
Kuliner
Hantarkan Selera Rasa Nusantara
Kuliner nusantara yang ikonik dapat dipadukan dengan rasa internasional sebagai wujud modern Indonesia food.
OLEH UMI NUR FADHILAH, SANTI SOPIA
Masakan nusantara sudah banyak dikenal di mancanegara dan kuliner ini tak kalah menariknya untuk diulik dan terus digaungkan di seantero Indonesia. Banyak kalangan kuliner yang bergerak dalam mengglobalkan dan melestarikan menu-menu tradisional, termasuk para selebrity chef Indonesia.
Sebut saja Chef Juna Rorimpandey dan Renatta Moeloek yang terus berupaya menghadirkan kuliner nusantara di berbagai ajang, termasuk restoran. Mereka menghadirkan Antarasa di Jakarta, setelah sukses di Pontianak. Antarasa terinspirasi dari filosofi from screen to plate, di mana menu-menu yang disajikan berasal dari serial dokumenter Youtube Kisarasa.
Kanal Kisarasa menceritakan perjalanan kedua chef itu dalam mengulik sisi lain dari kekayaan kuliner nusantara. Bertajuk Inspirasa, short ribs konro (Chef Juna), tongseng kambing (chef Renatta), dan bebek betutu ibu Ray khas Bali yang awalnya hanya dapat disaksikan di layar kaca atau gawai kini dapat dinikmati langsung di Antarasa Jakarta.
“Jadi, why not kita di Kisarasa mengangkat kuliner Indonesia yang kebanyakan ikonik?” kata Juna di Antarasa, Puri Indah Mall, Jakarta Barat, Kamis (8/12). Resto di bawah naungan Dailybox Group ini menyajikan makanan dengan sentuhan modern berbahan rempah lokal.
Ada juga hidangan paduan rasa internasional sebagai wujud modern Indonesia food, seperti udang bakar Jimbaran, cumi bakar sambal Mbe, mie kare atjeh udang, hingga andaliman mie gomak. Antarasa juga bakal hadir di Sumatra.
Antarasa juga menggandeng Bebek Betutu Bu Ray sebagai upaya mengangkat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Keterlibatan Bu Ray di Antarasa sekaligus mempertegas komitmen Dailybox Group dan kedua chef Tanah Air ini dalam membina UMKM kuliner Indonesia.
“Setelah tayang di Kisarasa, orderan bebek betutu pun seketika membeludak. Padahal, saya hanyalah pelaku industri rumahan biasa,” kata Ray.
Sementara, koki selebritas Rinrin Marinka atau akrab disapa chef Marinka memperkenalkan sajikan makanan favorit keluarganya di Asia Restaurant, The Ritz-Carlton Jakarta, dua bulan lalu.
Sajiannya antara lain hasank salad, mama's steamed cuppa beef, mie ikan pedas segar, omah sate, dan perkedel talas saus mangga. “Resep-resep ini adalah makanan rumahan yang sangat berkesan untuk saya,” kata dia.
Hasank salad merupakan kudapan dari Sumatra, seperti rujak dengan bahan udang mentah yang dimasak menggunakan perasan jeruk nipis dan dituang minyak panas. Menu ini pas sebagai sajian pembuka yang segar, renyah, dan wangi. Lalu Mama's steamed cuppa beef yang merupakan hidangan hangat dari daging giling diberi kuning telur asin dan daun bawang. Rasanya gurih, lembut, dan nikmat.
Menu ikannya adalah mi ikan pedas segar yang berkuah kental yang pas saat cuaca hujan maupun panas. “Ibu saya hanya membuat hidangan ini ketika saya benar-benar menginginkannya,” ujar Marinka.
Sedangkan untuk satai, omah sate jadi pilihan saat keluarga berkumpul. Suguhan ini dilengkapi dengan perkedel talas saus mangga sebagai camilan yang renyah dan gurih dengan cocolan saus mangga pedas.
View this post on Instagram
Untuk sajian lainnya, Marinka juga menghadirkan kreasi kudapan dari sejumlah daerah di Asia. Dia menghadirkan ikan panggang bumbu Indonesia, hamburger daging udang mayo pedas dan saus wijen, bakso asam laksa, dan piza nasi kongbap, juga ceviche khas Jepang dan Indonesia.
