Polisi mengikuti apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Apel yang diikuti oleh 2.195 personel gabungan TNI, Polri dan instansi terkait tersebut dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023. Republika/Putr | Republika/Putra M. Akbar

Kabar Utama

Polri Ajak Ormas Amankan Nataru

Volume kendaraan di Tol Trans-Jawa terus meningkat ke arah Timur.

JAKARTA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menggelar apel Operasi Lilin pengamanan Natal dan libur tahun baru (Nataru), kemarin. Dalam apel, Kapolri menyebutkan, Polri akan menggandeng ormas-ormas Islam untuk membantu pengamanan selama libur Natal dan tahun baru. Apel bersama juga dilakukan di polda berbagai daerah.

“Kita juga melibatkan seluruh rekan-rekan ormas terkait di seluruh wilayah. Muhammadiyah, Banser (NU), dan seluruh ormas,” kata Listyo seusai pelaksanaan apel yang digelar di Lapangan Monas dan disiarkan juga secara daring, Kamis (22/12).

Kapolri kemudian menekankan, dalam melakukan pengamanan di tempat ibadah Natal atau gereja, aparat melakukan bersama dengan Banser NU dan Kokam Muhammadiyah. "Serta seluruh ormas atau OKP yang ada di wilayah masing-masing dan ini menunjukkan solidaritas dan sinergitas yang ada di Indonesia," kata dia.

photo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kedua kanan) dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (kanan) tiba untuk memimpin apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (22/12/2022).  - (Republika/Putra M. Akbar)

Listyo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 166 ribu personel gabungan dalam persiapan pengamanan Natal dan tahun baru. Seluruh personelnya ini akan tersebar dan berjaga di pos-pos pengaman, termasuk tempat ibadah untuk pengamanan Hari Natal.

Personel gabungan terbagi dalam pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu. "Kita harapkan seluruh pos yang tergelar betul-betul memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” kata Listyo. Polri juga akan menyediakan pos vaksinasi //booster// untuk masyarakat yang belum mendapatkan suntikan vaksin tambahan.

Listyo menyarankan masyarakat untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan pada libur Nataru. Ia juga mempersilakan masyarakat untuk memanfaatkan tempat-tempat istirahat yang sudah disiapkan di perjalanan. 

Kapolri turut menyinggung soal potensi teror, terutama setelah peristiwa bom bunuh diri di Bandung. Kapolri meminta jajarannya untuk tetap waspada. Ia di dalam apel menyebut melibatkan Detasemen Khusus Antiteror 88 untuk menangkal kemungkinan teror lainnya.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyebut pihaknya mengerahkan 20 ribu prajurit dari tiga matra TNI demi mengamankan perayaan Natal dan tahun baru di seluruh Indonesia. "Tentunya di samping kita membekalkan personel pengamanan, juga kita siapkan alat tempur material alutsista, di antaranya tiga kapal rumah sakit kita standby-kan untuk antisipasi dalam pelaksanaan Nataru ini," kata Yudo.

Subjudul Mulai meningkat

PT Jasamarga Transjawa Tol mencatat sebanyak 102.836 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah timur melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama pada periode H-7 hingga H-5 Hari Natal 2022. “Volume kendaraan yang meninggalkan wilayah Jakarta ini naik 24,58 persen dari lalu lintas normal yang sebanyak 82.543 kendaraan," kata AVP Marketing, Communication and Sustainability Management PT Jasamarga Transjawa Tol, M Sonny Saputra, di Bekasi, Rabu (21/12).

photo
Penumpang kereta api jarak jauh menunggu keberangkatan di Stasiun Yogyakarta, Kamis (22/12/2022). Pada Angkutan Nataru 2022/2023 ini KAI Daop 6 menyediakan 271.500 tempat duduk selama periode tersebut. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Pihaknya juga mencatat adanya kenaikan volume lalu lintas kendaraan yang melintasi GT Kalikangkung dan Banyumanik di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan GT Warugunung, Kejapanan Utama, serta GT Singosari di Provinsi Jawa Timur dalam periode bersamaan.

PT Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) memastikan akan mengantisipasi kepadatan lalu lintas kendaraan saat masa libur Nataru. Khususnya kepadatan volume kendaraan yang menuju Bandung melalui sejumlah ruas tol Jasa Marga yang dikoordinasikan oleh JMT. 

Jasa Marga juga memprediksi volume lalu lintas keluar Jakarta di GT Cikupa, Ciawi, Cikatama, dan Kalita pada 18 Desember 2022 hingga 4 Januari 2022 mencapai 2,73 juta kendaraan. Angka tersebut meningkat 8,4 persen dari lalu lintas normal atau naik 2,6 persen dari periode Nataru 2021/2022.

photo
Penumpang saat akan menaiki bis di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (21/12/2022). Menurut Kepala Regu Dinas Perhubungan Terminal Kampung Rambutan, jumlah penumpang di terminal tersebut mengalami peningkatan sebesar 90 persen dari hari biasanya menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). - (Republika/Thoudy Badai)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengantisipasi lonjakan penumpang kereta api pada masa libur Nataru. Kali ini, sebanyak 5,11 juta orang diprediksi akan melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api. 

"Jumlah ini meningkat 127,6 persen dibandingkan tahun lalu atau meningkat hampir tiga kali lipat,” kata Budi, Kamis (22/12). Di tengah tren kenaikan penumpang, Budi juga meminta KAI mengantisipasi kemungkinan adanya ancaman tindak kriminalitas dan terorisme.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Bahan Bakar untuk Ekspansi Bisnis

Permintaan terhadap pembiayaan bank syariah diperkirakan akan tumbuh secara berkelanjutan pada tahun depan.

SELENGKAPNYA

Pemerintah Targetkan IEU CEPA Rampung pada 2023

Indonesia dan UE telah menyelesaikan putaran ke-12 dalam perundingan IEU-CEPA.

SELENGKAPNYA

Jasa Marga Lepas 40 Persen Saham Jalan Layang MBZ

Divestasi atas kepemilikan saham Jasa Marga di PT JJC merupakan lanjutan program asset recycling.

SELENGKAPNYA