Orang-orang melakukan shalat jenazah sebelum pemakaman kerabat mereka di di area kuburan massal di Hatay, Turki, Jumat (10/2/ 2023). | EPA-EFE/ERDEM SAHIN

Peristiwa

Korban Gempa di Hatay Dimakamkan Secara Massal

Angka kematian telah mencapai angka 21.000 lebih, dan terus bertambah.

HATAY -- Jumlah korban jiwa akibat gempa di Turki dan Suriah terus bertambah. Angka terakhir yang diperoleh telah melewati angka 21.000 jiwa di wilayah Turki dan Suriah.

photo
Sejumlah peziarah memanjatkan doa saat  pemakaman di area kuburan massal di Hatay, Turki, Jumat (10/2/ 2023). - ( EPA-EFE/ERDEM SAHIN)

Angka ini dipastikan akan terus bertambah karena proses pencarian terus berlangsung. Reruntuhan gedung pemukiman bertingkat masih berpotensi menimbun korban-korban yang belum ditemukan.

photo
Warga menguburkan  jenazah korban gempa bumi di area kuburan massal di Hatay, Turki, Jumat (10/2/ 2023). - ( EPA-EFE/ERDEM SAHIN)

Dengan jumlah kematian yang masif, tempat pemakaman untuk menguburkan jenazah dengan cepat berkurang. Kuburan massal menjadi salah salah satu jalan keluar. Seperti yang dilakukan di daerah Hatay, Turki, Jumat (10/2/2023).

photo
Nisan bertuliskan nomor korban gempa terlihat di area kuburan massal di Hatay, Turki, Jumat (10/2/ 2023).  - ( EPA-EFE/ERDEM SAHIN)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat