Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin booster Covid-19 kepada warga di sentra vaksinasi di kawasan Kota Tua, Jakarta, beberapa waktu lalu. | Republika/Thoudy Badai

Nasional

Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat Dimulai

Vaksinasi Covid-19 booster kedua bisa diakses di seluruh fasyankes.

BANDUNG – Pemerintah memutuskan, masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis keempat mulai hari ini, Selasa (24/1). Booster kedua ini bisa diakses di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) atau di pos pelayanan vaksinasi Covid-19 secara gratis.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Nina Susana mengatakan, seluruh fasyankes di Jabar siap melayani masyarakat yang akan ingin mendapatkan booster kedua. Hal itu sebagai upaya percepatan vaksinasi sekaligus meningkatkan proteksi masyarakat Indonesia, khususnya Jabar, dari Covid-19.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster kedua dimulai 24 Januari 2023. Vaksin yang digunakan adalah vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memperhatikan vaksin yang ada,” ujar Nina, Senin (23/1).

Menurut Nina, jenis vaksin booster kedua atau dosis keempat akan menyesuaikan dengan jenis vaksin yang diterima masyarakat pada booster pertama atau dosis ketiga. Misalnya, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Astrazeneca pada booster pertama dapat menerima vaksin Astrazeneca, Pfizer, atau Moderna.

photo
Petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin Covid-19 di Puskesmas Gambir, Jakarta, beberapa waktu lalu. - (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.)

Sedangkan, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Sinovac pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin Astrazeneca, Pfizer, Moderna, Sinopharm, Sinovac, Zifivax, Indovac, atau Navac. Masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Pfizer pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin Astrazeneca, Pfizer, atau Moderna.

Kemudian, kata dia, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Janssen (J&J) pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin J&J, Pfizer, atau Moderna. Masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Sinopharm pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin Sinopharm atau Zifivax.

Sementara itu, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Moderna pada booster pertama, kata Nina, dapat menerima vaksin Moderna atau Pfizer. Terakhir, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Covovax pada vaksinasi booster pertama hanya dapat menerima vaksin Covovax.

“Vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua atau dosis keempat tersebut diberikan dengan interval enam bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama,” kata Nina.

Warga menunggu giliran untuk menjalani vaksinasi Covid-19 di Taman Dewi Sartika, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Nina menjelaskan, total sasaran vaksinasi Covid-19 di Jabar mencapai 42.610.134 jiwa. Berdasarkan KPCPEN per Ahad (22/1), cakupan vaksinasi dosis pertama di Jabar mencapai 86,32 persen, dosis kedua sebesar 76,44 persen, dosis ketiga mencapai 47,57 persen, dan dosis keempat sebesar 4,53 persen.

“Pemprov Jabar berkomitmen untuk menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 sebagai upaya meningkatkan proteksi masyarakat  Jabar dari Covid-19,” kata Nina. 

Di Kabupaten Garut, layanan vaksinasi Covid-19 booster kedua sudah dapat dilakukan mulai hari ini, Selasa (24/1). Sekretaris Dinkes Kabupaten Garut Leli Yuliani mengatakan, masyarakat yang hendak mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 keempat dapat datang langsung ke puskesmas atau layanan sentra vaksinasi.

“Datang saja ke puskesmas atau ke sentra vaksinasi di Pendopo (Garut) setiap hari Sabtu dan Ahad,” kata dia.

photo
Calon penumpang kereta api jarak jauh antre mengikuti vaksinasi merah putih di Stasiun Yogyakarta, beberapa waktu lalu. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Ia menjelaskan, hanya masyarakat berusia 18 tahun ke atas yang dapat divaksin booster kedua. Menurut Leli, Dinkes Garut masih akan berfokus meningkatkan cakupan vaksinasi booster pertama alih-alih melaksanakan booster kedua. Apalagi, vaksinasi booster kedua belum menjadi prasyarat untuk masyarakat beraktivitas.

Kendati begitu, masyarakat yang ingin mendapatkan layanan booster kedua dapat langsung asalkan sudah divaksin booster pertama minimal enam bulan sebelumnya. Masyarakat juga diharapkan memiliki kesadaran untuk melaksanakan vaksinasi booster kedua agar imunitas terhadap Covid-19 makin kuat.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, Pemprov Jatim siap menjalankan vaksinasi booster kedua bagi masyarakat umum. “Di Jatim, kami selalu siap untuk memberikan layanan kesehatan, terutama untuk penanganan Covid-19,” kata Khofifah.

Khofifah mengatakan, fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) seperti rumah sakit hingga puskesmas di Jatim dalam posisi siap memberikan pelayanan vaksin booster kedua bagi masyarakat. Selain itu, kata dia, gerai-gerai nonpermanen yang dulu sempat digunakan juga dapat dibuka kembali.

photo
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 ke seorang anak di Lobby Langit 23 Paskal, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

“Kalau untuk tempat layanan kesehatan, seperti RS atau puskesmas, sampai sekarang masih memberikan vaksinasi. Nantinya untuk mempercepat proses vaksinasi booster kedua ini, gerai-gerai vaksin bisa dibuka kembali,” ujarnya.

Khofifah pun mengimbau pemerintah kabupaten/kota untuk segera menindaklanjuti ketentuan vaksin booster kedua itu. Khofifah juga berharap fasilitas untuk mempercepat proses tersebut dapat disiapkan hingga tingkat kelurahan.

“Saya minta kepada bupati/wali kota untuk segera menyiapkan apa yang dibutuhkan untuk masyarakat agar bisa segera divaksin. Silakan dikoordinasikan dengan pihak terkait sampai ke lapisan terkecil,” kata dia.

 
Sampai sekarang vaksinnya masih gratis. Yuk, cepat-cepat booster saja.
BUDI GUNADI SADIKIN, Menteri Kesehatan.
 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, vaksin dosis keempat masih akan diberikan secara gratis. Menurut dia, belum ada pembahasan lebih lanjut ihwal vaksin Covid-19 akan berbayar pada 2023. “Itu belum dibahas yang vaksin berbayar. Jadi, sampai sekarang vaksinnya masih gratis. Yuk, cepat-cepat booster saja,” kata Budi.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat