vp,,rm
Hikmah November Pekan ke-3 | Republika

Hikmah

Musibah dan Persatuan

Ujian merupakan hal yang positif bagi orang yang beriman.

OLEH KH ATHIAN ALI M DA'I

Musibah telah dan sedang menimpa saudara-saudara kita di Cianjur, Jawa Barat. Paling tidak, ada tiga kemungkinan musibah yang menimpa orang mukmin.

Pertama, yang wafat merupakan hal yang terbaik menurut Allah, walau cara Allah mewafatkan mereka dengan gempa bumi. Kita doakan semoga yang wafat termasuk husnul khatimah, yang luka-luka berat dan ringan semoga segera Dia pulihkan.

Sedangkan yang rusak tempat tinggal dan hilang hartanya, semoga digantikan Allah SWT dengan rezeki yang lebih baik lagi.

Kedua, merupakan ujian bagi yang masih hidup. Dalam firman-Nya: "Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, 'Kami telah beriman' dan mereka tidak diuji?"(QS al-Mulk: 2).

Ujian merupakan hal yang positif bagi orang yang beriman. Yang tidak positifnya, jika seorang diberi ujian tapi tidak lulus ujiannya. Lebih positif lagi jika diuji berhasil lulus melalui kesabarannya, sehingga mereka akan memperoleh surga dengan bersabar atas musibah yang menimpanya.

Ketiga, merupakan azab bagi yang masih hidup sebagai bentuk kasih sayang-Nya untuk mengingatkan yang bersangkutan agar mau kembali hidup di jalan-Nya.

Di samping berdoa, kita semua tentunya terpanggil untuk mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan harta, demi membantu sesama. Semua upaya dari siapa pun, hendaknya kita hargai, selama fokus membantu dari 'sisi kemanusiaan'.

Jika ada pihak (mudah-mudahan tidak) yang memanfaatkan situasi dengan melanggar SKB Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 1979, di antaranya tentang larangan penyebaran agama kepada orang yang sudah beragama misalnya, hendaknya dilaporkan kepada aparat setempat agar kerukunan antarumat beragama tetap terjaga.

Persatuan dan kesatuan tetap terpelihara di negeri ini. Semoga Allah SWT senantiasa menuntun kita di jalan yang diridhai-Nya.

Kasman Singodimedjo, Perumus dan Pejuang NKRI

Kasman selalu menyampaikan arti penting pemuda Muslim untuk mencintai Tanah Air dan memiliki nasionalisme.

SELENGKAPNYA

Masa Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang

Tren kasus penyakit pada warga yang mengungsi mulai mengalami penurunan.

SELENGKAPNYA

AS-Iran Saling Serang di Luar Lapangan 

FFIRI kemungkinan besar akan memperpanjang masalah penghapusan lambang di bendera Iran.

SELENGKAPNYA