Warga membatik di Kampung Batik Giriloyo, Bantul , Yogyakarta, Sabtu (11/2/2023). Kampung Batik Giriloyo menjadi salah satu rujukan wisata edukasi membatik. Di sini wisatawan bisa mencoba membatik dan belajar memroses kain hingga nanti menjadi kain batik. | Republika/Wihdan Hidayat

Peristiwa

Wisata Membatik di Kampung Batik Giriloyo

Wisata membatik ini menjadi alternatif perekonomian desa.

BANTUL -- Destinasi wisata di pedesaan memerlukan kejelian pengelolanya. Wisata berbasis alam, dan budaya memerlukan sumber daya alam dan manusia. Sementara tidak semua pedesaan memilikinya

photo
Warga membatik di Kampung Batik Giriloyo, Bantul , Yogyakarta, Sabtu (11/2/2023). Kampung Batik Giriloyo menjadi salah satu rujukan wisata edukasi membatik.  - (Republika/Wihdan Hidayat)

Kampung Batik Giriloyo, Bantul , Yogyakarta, jeli memilih peluarng destinasi wisata alternatif dengan memanfaatkan kearifan lokal membatik.  Kegiatan membatik sejatinya adalah kegiatan ekonomi bagi warga desa.

photo
Warga membatik di Kampung Batik Giriloyo, Bantul , Yogyakarta, Sabtu (11/2/2023). Di sini wisatawan bisa mencoba membatik dan belajar memroses kain hingga nanti menjadi kain batik. - (Republika/Wihdan Hidayat)

 

Namun bisa juga menjadi destinasi wisata yang menghasilkan pemasukan ekonomi tambahan lain, dengan format wisata edukasi membatik. Selain menjadi atraksi bagi wisatawan, kegiatan ini bisa jadi wahana edukasi.

 

photo
Warga membatik di Kampung Batik Giriloyo, Bantul , Yogyakarta, Sabtu (11/2/2023). Setiap akhir pekan ratusan wisatawan mengunjungi Giriloyo untuk belajar membatik. - (Republika/Wihdan Hidayat)

 

Di sini wisatawan bisa mencoba membatik dan belajar memroses kain hingga nanti menjadi kain batik. Setiap akhir pekan ratusan wisatawan mengunjungi Giriloyo untuk belajar membatik. Tarif belajar membatik di Giriloyo mulai dari Rp 25 ribu per orang.

photo
Tempat edukasi belajar membatik di Kampung Batik Giriloyo, Bantul , Yogyakarta, Sabtu (11/2/2023). Tarif belajar membatik di Giriloyo mulai dari Rp 25 ribu per orang. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat