Sejumlah monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis) duduk di pinggir jalan sambil memperhatikan pengguna jalan di kawasan Curug Pelangi atau Curug Cimahi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Senin (23/1/2023). Gerombolan monyet biasa turun dari hut | Edi Yusuf/Republika

Peristiwa

Monyet Mengemis Makanan di Jalan Raya

Perubahan perilaku ini dipicu oleh intervensi manusia di habitatnya.

BANDUNG BARAT -- Sejumlah monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis) meminta-minta makanan kepada pengunjung di pinggir jalan di kawasan Curug Pelangi atau Curug Cimahi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Senin (23/1/2023).

photo
Seekor monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis) berjalan di kabel menuju pinggir jalan di kawasan Curug Pelangi atau Curug Cimahi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Senin (23/1/2023).  (Edi Yusuf/Republika)

Gerombolan monyet biasa turun dari hutan ke jalan, salah satunya pada saat lalu lintas sedang padat merayap atau macet seperti musim libur saat ini.

photo
Sejumlah monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis) duduk di pinggir jalan sambil memperhatikan pengguna jalan di kawasan Curug Pelangi atau Curug Cimahi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Senin (23/1/2023).  (Edi Yusuf/Republika)

Monyet-monyet itu berkumpul di pinggir jalan berharap diberi makanan oleh pengguna jalan.

photo
Seekor monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis) menikmati makanan dari pengguna jalan di kawasan Curug Pelangi atau Curug Cimahi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Senin (23/1/2023). (Edi Yusuf/Republika)

 

Perubahan perilaku dipicu kedatangan wisatawan yang kerap datang menuju kawasan wisata di Kabupaten Bandung Barat ini.

photo
Seekor monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis) berjalan di kabel menuju pinggir jalan di kawasan Curug Pelangi atau Curug Cimahi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Senin (23/1/2023). (Edi Yusuf/Republika)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat