ASN pada 1984, Hadin sudah menjadi nasabah bank bjb. "Saya tidak pernah pinjam ke bank lain, selain bank bjb. Terima kasih bank bjb, akhirnya bisnis saya bisa tumbuh dan berkembang," tandasnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat