People look at lanterns for the Lantern Festival, marking the end of the Chinese lunar New Year celebrations in Taipei, Taiwan, Sunday, Feb. 5, 2023. | AP Photo/Chiang Ying-ying

Peristiwa

Festival Lentera di Belahan Cina Daratan dan Taiwan

Perayaan serupa di Tanah Air dikenal dengan perayaan Cap Go Meh.

Suasana meriah menyambut perayaan Festival Lampion di sebuah alun-alun di Kota Huangshan, Provinsi Anhui, China timur. Perayaan ini menjadi puncak rangkaian perayaan tahun baru Imlek.

photo
Seniman Tari Naga beraksi di Distrik Hanbin District Kota Ankang,  Provinsi Shaanxi, China, Ahad  (5/2/2023). Festival Lampion menjadi rangkaian puncak perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di berbagai belahan dunia - (EPA-EFE/XINHUA / Zhao Huabin)

 

Rangkaian festival ini mencapai puncaknya pada malam ke-15. Dalam khazanah budaya Tionghoa di Tanah Air dikenal dengan perayaan 'Cap Go Meh'. Dalam bahasa China Hokkian, berarti 'Malam Ke-15'.

photo
Warga menikmati suasana malam di atas permukaan danau yang membeku dan jembatan berhias lampu di Beijing, China, Ahad (5/2/2023). Festival Lampion menjadi rangkaian puncak perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di berbagai belahan dunia - (EPA-EFE/WU HAO)

 

Serupa dengan itu di China dikenal perayaan Festival Lampion yang juga jatuh pada hari ke-15 dalam bulan pertama kalender lunar China, tahun ini jatuh pada 5 Februari.

photo
Seorang wanita berpakaian tradisional di dalam mall di Beijing, Ahad, 5/2/2023. Festival Lampion menjadi rangkaian puncak perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di berbagai belahan dunia - - (AP Photo/Andy Wong)

 

Berbagai aktivitas budaya rakyat diadakan untuk menyambut festival itu. Mulai dari barongsai, karnaval, hingga berbagai varian Tari Naga. Sejarah perayaan ini jauh hingga ratusan tahun lampau pada era Dinasti Han dua milenial lampau. 

photo
Warga Taipei, Taiwan, beaktivitas di sekitar lampion raksasa Ahad (5/2/2023). Festival Lampion menjadi rangkaian puncak perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di berbagai belahan dunia - (AP Photo/Chiang Ying-ying)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat