Pemain timnas Argentina Lionel Messi (kiri) dan Julian Alvarez. | AP Photo/Martin Meissner

Piala Dunia

Alvarez Jadi Pelengkap Messi

Alvarez masuk tim utama ketika Argentina menang 2-0 atas Polandia dan memastikan mereka lolos ke babak 16 besar.

DOHA -- Kabar buruk bagi siapa pun yang menghadapi Argentina di laga final Piala Dunia 2022 Qatar, Ahad (18/12), adalah Lionel Messi kini memiliki tandem andalan lini depan, yakni Julian Alvarez. Argentina yang di semifinal Selasa menaklukkan Kroasia, 3-0, dengan dua gol dari Alvarez akan menghadapi pemenang semifinal lainnya antara juara bertahan Prancis dan Maroko.

Setelah mendapatkan penalti yang memungkinkan Messi membuka skor, Alvarez kemudian membongkar pertahanan Kroasia, berlari dengan bola dari dalam areanya sendiri untuk menjadikan kedudukan 2-0.

Pemain bernomor punggung 9 itu kemudian menutup kemenangan di babak kedua dengan penyelesaian klinis di dalam kotak penalti setelah mendapatkan umpan dari aksi jenius Messi di sayap kanan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FIFA World Cup (@fifaworldcup)

Penyerang Manchester City berusia 22 tahun itu sekarang memiliki empat gol di turnamen ini. Ia hanya berselisih satu di belakang Messi dan Kylian Mbappe dari Prancis yang menjadi pencetak gol terbanyak bersama.

"Kami pantas mendapatkannya. Kami memainkan pertandingan hebat hari ini. Kami berada di final, itulah yang kami inginkan dan sekarang kami perlu istirahat dan berharap untuk pertandingan hebat pada hari Ahad," kata Alvarez setelah pertandingan Selasa malam (Rabu pagi WIB—Red), seperti dikutip AFP.

"Saya senang secara pribadi dan secara tim. Kami senang dengan cara kami bermain. Kami layak ke final. Itulah yang kami inginkan," katanya lagi.

Alvarez harus berjuang untuk masuk ke starting line-up di Piala Dunia Qatar ini. Sebelumnya, pelatih Argentina Lionel Scaloni lebih memilih pemain Inter Milan Lautaro Martinez.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Julián Alvarez (@juliaanalvarez)

Pemain depan itu mulai dari bangku cadangan saat kekalahan mengejutkan 1-2 dari Arab Saudi di laga perdana babak grup dan kemenangan 2-0 atas Meksiko. Alvarez kemudian masuk tim utama ketika Argentina menang 2-0 atas Polandia dan memastikan mereka lolos ke babak 16 besar. Ia mencetak gol kedua kala itu dan sejak saat itu berada di starting line-up.

Dia mencetak gol kedua yang penting dalam kemenangan 2-1 atas Australia di babak 16 besar dan kemudian menyebabkan banyak masalah bagi pertahanan Belanda di perempat final.

Selain dua gol indahnya pada hari Selasa, Alvarez membongkar pertahanan Kroasia dengan pergerakannya yang konstan—datang dari dalam dengan bola dan melewati garis tanpa bola. Itu adalah penampilan yang membuat pelatih Argentina Scaloni tergetar.

“Julian bermain sangat baik, bukan hanya karena golnya, melainkan juga karena dia bekerja sangat keras untuk membantu melawan tiga gelandang mereka,” kata Scaloni. "Di usianya, wajar jika dia ingin menaklukkan dunia. Dia adalah anak laki-laki yang akan melakukan apa pun yang kamu katakan padanya."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Selección Argentina (@afaseleccion)

Diego Maradona memiliki empat gol dengan Jorge Valdano sebagai strikernya di tim 1986 dan sekarang Messi telah menemukan partner andalannya sendiri. Itu adalah peran yang jelas dinikmati oleh mantan penyerang River Plate itu. 

Kini, setelah mendapatkan tepuk tangan dari pendukungnya di Stadion Lusail, Alvarez mengarahkan pandangannya pada tantangan hari Ahad. "Semua orang menjadi luar biasa, seperti seluruh negeri. Ini adalah kegembiraan bagi semua orang. Kami sangat senang dengan apa yang kami capai dan kami akan terus maju," kata dia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Semifinal Hingga Final Gunakan Bola Super

Al Hilm secara harfiah berarti 'mimpi' dalam bahasa Arab. 

SELENGKAPNYA

Angkutan Barang Dibatasi

KAI menyiapkan penambahan perjalanan mencapai 51 kereta api per hari.

SELENGKAPNYA

Bintang Tiga di Pundak Lionel Messi

Messi sentris sedemikian melekat dalam ruh permainan Argentina di bawah pelatih Lionel Scaloni tahun ini.

SELENGKAPNYA