“Ini resep-resep dari sejumlah negara di Asia,” kata dia.
Menu Si Kecil di Gerai Kopi
Berkunjung ke gerai kopi tidak hanya menjadi favorit anak muda, tetapi juga dewasa. Golongan dewasa yang sudah menjadi orang tua pun kerap mengajak anak mereka menikmati suasana gerap kopi. Namun, boleh jadi belum tentu ada menu yang cocok bagi si kecil di gerai kopi tersebut.
Untuk itulah, menu khusus bagi anak-anak dirasa penting demi kenyamanan keluarga. Pemikiran itu diwujudkan oleh gerai retail kopi lokal Fore Coffee dalam suguhan spesialnya di jajaran menu minuman khusus untuk anak-anak. Namanya adalah Fore Junior, menu minuman khusus anak usia 5 tahun sampai 13 tahun. Variannya menghadirkan rasa favorit dan menyegarkan.
Menurut Co-founder & CEO Fore Coffee Vico Lomar, menu Fore Junior hadir saat yang tepat ketika anak-anak tengah menikmati liburan panjang sekolah dalam rangka menyambut tahun baru. Momen ini penuh dengan hal-hal yang memicu kebahagiaan bersama.
“Fore Coffee ingin turut ambil andil menghadirkan happiness bagi seluruh anggota keluarga. Fore Junior sebagai wujud inovatif minuman khusus untuk anak-anak sehingga Fore Coffee dapat jadi pilihan minuman bagi siapa saja,” kata Vico, dua pekan lalu.
Sajian ini merupakan hasil konsultasi Fore Coffee dengan ahli nutrisi, kata Vico, sehingga menunya aman untuk dikonsumsi anak-anak, yaitu tidak mengandung kafein. Takaran kadar gulanya pun sesuai dengan yang disarankan untuk anak-anak. “Sehingga moms and pops tidak perlu khawatir untuk memberikan Fore Junior untuk si kecil."
Ada lima rangkaian Fore Junior, termasuk Vanilla O’Crumbs yang terdiri atas vanila, butterscotch, dan susu, dilengkapi dengan saus karamel dan pugasan Oreo. Lalu Berry Milky Crunch berupa blueberry, susu, dan karamel, serta pugasan Oreo. Rasa buah lainnya adalah Banggo Fruity Jelly adalah satu-satunya minuman tanpa susu, dengan bahan mangga, pisang, dan minuman probiotik, sehingga rasanya segar.
Minuman lainnya adalah Choco Caramel Cloud sebagai menu favorit dengan paduan cream salted caramel dan cokelat hitam. Kemudian ada Vanilla Rainbow Bits aneka warna dari vanila, saus karamel, dan lain-lain.
Menu-menu untuk anak ini disuguhkan Fore Coffee untuk memperkuat posisi sebagai jenama gaya hidup lewat gerai kekinian. Cara ini juga merupakan langkah gerai tersebut agar menjadi tempat kumpul favorit keluarga. Mmenurut Vico, inilah kombinasi sempurna antara produk yang tepat dan layanan konsumen berkualitas sebagai cerminan nilai Fore Coffee.
VP Marketing Fore Coffee Matthew Ardian mengatakan, menikmati kopi lebih dari sekadar mengonsumsi minuman. Nilai menikmati suguhan minuman juga menciptakan memori baru sekeluarga. Sekarang para orang tua sudah tidak perlu khawatir mengajak anak-anak ke gerai kopi.
“Menu minuman baru ini dan menu khas andalan Fore Coffee dapat terus menemani di manapun masyarakat berada,” kata dia.
Indonesia Optimistis Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022
Seharusnya Indonesia pun bisa menang melawan Thailand kemarin, tapi sayangnya itu tidak terwujud.
SELENGKAPNYAPeluang Man City Terus Menekan Arsenal
Guardiola menilai, Haaland belum sepenuhnya berada dalam performa terbaik.
SELENGKAPNYA