Cristiano Ronaldo | AP Photo/Natacha Pisarenko

Piala Dunia

Picu Kontroversi, Ronaldo Dibela

Belum diketahui alasan Ronaldo tidak bergabung dengan pemain cadangan.

DOHA -- Kapten Portugal Cristiano Ronaldo tidak bergabung dengan pemain cadangan pada sesi latihan Rabu (7/12), sehari setelah Portugal mengalahkan Swiss 6-1 pada babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022.

Ia justru ikut sesi gym yang diikuti oleh 11 pemain inti yang bermain melawan Swiss. Dalam skenario normal, pemain pengganti akan berlatih bersama, sedangkan 11 pemain inti akan menjalani pemulihan dengan gym.

Pemandangan ini mencengangkan karena tidak seperti biasanya. Dilansir dari Marca, Kamis (8/12), tindakan tersebut diambil sendiri oleh Ronaldo untuk bergabung dengan pemain inti yang dipersiapkan melawan Maroko pada babak perempat final.

Belum diketahui alasan Ronaldo tidak bergabung dengan pemain cadangan. Namun, yang pasti sikap tersebut tidak biasa dilakukan sang superstar dalam beberapa bulan terakhir.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano)

Ronaldo diturunkan sebagai pemain pengganti saat Portugal melawan Swiss. Posisinya di 11 pertama diisi oleh Goncalo Ramos, yang kemudian mencetak hattrick dalam kemenangan Portugal. Selecao das Quinas juga tampil impresif meski tanpa Ronaldo. CR7 baru dimasukkan menggantikan Joao Felix pada menit ke-73.

Keputusan pelatih Portugal Fernando Santos membangkucadangkan Ronaldo karena menganggap pemainnya itu bermain tak dalam performa terbaiknya. Namun, keputusan Santos mendapatkan pembelaan dari saudara perempuan Ronaldo, Elma. Lewat Instagram pribadinya, Elma mengatakan, sikap Ronaldo tetap di bangku cadangan dan membiarkan pemain lain turun merupakan sesuatu yang bagus.

"Saya hanya meminta 1 persen pecundang dan orang munafik untuk tidak berbicara kotor .... Mereka menggigit tangan yang memberi mereka makan,” tulisnya dilansir dari Marca.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Elma Aveiro (@elma_oficial)

Adik sang superstar hanya meminta agar semua penggemar timnas Portugal mendukung siapa pun pemain yang diturunkan dalam pertandingan. Ia menegaskan, Portugal adalah tim bukan hanya Ronaldo.

“Hormati tim, pelatih, dan terutama Ronaldo. Ronaldo akan abadi, tidak pernah dilupakan untuk semua yang dia lakukan dan akan lakukan," kata Elma menambahkan.

Saudara perempuan Ronaldo lainnya, Katia Aveiro, juga turun untuk membela. Ia senang Portugal memenangkan pertandingan. Dari laga tersebut, telah lahir bakat baru yang bersinar.

“Itu yang tidak benar karena mereka terus mengutuk, terus bersikeras menghina, dan tidak berterima kasih. Sangat sedih dengan apa yang saya baca dan dengar. Bukan di sini di Qatar, tapi di negara saya, di negara Anda,” ujar Katia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Portugal (@portugal)

Katia lalu mengungkapkan ingin Ronaldo pulang karena hanya di rumah orang-orang dapat memahaminya. Ronaldo, kata dia, telah meninggalkan keluarganya demi sepak bola yang kemudian memberikan kebanggaan kepada Portugal. Menurutnya, keluarga Ronaldo sudah cukup menderita dengan pengorbanannya untuk negaranya.

Tulisan Katia adalah sebuah penegasan bahwa Ronaldo telah memberikan segalanya untuk sepak bola dan jawaban atas kritik publik kepadanya. Katia menilai, orang-orang tidak memahami pengorbanan yang dilakukan oleh Ronaldo selama bertahun-tahun.

Magis Maroko dan Pan Arabisme

Bolehlah kita bersepakat bahwa apa yang Maroko capai ini menjadi salah satu episode gerakan 'Pan Arabisme' yang melegenda itu.

SELENGKAPNYA

LPS Naikkan Suku Bunga Penjaminan Valas

Cadangan devisa Indonesia pada akhir November 2022 meningkat menjadi 134 miliar dolar AS.

SELENGKAPNYA

Restu Orang Tua di Balik Sukses Singa Atlas

Bagi beberapa orang, seperti ibu Regragui, Fatima, perjalanan itu merupakan kesempatan sekali seumur hidup.

SELENGKAPNYA