Suasana Candi Badut di Kelurahan Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Candi ini merupakan salah satu peninggalan Raja Gajayana dari Kerajaan Kanjuruhan. | Republika/ Wilda Fizriyani 

Kisah Dalam Negeri

Jejak Kerajaan Kanjuruhan di Candi Badut

Candi Badut ditemukan secara tidak sengaja oleh kontrolir Belanda, Maureen Brecher.

Oleh Wilda Fizriyani

Jika membahas Kerajaan Kanjuruhan di Malang, kita tidak boleh melupakan keberadaan Candi Badut. Candi yang terletak di Kelurahan Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang, ini termasuk peninggalan dari kerajaan yang berjaya pada abad kedelapan Masehi tersebut.

Candi Badut termasuk tempat pendharmaan dari Resi Agastya atau nama lain dari dewa guru. Resi murid Shiva dari India yang bertugas menyebarkan agama Hindu ke selatan, termasuk Indonesia. Candi tersebut dibangun oleh Raja Gajayana yang memerintah Kerajaan Kanjuruhan.

Berdasarkan strukturnya, candi ini terdiri atas tiga tingkatan. Pertama, yakni kaki candi, melambangkan manusia yang masih dikuasai oleh nafsu rendah. Beberapa di antaranya seperti keserakahan dan kebohongan dari segala sesuatu yang berhubungan dengan hawa nafsu.

photo
Suasana Candi Badut di Kelurahan Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Kanjuruhan. - (Republika/ Wilda Fizriyani )

Selanjutnya, tingkatan badan candi yang merupakan lambang dari usaha manusia untuk mengalahkan nafsu keduniawian. Lalu, tingkatan ketiga berupa atap candi yang melambangkan kehidupan manusia yang sudah mencapai titik kesempurnaan.

Berdasarkan keterangan tertulis di sekitar candi, di sisi-sisi bagian badan candi seharusnya terdapat sejumlah arca penting. Arca-arca yang dimaksud antara lain Durga Mahisasuramardhini Ganesha, Agastya, Mahakala, dan Nandiswara.

Namun, dari sejumlah arca tersebut, hanya Durga Mahisasuramardhini yang masih berdiri tegak di sisi badan candi. Meski begitu, struktur arca tersebut sudah tidak lengkap karena bagian atasnya terlihat rusak. Dari laporan yang diterima Republika, temuan arca-arca penting di candi tersebut memang sudah tidak lengkap sejak pertama kali ditemukan.

photo
Kondisi salah satu arca di sisi Candi Badut, Kota Malang. - (Republika/ Wilda Fizriyani)

Di lingkungan candi juga dapat ditemukan beberapa benda penting dan bersejarah lainnya. Benda-benda yang dimaksud, antara lain satu lingga, dua yoni, dua altar, dan satu fragmen arca Nandi.

Untuk diketahui, catatan sejarah menyebutkan, Candi Badut ditemukan secara tidak sengaja oleh kontrolir Belanda, Maureen Brecher, saat mengadakan inventarisasi di wilayah Malang pada 1921. Saat ditemukan, kondisi candi sudah dalam keadaan rusak. Lalu, dua tahun kemudian, arkeolog Belanda, B De Haan, membuat laporan dan merekonstruksi candi tersebut.

Adapun alasan penggunaan nama "badut" pada candi ini berhubungan dengan nama kecil dari Raja Gajayana. Hal itu merujuk pada pendapat dari Profesor Poerbatjaraka. Pendapat itu merupakan satu dari sebagian pandangan dari versi-versi lainnya yang berkembang di masyarakat.

Menurut Poerbatjaraka, Raja Gajayana memiliki nama kecil berupa "Liswa". Jika diterjemahkan dalam bahasa Jawa, kata itu bermakna 'pelawak' atau 'badut'. Oleh karena itu, candi ini juga sering disebut sebagai Candi Liswa karena merujuk pada nama kecil Raja Gajayana.

photo
Kondisi salah satu batu Candi Badut yang dicoret oleh orang tidak bertanggung jawab. - (Republika/ Wilda Fizriyani )

Di sisi lain, ada juga pendapat berbeda yang berkembang di masyarakat mengenai nama Candi Badut. Kata "badut" disebut berasal dari nama pohon yang tumbuh di atas reruntuhan candi. Nah, kira-kira teman-teman Republika lebih meyakini versi yang mana?

Untuk dapat mengunjungi candi ini, wisatawan cukup menggunakan kendaraan motor atau mobil. Wisatawan yang datang tidak akan dikenakan biaya atau tiket masuk. Mereka hanya diminta untuk menulis nama di daftar kunjungan yang tersedia di pintu masuk.

Saat mengunjungi Candi Badut, wisatawan juga tidak boleh lupa untuk menjaga adab dan etika. Terutama, pengunjung tidak boleh merusak atau mencoret-coret batu-batu candi. Sayangnya, Republika menemukan ada sejumlah bagian candi yang telah dicoret oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat