Kendaraan terparkir di sebuah gedung yang rubuh di kota Diyarbakir, Turki, Senin (6/2/2023). Gempa besar ini menimbullkan kerusakan parah di tenggara Turki dan Suriah. Sejumlah kerusakan dilaporkan dari sejumlah provinsi di Turki. Tim SAR pun dikerahkan | AP/Depo Photos

Peristiwa

Gempa Besar Guncang Turki dan Suriah

Gempa menyebabkan sejumlah gedung bertingkar rubuh.

ANKARA -- Gempa besar berkekuatan 7,8 magnitudo mengguncang tenggara Turki Senin (6/2/2023) pagi WIB, dan dirasakan di beberapa provinsi dan tempat lain di Timur Tengah. Laporan sementara, Gempa itu merobohkan sejumlah bangunan.

photo
Pasukan tentara Turki warga lain berusaha mengevakuasi korban dari gedung yang rubuh di  Diyarbakir, Turki, Senin (6/2/2023). Menurut US Geological Service (USGS), gempa dengan magnitude of 7.8 menghantam kawasan tenggara Turkey dekat perbatasan Suriah. (EPA/DENIZ TEKIN)

 

Survei Geologi AS mengatakan gempa berpusat sekitar 33 kilometer (20 mil) dari Gaziantep, kota besar dan ibu kota provinsi. Jaraknya sekitar 26 kilometer (16 mil) dari kota Nurdagi. Gempa itu berpusat pada kedalaman 18 kilometer (11 mil), menurut Survei Geologi AS. Gempa susulan juga telah terjadi dengan kekuatan 6,7 Magnetudo, dengan kuat bergemuruh sekitar 10 menit kemudian.

photo
Sebuah gedung roboh di Kota Pazarcik, Provinsi Kahramanmaras, Turki, Senin (6/2/2023). Menurut US Geological Service (USGS), gempa dengan magnitude of 7.8 menghantam kawasan tenggara Turkey dekat perbatasan Suriah. - (Depo Photos via AP)

 

Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki, AFAD, mengatakan gempa tersebut berkekuatan 7,4 dan berpusat di kota Pazarcik, di provinsi Kahramanmaras. Beberapa bangunan runtuh di provinsi tetangga Malatya, Diyarbakir dan Malatya, lapor televisi HaberTurk. Sementara itu belum ada laporan terkait korban.

photo
Seorang warga mencari korban di sebuah gedung yang rubuh di kota 
Diyarbakir, Turki, Senin (6/2/2023). Gempa besar ini menimbullkan kerusakan parah di tenggara Turki dan Suriah. Sejumlah kerusakan dilaporkan dari sejumlah provinsi di Turki. Tim SAR pun dikerahkan dari penjuru negeri ke lokasi gempa. - (Depo Photos via AP)

 

Gempa juga dirasakan di Lebanon dan Suriah. Media pemerintah Suriah melaporkan bahwa beberapa bangunan runtuh di kota utara Aleppo dan pusat kota Hama.

 

photo
Sejumlah warga mencari korban gempa di reruntuhan gedung di Kota Azmarin, Provinsi Idlib, Suriah, Senin (6/2/2023). Gempa besar ini menimbullkan kerusakan parah di tenggara Turki dan Suriah. Sejumlah kerusakan dilaporkan dari sejumlah provinsi di Turki. Tim SAR pun dikerahkan dari penjuru negeri ke lokasi gempa (AP Photo/Ghaith Alsayed)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat