Warga berusaha mencari korban di antara reruntuhan gedung di Kota Azmarin, Provinsi Idlib, Syria, Senin (6/2/2023). | AP Photo/Ghaith Alsayed

Peristiwa

Evakuasi Korban Jiwa Gempa Turki - Suriah

Keadaan diperparah dengan kondisi cuaca yang sangan dingin.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, jumlah korban meninggal akibat gempa di negaranya telah meningkat menjadi 912 jiwa.

photo
Emergency Tima SAR mencari korban di antara reruntuhan gedung yang roboh akibat gempa di Diyarbakir, kawasan tenggara Turki, Senin (6/2/2023). - (EPA-EFE/DENIZ TEKIN)

 

Sementara itu Suriah yang turut terdampak guncangan mencatatkan lebih dari 326 kematian. Jika ditotal, sejauh ini gempa Turki telah menewaskan sedikitnya 1.238 orang.

photo
Anggota keamanan sipil Suriah mencari korban di antara reruntuhan gedung yang roboh akibat gempa di Afrin, Suriah, Senin (6/2/2023). Gempa. yang melanda bagian tenggara Turki and Suriah menghumbalangkan gedung-gedung hingga roboh. (Zana Halil/DIA images via AP)

 
Erdogan mengisyaratkan korban meninggal masih akan terus bertambah. “Kami tidak tahu berapa jumlah korban karena upaya pengangkatan puing-puing terus berlanjut di sejumlah bangunan di zona gempa,” katanya, Senin (6/2/2023), dikutip laman the Guardian.

photo
Tim SAR setempat mengevakuasi jenazah dari sebuah gedung yang roboh di Diyarbakir, Turki tenggara, Senin (6/2/2023). (EPA-EFE/DENIZ TEKIN)

 

Menurut Erdogan, terdapat 2.818 bangunan yang runtuh akibat gempa. Dia mengungkapkan, 9.000 orang terlibat dalam misi penyelamatan. “Setiap orang berusaha keras, meskipun musim dingin, cuaca dingin, dan gempa bumi yang terjadi pada malam hari membuat segalanya menjadi lebih sulit,” ucap Erdogan.

photo
Tim SAR setempat berusaha mencari korban selamat dari sebuah gedung yang roboh di Adana, Turki, Senin (6/2/2023). Ribuan gedung hancur akibat gempa yang melanda Turki dan Suriah ini. - (IHA agency via AP)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat