Pedagang menata telur ayam di kiosnya di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Jumat (19/8/2022). Pedagang di pasar tersebut menyatakan, harga telur ayam mengalami kenaikan dari Rp27 ribu menjadi Rp32 ribu. Republika/Abdan Syakura | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Kuliner

Rahasia Membuat Telur Mata Sapi Renyah

Biasakan menekan-nekan bagian putih tebal yang paling dekat dengan kuning telur. 

Telur menjadi salah satu menu favorit, baik untuk sarapan maupun makan siang atau malam. Salah satu menu telur yang banyak disukai adalah telur mata sapi. 

Bagaimana cara membuat telur mata sapi dengan kuning telur setengah matang dan pinggiran yang renyah? Chef Hailee membagikan tip membuat menu tersebut.

Chef Hailee mengunggah resepnya di akun Tiktok @cafehailee, di mana dia memiliki 1,7 juta pengikut dan Instagram-nya, @cafehailee. Dia pun menunjukkan cara terbaik dan termudah untuk membuat telur goreng renyah dengan pinggiran putih telur yang berwarna coklat dan kuning telur yang encer.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hailee Catalano (@cafehailee)

"Untuk menunjukkan betapa serbagunanya metode ini, saya akan membuatnya dalam panci antilengket dan baja tahan karat," ujar Hailee yang telah terlatih di sekolah kuliner dan memasak di restoran selama bertahun-tahun.

"Jadi, saya taruh wajan saya di atas api sedang dengan minyak zaitun yang banyak di bagian bawah dan saya biarkan memanas," katanya.

Hailee kemudian memecahkan telur ke dalam cangkir terlebih dahulu sebelum dimasak. "Dan begitu minyakmu bagus dan panas dan berkilauan, kamu bisa memasukkan telurmu. Ini akan menggelembung sedikit. Jadi, berhati-hatilah," ujarnya dalam video tersebut.

Ia kemudian memerinci cara memasak putih telur tanpa membalik telur. "Sebuah trik kecil yang saya suka lakukan adalah menekan-nekan bagian putih tebal yang paling dekat dengan kuning telur," ujar Hailee.

Menurutnya, hal ini membantu memastikan bahwa putih matang dan tidak ada putih telur yang tidak dimasak. Biarkan telur matang dengan api sedang sampai bagus dan renyah dan telur terlepas dari wajan

Ia juga memberikan tip dengan menuangkan minyak panas ke atas putih telur agar matang sempurna. Ini juga untuk memastikan bagian putih telurnya terlepas. Saat telur terlepas dari wajan, Anda tahu telur sudah siap.

"Dan seperti yang Anda lihat, itu berhasil baik di antilengket maupun baja tahan karat."

Bagaimana Hailee membumbui telurnya? Menurut dia, ia pribadi suka membumbui telur saya setelah matang. “Jadi, saya hanya menambahkan sedikit garam dan merica dan Anda akan mendapatkan telur renyah yang digoreng dengan kuning telur yang encer,” ujarnya. 

Pengikut Hailee pun memuji resepnya. Mereka berkata, "Itu adalah telur yang dimasak paling sempurna yang pernah saya lihat."

"Sepertinya telur terbaik yang pernah ada. Aku suka bagian luarnya yang renyah!" ujar seorang. Seorang penggemar sempat bertanya, "Maaf jika Anda sudah mengatakannya di video lain, tetapi dari mana Anda mendapatkan panci antilengket?"

Hailee menjawab bahwa dia mendapatkan panci dari bisnis kecil yang dikelola wanita yang berbasis di New York, Great Jones.

 

 
Masukkan telur setelah minyak panas berkilauan.
CHEF HAILEE, Influencer Instagram
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Berburu Ilmu Komunikasi di YouTube

Keterampilan komunikasi yang baik akan membantu kita berkembang di dunia kerja.

SELENGKAPNYA

ChatGPT, AI yang Penuh Kontroversi

ChatGPT masih memiliki bias dan keterbatasan lainnya.

SELENGKAPNYA

Mengenal Mahfudzat, Kata-Kata Mutiara di Pesantren

Kalangan pesantren telah mengakrabi atau mengenal mahfudzat.

SELENGKAPNYA