Pereli MD Rally Sport's Christian Lavieille dan co-driver Valentin Sarreaud melintasi di tengah gurun Arab Saudi pada etape 9 Reli Dakar 2023 | REUTERS/Hamad I Mohammed

Peristiwa

Indahnya Keganasan Rute Reli Dakkar 2023

Reli ikonik ini pertamakali digelar melintasi Eropa hingga Afrika.

RIYADH -- Reli Dakar kembali digelar di gurun pasir negara Kerajaan Arab Saudi. Reli dimulai pada penghujung tahun 2023 di tepat pada tagal 31 Desember hingga 15 Januari 2023.  Reli Dakar 2023 merupakan Reli Dakar edisi ke-45 yang diselenggarakan oleh Organisasi Olahraga Amaury.

 

photo
Rider BAS Dakar KTM Racing Team, Tosha Schareina memacu sepeda motornya di tengah gurun Arab Saudi pada etape 10 Reli Dakar (REUTERS/Hamad I Mohammed)

 

Total jarak yang akan ditempuh sejauh 8.549 km, dengan 4,706 km di antaranya merupakan special stage yang dihitung catatan waktunya. Ini akan menjadi keempat kalinya Arab Saudi menjadi tuan rumah acara tersebut. Reli tahun ini diikuti Sedikitnya 455 kendaraan dan 865 peserta, termasuk juara bertahan Nasser al-Attiyah (mobil) dan Sam Sunderland (sepeda motor).

 

photo
Pereli Team Audi Sports Carlos Sainz dan Co-Driver Lucas Cruz di tengah gurun Arab Saudi pada etape 8 Reli Dakar (REUTERS/Hamad I Mohammed)
 

Reli ikonik ini pertamakali digelar melintasi dua benua. Dikenal dengan nama Paris Dakar pada 1979. Reli menempuh rute Paris ke ibu kota Senegal, Dakar. Reli termasuk reli maut yang kerap memakan korban baik dari peserta hingga warga setempat.

 

photo
Pereli Red Bull KTM Factory Teams Kevin Benavides di tengah gurun Arab Saudi pada etape 9 Reli Dakar 2023 (REUTERS/Hamad I Mohammed)
   

Belakangan lokasi rute reli dipindahkan tidak lagi melalui rute asli Paris-Dakar dengan alasan keamanan.  Akibat konflik bersenjata di beberapa wilayah negara, peserta yang melintasi wilayah itu kerap disergap kelompok bersenjata. Dengan tetap mengusung nama Reli Dakar lokasi reli sempat berpindah-pindah mulai dari Amerika Selatan hingga terakhir di Kerajaan Arab Saudi. 

 

photo
Pereli Bahrain Raid Xtremes Sebastien Loeb and co-driver Fabian Lurquin di tengah gurun Arab Saudi pada etape 5 Reli Dakar 2023 (REUTERS/Hamad I Mohammed)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat