Warga melihat Gunung Semeru yang mengeluarkan material vulkanis dari Desa Sumberwuluh,Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022). | ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Nusantara

Warga di Pengungsian Butuh Bantuan

Kemarin Gunung Semeru tercatat mengalami 24 kali gempa erupsi.

 

LUMAJANG -- Warga Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terisolasi. Satu-satunya akses jembatan terkena lahar dingin Semeru sehingga tidak bisa dilewati.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengaku telah memantau kondisi Desa Jugosari. Berdasarkan pengamatannya, lahar dingin tersebut lebih besar daripada sebelumnya.

"Dari tadi pagi Pak Kepala Desa sudah standby untuk memantau masyarakat yang di sebelah sana di Dusun Sumberlangsep, sekarang tidak ada pilihan jembatan harus tutup," kata pria disapa Thoriq, saat meninjau dampak lahar dingin Semeru di Desa Jugosari, Selasa (6/12).

Thoriq mengungkapkan, 470 jiwa yang terisolasi di Dusun Sumberlangsep saat ini telah dikumpulkan di satu titik. Petugas dari BPBD maupun Basarnas juga telah bersiaga sembari mengimbau masyarakat agar tidak mendekat aliran lahar dingin. Hal ini penting untuk memastikan keselamatan masyarakat.

photo
Warga memindahkan barang yang bisa diselamatkan akibat terkena awan panas guguran Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022). - (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Kepala Desa Jugosari, Mahmudi menjelaskan, material vulkanik yang terbawa aliran lahar dingin pada Senin (5/12) juga sempat menutupi jembatan limpas. Namun intensitas airnya tidak sebesar pada Selasa (6/12). Bahkan, masyarakat pada pagi hari juga sempat membersihkan material vulkanik yang menutupi jembatan.

Erupsi Gunung Semeru telah mengakibatkan ribuan orang mengungsi.  Pengungsi di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang, mengaku membutuhkan selimut dan tikar untuk dipakai tidur.

Pantauan di posko pengungsian, Selasa (6/12), bantuan yang diterima para pengungsi kebanyakan makanan dan popok bayi. "Kami saat ini butuh selimut dan tikar untuk tidur. Kalau makanan sepertinya cukup," kata Mahmudah, pengungsi asal Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh.

Untuk kebutuhan lain, seperti pakaian, kata dia, masih bisa diambil dari rumah karena rumahnya tidak terkena awan panas guguran (APG). "Rumah kami, alhamdulillah tidak apa-apa. Tapi menjadi zona merah," katanya.

Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran dengan jangkauan sejauh tujuh kilometer pada Ahad (4/12), pukul 02.46 WIB. Pada pukul 12.00 WIB, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengambil langkah mitigasi dengan menaikkan status Gunung Semeru dari sebelumnya Level III atau Siaga menjadi Level II atau Awas.

Keputusan itu diambil agar warga yang bermukim di kawasan rawan bencana Gunung Semeru mengosongkan daerah mereka dan mengevakuasi diri menuju pengungsian yang telah disediakan di daerah yang aman dari jangkauan erupsi. Dengan demikian, tidak menimbulkan korban jiwa bila sewaktu-waktu gunung api tersebut meletus.

photo
Warga memindahkan barang yang bisa diselamatkan akibat terkena awan panas guguran Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022). - (AP Photo/Dicky Bisinglasi)

Gunung Semeru tercatat mengalami 24 kali gempa erupsi pada Selasa (6/12) periode 06.00 sampai 12.00 WIB. Hal ini diungkapkan langsung dalam laporan resmi petugas Pemantauan Gunung Api (PGA) Semeru, Yadi Yuliandi.

Menurut Yadi, amplitudo gempa erupsi tersebut sekitar 10 sampai 23 milimeter. "Dan lama gempa 52 hingga 163 detik," kata Yadi.

Selain itu, gunung berketinggian 3.676 mdpl tersebut juga mengalami satu kali gempa getaran Banjir. Amplitudo gempa ini sekitar 25 mm dan lama gempa 3.300 detik.

photo
Gunung Kerinci mengembuskan gas dan material ke udara yang terlihat dari Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Sabtu (5/11/2022). - (ANTARA FOTO)

Kemarin, erupsi juga terjadi Gunung Kerinci yang terletak di perbatasan Provinsi Sumatra Barat dan Jambi pada pukul 08.22 WIB. (PVMBG) melaporkan, tinggi kolom abu teramati setinggi 700 meter di atas puncak. 

Petugas Pos Pengamatan Gunung Kerinci, Irwan Safwan mengatakan, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. "Untuk warga tidak ada evakuasi. Masyarakat masih beraktivitas seperti biasa. Kondisi Gunung Kerinci saat ini tertutup kabut," kata Irwan. 

Masyarakat di sekitar Gunung Kerinci dan wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak radius tiga KM dari kawah aktif. Masyarakat dilarang beraktivitas dalam radius bahaya/KRB III.

Cegah Lonjakan Inflasi Pangan

Hampir seluruh komoditas bahan pokok utama mulai mengalami kenaikan harga.

SELENGKAPNYA

Piala Dunia dan 'Harga Selangit'

Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi turnamen sepak bola termegah sekaligus termahal yang pernah ada.

SELENGKAPNYA