All New Kijang Innova Zenix. | PT TAM

Otomotif

Innova Zenix Hybrid tak Seirit yang Dibayangkan?

Dengan EV mode, pengendara dapat merasakan pengalaman berkendara tanpa suara mesin.

OLEH FIRKAH FANSURI

Selama dua hari PT Toyota Astra Motor (TAM) mengajak jurnalis mengetes produk terbaru mereka, All New Kijang Innova Zenix. Rute yang ditempuh dalam perjalanan Senin (19/12) sampai Selasa (20/12) tersebut adalah Jakarta-Semarang-Yogyakarta.

PT TAM menyiapkan dua jenis kendaraan, yakni empat unit Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid CVT TSS Modellista dan empat unit Toyota Kijang Innova Zenix V CVT. Setiap grup terdiri atas empat jurnalis dari berbagai media. Perjalanan panjang melalui jalan tol dari pusat perbelanjaan Citos, Jakarta Selatan, menuju Semarang menjadi ajang bagi para jurnalis untuk menguji sejauh mana performa Innova Zenix yang baru diluncurkan 20 November 2022 tersebut.

Terutama, untuk menguji seberapa irit Innova Zenix yang kini dibenamkan teknologi Toyota Hybrid System (THS) generasi kelima dan disebut-sebut makin eco friendly dan powerful serta oleh TAM diklaim konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mencapai sekitar 20 km/liter.

Saya tak ingin mengeksplorasi kenyamanan Kijang Innova generasi ketujuh ini. Karena, selama enam tahun menggunakan Kijang Innova generasi kelima untuk kegiatan sehari-hari, kenyamanan suspensinya tak ada duanya. Kini, generasi terbaru Kijang Innova Zenix makin memanjakan pemiliknya karena dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat fun drive.

photo
All New Kijang Innova Zenix. - (PT TAM)
 

Apalagi, unit yang kami tes adalah model termewah, tipe Q HV. Tipe ini memiliki captain seat di kabin tengah dengan kursi ottoman electric recline yang nyaman karena dilengkapi leg rest dengan long slide untuk memperluas ruang kaki. Sementara, fitur new panoramic retractable roof membuat ruang kabin terasa makin lapang dan memberikan kemudahan menikmati indahnya pemandangan sepanjang jalan.

Generasi Kijang terbaru ini dibekali platform TNGA: GA-C dengan struktur monocoque yang menggantikan struktur ladder-on-frame, sehingga dapat membenamkan beberapa teknologi terbaru. Hybrid engine cross-MPV ini mengoptimalkan kontrol produksi tenaga motor bakar dan motor listrik. Sehingga menghasilkan superior fuel efficiency, baik ketika meladeni kondisi stop and go di jalan perkotaan maupun saat cruising di jalan tol Trans Jawa.

Keunggulan tersebut dapat dipenuhi lantaran hybrid EV ini telah dilengkapi dengan teknologi Toyota Hybrid System (THS) generasi kelima yang pertama di Indonesia. Teknologi atkinson cycle mesin ini juga secara otomatis akan mengatur sinergi paling optimal antara motor bakar dan listrik untuk memperoleh konsumsi bensin paling hemat tanpa melupakan performa terbaik ketika dibutuhkan. Sehingga, ride quality di berbagai kondisi jalan terasa begitu menghibur sekaligus tetap nyaman.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ToyotaID (@toyotaid)

Mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm. Tenaga gabungan pada sistem mencapai 186 PS yang disalurkan melalui transmisi e-CVT berkode K120 yang halus dan responsif demi meningkatkan efisiensi bahan bakar, akselerasi, dan operasional yang senyap.

All New Kijang Innova Zenix Hybrid pun memiliki EV mode untuk memberikan pengalaman berkendara tanpa suara mesin. Dengan mengaktifkan mode full electric, varian hibrida dapat melaju halus cukup mengandalkan motor listrik yang sudah di-upgrade bertenaga 113 PS dan torsi 21 Kgm, diteruskan melalui downsized transaxle yang ditingkatkan kinerjanya untuk menyediakan efisiensi terbaik dan lebih senyap ketika beroperasi.

Bermodalkan torsi motor listrik lebih besar dari motor bakar, lebih dari cukup untuk membuatnya dapat dikemudikan dengan nyaman dan hening di dalam kota tanpa perlu membakar bensin sehingga irit BBM dan zero emission.

Tapi, apakah berbagai teknologi baru yang dibenamkan di All New Kijang Innova Zenix Hybrid tersebut membuat mobil ini menjadi sangat irit? Nanti dulu. Salah satu grup wartawan ternyata hanya mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar sekitar 11 km/liter.  

Akan tetapi, hasil tes konsumsi BBM salah satu kelompok wartawan tersebut tidak lantas membantahkan mobil hibirda irit. Mobil yang kami kendarai dengan tipe yang sama hanya mengonsumsi 22,7 km/liter. Angka konsumsi BBM tersebut didapatkan dengan jarak tempuh 100 km. Mobil diisi oleh empat orang dewasa, dikemudikan dengan teknik eco driving, dan AC selalu menyala.

photo
All New Kijang Innova Zenix. - (PT TAM)

Ketika perjalanan kami lanjutkan sampai KM 379 dengan pengendara yang berbeda dan gaya menyetir yang juga tidak sama, konsumsi BBM-nya tercatat 18,8 km/liter.  Angka itu kami dapatkan setelah melahap dari tol JORR, tol Jakarta-Cikampek, tol Cikopo-Palimanan, sampai tol Jatingaleh-Krapyak. Gaya agresif dalam menyetir dalam kecepatan tinggi hingga mencapai di atas 160 km/jam membuat konsumsi BBM tak lagi efisien.

Itu pula yang menyebabkan mengapa unit Innova hybrid salah satu kelompok wartawan konsumsi BBM-nya hanya mencapai 11 km/liter setelah menempuh perjalanan dari pusat perbelanjaan Citos sampai KM 379. Mereka mengendarai Innova Zenix Hybrid dengan kecepatan rata-rata di atas 130 km/jam dan sangat agresif.

Dalam buku petunjuk yang dikeluarkan PT TAM untuk Innova Zenix Hybrid, mobil dalam kecepatan tinggi, motor listrik tidak akan berfungsi. Otomatis mobil digerakkan oleh motor bakar yang meminum bensin. Innova hybrid akan sangat irit dalam perjalanan dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi atau di tengah-tengah kemacetan dalam kota karena motor listriknya akan berfungsi menggantikan motor bakar.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Badan Pangan Incar Pendanaan Rp 30 Triliun untuk CPP

Presiden disebut harus memberikan peringatan secara tegas terhadap Bulog yang lalai untuk menjalankan tugasnya.

SELENGKAPNYA

Penerimaan Pajak Tembus Target

APBN harus menunjukkan kemampuan belanja yang lebih baik pada 2023 untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

SELENGKAPNYA

Wapres Dorong Pemberian Insentif Kawasan Industri Halal

RPH halal akan mendukung sertifikasi halal produk UMKM.

SELENGKAPNYA