Karyawan mengetes set top box (STB) INTI DVBT2 di PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), Kota Bandung, Jumat (10/6/2022). Dalam sehari perusahaan tersebut mampu memproduksi 650 hingga 1.000 unit set top box guna memuluskan program pemerintah mela | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

DIY

Ribuan STB TV Digital Mulai Dibagikan

Proses pembagian STB kepada keluarga miskin dilakukan pihak ketiga dari Kemenkominfo.

SOLO -- Seiring telah ditutupnya saluran televisi analog, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, menyebut sudah terdistribusi sebanyak 9.265 unit Set Top Box (STB) per Senin (5/12).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kota Solo, Heny Ermawati mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) terkait pengajuan unit STB bagi keluarga miskin (gakin) yang belum menerima.

Setidaknya masih ada 13.735 ribu unit dari total pengajuan 23 ribu unit yang belum dibagikan. "Dari total 23 ribu sisa kekurangannya sedang kita coba mintakan lagi. Nanti seperti apa kelanjutannya ya," kata Heny ketika dihubungi, Senin (5/12).

photo
Karyawan memeriksa kualitas set top box (STB) INTI DVBT2 di PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), Kota Bandung, Jumat (10/6/2022).  Republika/Abdan Syakura - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Tak hanya itu, Heny menjelaskan pembagian STB bagi jalur keluarga miskin (gakin) mengacu pada data Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). "STB yang sudah dibagikan oleh Kemenkominfo untuk gakin Kota Solo sejumlah 9.265 unit per hari ini, (mengacu data Ditjen Dukcapil)," katanya.

 
STB yang sudah dibagikan oleh Kemenkominfo untuk gakin Kota Solo sejumlah 9.265 unit per hari ini, (mengacu data Ditjen Dukcapil).
HENY ERMAWATI Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kota Solo
 

Selanjutnya, pembagian STB kepada gakin dilakukan oleh pihak ketiga dari Kemenkominfo. Sedangkan Pemkot Solo tidak terlibat dalam pembagian. Namun, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait kuota sisa STB yang mereka ajukan. "Itu yang sedang kami koordinasikan, ini kan kegiatan pusat ya, kalau kita mintanya ada 23 ribu," ujar dia.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan target STB yang dibagikan memang 23 ribu. Namun hal tersebut akan dilakukan secara bertahap."Bertahap ya (pembagian STB), secepatnya, pokoknya targetnya 23 ribu.  Nanti kalau ada warga yang tidak masuk data, yang masih tercecer, nanti saya carikan CSR," katanya.

Terpisah, STB untuk menonton siaran televisi terestrial digital mulai langka di DIY. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan terhadap STB ini sejak dilakukannya analog switch off (ASO) beberapa hari lalu.

photo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Senin (10/1/2022).  - ( ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj.)

Plh Asisten Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Setda DIY, Beny Suharsono mengatakan, tingginya permintaan dikarenakan bertepatan dengan momen Piala Dunia 2022. Warga pun membanjiri toko elektronik untuk mendapatkan STB ini.

"Kita sama-sama tahu permintaan pada peak yang sama, semuanya ingin menonton bola, sehingga semuanya membutuhkan itu. Coba kalau tidak ada bola, mungkin agak landai. Tapi karena permintaan yang sama, pasar melonjak, bukannya langka, tapi karena permintaan sangat besar pada waktu yang sama," kata Beny yang juga kepala Bappeda DIY tersebut.

Terkait hal tersebut, pihaknya juga sudah menghubungi Kemenkominfo untuk menyediakan STB mengingat besarnya permintaan. "Sehingga upaya kita menghubungi Kemenkominfo untuk menyediakan," ujar Beny. 

Beny juga menyarankan masyarakat untuk membeli STB secara online melalui e-commerce. Pasalnya, belum dapat dipastikan ketersediaan STB ini akan didatangkan ke DIY. Bahkan, harga STB di e-commerce juga dikatakan lebih murah.

Sebab, di toko-toko elektronik saat ini harga STB melonjak tajam seiring dengan meningkatnya permintaan. "Online akan bisa lebih cepat, daripada kita menunggu barang harus jadi, harganya lebih terjangkau," jelasnya. 

SIPRI: Penjualan Senjata Global Naik 2021

Pada 2021 CSSC Cina menjadi pembuat kapal militer terbesar di dunia.

SELENGKAPNYA

Piala Dunia dan 'Harga Selangit'

Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi turnamen sepak bola termegah sekaligus termahal yang pernah ada.

SELENGKAPNYA

Erick Perkuat CSR BUMN untuk Biayai Usaha Mikro

Erick mengatakan, rasio utang terhadap modal BUMN juga terus mengalami penurunan.

SELENGKAPNYA