Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate | EPA-EFE/NEIL HALL

Piala Dunia

Perang Bintang di Al Bayt

Skuad Inggris dan Prancis diisi pemain-pemain yang nama dan wajahnya tidak asing.

AL KHOR -- Pertemuan Inggris dengan Prancis di perempat final Piala Dunia 2022 pada Ahad (11/12) dini hari WIB layak disebut sebut sebagai final kepagian. Bagaimana tidak? Kedua tim tersebut sama-sama berstatus kandidat juara berdasarkan performa di Piala Dunia empat tahun lalu serta kualitas skuad yang mereka miliki.

Skuad Inggris dan Prancis diisi oleh pemain-pemain yang nama dan wajahnya tidak asing lagi di kancah sepak bola Eropa. Duel di Stadion Al Bayt itu pun layak dilabeli perang bintang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by England football team (@england)

Di tim Brasil, Argentina, Belanda, atau Portugal yang juga menjadi unggulan, ada beberapa nama baru yang kurang dikenal atau masih asing karena tidak bermain di lima liga top Eropa. Sementara itu, di Inggris dan Prancis, hampir tidak mungkin penggemar sepak bola tidak mengenal deretan pemain dari kedua tim itu, minimal mereka yang hadir di starting XI.

Di lini depan, misalnya, Inggris diperkuat oleh nama-nama besar seperti Harry Kane, Bukayo Saka, dan Marcus Rashford. Sementara itu, Prancis diperkuat megabintang Kylian Mbappe, Olivier Giroud, dan Ousmane Dembele. Masih ada pula Antoine Griezmann yang sebelumnya berstatus sebagai penyerang les Bleus, tapi di Qatar sekarang beroperasi lebih ke tengah.

Sementara itu, di lini tengah, Inggris punya Declan Rice, Jordan Henderson, dan Jude Bellingham. Prancis tidak kalah kuat karena ada Adrien Rabiot dan Aurelien Tchouameni, bintang baru Madrid, yang menemani Griezmann. Pemain belakang kedua negara sudah pasti diisi oleh nama-nama familiar, seperti Jules Kounde, Raphael Varane, Harry Maguire, sampai John Stones. Semua pemain tersebut memperkuat klub-klub top Eropa.

 
 
Ini tantangan yang luar biasa. Ini pertandingan brilian yang kami jalani dan menguji diri kami melawan yang terbaik.
 
 

Karena itu, tidak salah jika pelatih Inggris Gareth Southgate mengatakan pertemuan kali ini merupakan ujian terberat bagi timnya. Selain karena status Prancis adalah juara bertahan Piala Dunia, Southgate menyebut tim Ayam Jantan diisi oleh pemain-pemain berkualitas.

"Ini tantangan yang luar biasa. Ini pertandingan brilian yang kami jalani dan menguji diri kami melawan yang terbaik," ujar Southgate, dikutip dari laman resmi FIFA, Jumat (9/12).

Kedua tim telah bertemu sebanyak 31 kali, tapi hanya dua kali terjadi di Piala Dunia. Pertama adalah di Stadion Wembley pada 1966 saat Inggris menjadi juara. Kala itu, Inggris menang 2-0. Pertemuan kedua adalah pertandingan fase grup pertama di Piala Dunia Spanyol 1982. Dari statistik pertemuan, the Three Lions memang lebih difavoritkan, dengan 17 kemenangan dari 31 pertemuan, sedangkan lima di antaranya berakhir imbang.

 
 
Mereka punya banyak pemain top dan generasi muda seperti kami, menurut saya.
 
 

Namun, Prancis lebih baik dalam hal pertemuan terbaru. Les Blues telah menang empat kali dari enam pertemuan terakhir, diawali keunggulan 2-1 pada fase grup Euro 2004 sampai kemenangan 3-2 dalam laga persahabatan pada 2017.

Giroud mengatakan, Inggris telah menjalani Piala Dunia 2022 dengan baik. Namun, ia memastikan the Three Lions akan melakoni laga yang sulit kala melawan timnya. Ia dan kiper Prancis Hugo Lloris bahkan punya tekad tersendiri untuk tidak kalah dari Inggris karena menganggap laga ini spesial.

"Mereka punya banyak pemain top dan generasi muda seperti kami, menurut saya. Mereka tidak hanya punya kuantitas, tapi kualitas di dalam skuad, mereka punya opsi berbeda. Ini akan jadi pertandingan bagus dan saya berharap segalanya berjalan dengan baik untuk kami," ujar Giroud.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Equipe de France de Football (@equipedefrance)

Pemain yang akan menjadi sorotan tentu saja Mbappe yang merupakan top skorer sementara dengan lima gol dari empat pertandingan. Mbappe sempat dikhawatirkan absen dalam pertandingan nanti karena tidak ikut berlatih bersama tim pada awal pekan ini.

Namun, Prancis memastikan, pemain Paris Saint-Germain itu telah siap diturunkan dalam pertandingan di Stadion Al Bayt setelah menjalani pemulihan engkelnya.

Sementara itu, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mengonfirmasi kabar bahwa Raheem Sterling akan kembali bergabung dengan skuad. Penyerang Chelsea itu terpaksa pulang ke Inggris karena rumahnya dirampok, dan absen saat pertandingan melawan Senegal. "Sekarang dia diharapkan bergabung kembali dengan skuad di Al Wakrah pada Jumat," jelas FA.

 

Prediksi susunan pemain :

Inggris (4-3-3):

  • Pickford; Walker, Stones, Maguire, Shaw; Henderson, Rice, Bellingham; Foden, Kane, Saka.
  • Pelatih: Gareth Southgate

Prancis (4-2-3-1):

  • Lloris; Kounde, Varane, Upamecano, Hernandez; Rabiot, Tchouameni; Dembele, Griezmann, Mbappe; Giroud.
  • Pelatih: Didier Deschamps

 

Fakta Angka

  • 1 -- Prancis bertekad menjadi tim pertama yang mempertahankan gelar Piala Dunia sejak Brasil pada 1962.
  • 2 -- Inggris berusaha mencapai semifinal Piala Dunia kedua secara beruntun untuk pertama kalinya dalam sejarah.
  • 16 -- Mbappe telah mencetak 16 gol dalam 14 penampilan terakhirnya.
  • 31 -- Kedua tim sudah 31 kali bertanding, dengan Inggris 17 kali menang dan 5 kali imbang.

 

Top Skorer Piala Dunia 2022

5 gol

  • Kylian Mbappe (Prancis)

3 gol

  • Goncalo Ramos (Portugal)
  • Alvaro Morata (Spanyol) *
  • Lionel Messi (Argentina)
  • Marcus Rashford (Inggris)
  • Bukayo Saka (Inggris)
  • Olivier Giroud (Prancis)
  • Richarlison (Brasil)
  • Enner Valencia (Ekuador) *
  • Cody Gakpo (Belanda)

* sudah tersingkir

Picu Kontroversi, Ronaldo Dibela

Belum diketahui alasan Ronaldo tidak bergabung dengan pemain cadangan.

SELENGKAPNYA

Luis Enrique Bakal Tinggalkan Tim Matador

Spanyol tidak tampil menjanjikan saat Piala Dunia 2022 Qatar berlangsung.

SELENGKAPNYA

Kroasia tak Gentar

Kroasia siap menghadapi permainan menyerang tim Samba.

SELENGKAPNYA