Antrean pendaftaran vaksinasi merah putih di Stasiun Yogyakarta, Rabu (31/8/2022). Vaksinasi Covid-19 booster ini untuk warga umum serta calon penumpang kereta api jarak jauh. | Republika/Wihdan Hidayat

Ekonomi

KAI Prediksi Pendapatan Naik Saat Libur Akhir Tahun

Promo hanya berlaku untuk pembelian melalui aplikasi KAI Access.

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memproyeksikan pendapatan perusahaan akan naik saat masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023. Hal tersebut sejalan dengan proyeksi peningkatan jumlah penumpang pada masa Nataru tahun ini. 

"Terkait pendapatan bisa saya gambarkan ya, kalau dari volume, bisa naik dua kali lipat dibandingkan (periode yang sama) 2021. Sehingga, pendapatan juga kira-kira meningkat 274 persen," kata Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa di Gedung Kementerian BUMN di Jakarta, Senin (12/12). 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kereta Api Kita (@keretaapikita)

Hadis menyebut, pada masa angkutan Nataru 2022/2023, KAI menyediakan kapasitas 5,5 juta tempat duduk untuk kereta api jarak jauh. Dari total tersebut, KAI menargetkan 4,4 juta tempat duduk dapat terjual. 

Sejak 7 November 2022, penjualan tiket dilakukan. Hadis menuturkan, hingga saat ini penjualan memang baru 50 persen. "Jadi, untuk hari-hari favorit masih tersedia. Untuk eksekutif, bisnis, dan ekonomi itu masih tersedia," ujar Hadis. 

Untuk mengantisipasi Nataru, Hadis memastikan KAI akan membuka posko terpadu. Selain itu, KAI juga akan menambah 50 perjalanan kereta api setiap hari untuk mengakomodasi bila terjadi peningkatan jumlah penumpang. 

Pada masa Nataru, Hadis memastikan KAI juga fokus menjamin keselamatan penumpang. Selain itu, KAI juga mempersiapkan keamanan agar terjamin dengan baik, termasuk pada aspek pelayanan. 

 
 
Semoga dengan hadirnya KAI Access 12.12 Online Promo, akan membuat KAI Access akan semakin diminati oleh masyarakat serta membantu masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api dengan tarif yang menarik.
 
 

Untuk memastikan hal tersebut tercapai, KAI melakukan inspeksi keselamatan (ramp check). Proses inspeksi ini berkaitan dengan standar pelayanan. "Kami melakukan inspeksi agar setiap track berjalan dengan baik melibatkan Kementerian Perhubungan dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) serta internal," kata Hadis menjelaskan.

KAI juga menghadirkan program KAI Access 12.12 Online Promo dengan menyediakan total 16.128 tiket kereta api dan potongan harga khusus yang dapat dipesan oleh masyarakat. KAI Access 12.12 Online Promo berlangsung pada Senin (12/12) untuk keberangkatan KA pada 13-21 Desember 2022. 

Promo tersebut hanya berlaku untuk pembelian melalui aplikasi KAI Access. "KAI Access 12.12 Online Promo ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan mengambil momen 12.12. KAI berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bepergian naik kereta api dengan tarif yang sangat terjangkau," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kementerian Perhubungan RI (@kemenhub151)

Joni menambahkan, terdapat 44 kereta api yang tersedia dalam program KAI Access 12.12 Online Promo. Berbagai kereta api dengan tujuan dari dan menuju Jakarta, Bandung (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), Yogyakarta, Surabaya (Jawa Timur), dan kota-kota lainnya bisa didapatkan dengan tarif yang terjangkau. 

"Semoga dengan hadirnya KAI Access 12.12 Online Promo, akan membuat KAI Access akan semakin diminati oleh masyarakat serta membantu masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api dengan tarif yang menarik," kata Joni.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Delegasi AS akan Kunjungi Cina

Kunjungan kerja ini untuk menindaklanjuti pembicaraan Biden dengan Jinping.

SELENGKAPNYA

Rahasia Umur 40

Seseorang tidak berubah lagi dari kebiasaan yang dilakukannya bila mencapai umur 40 tahun.

SELENGKAPNYA

Imigrasi Bantah KUHP Mengganggu Iklim Pariwisata

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan adanya KUHP yang baru.

SELENGKAPNYA