Lionel Messi. | AP Photo/Ariel Schalit

Piala Dunia

Menanti Aksi Ronaldo (Lagi) di Lusail

Laga kali ini adalah laga yang penting bagi Ronaldo dan Portugal.

LUSAIL -- Aksi heroik Lionel Messi saat mencetak gol untuk Argentina dalam kemenangan atas Meksiko tentu menjadi tekanan tersendiri bagi Cristiano Ronaldo. CR7 akan kembali beraksi saat Portugal melawan Uruguay dalam pertandingan kedua Grup H Piala Dunia di Stadion Lusail Iconic, Lusail, Selasa (29/11) dini hari WIB. 

Laga tersebut penting bagi Ronaldo dan Portugal. Jika meraih kemenangan dari Uruguay, tiket lolos dari fase grup akan bisa mereka genggam. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Selección Argentina (@afaseleccion)

Namun, Ronaldo juga masih menyimpan segudang ambisi. Satu gol yang dicetaknya saat melawan Ghana telah menjadikan Ronaldo sebagai pemain pertama yang mencetak gol dalam lima edisi Piala Dunia secara beruntun. 

"Mencetak gol di lima Piala Dunia merupakan pencapaian yang tidak akan pernah berani saya impikan, tetapi juga bukti tidak ada kemustahilan," ucap Ronaldo, dikutip dari Mirror, Ahad (27/11). Oleh karena itu, sama seperti menanti Messi saat Argentina bertanding, aksi Ronaldo juga patut ditunggu dalam pertandingan di Lusail. 

Pertemuan Portugal dengan Uruguay nanti juga menjadi kesempatan melakukan aksi balas dendam. Ronaldo bersama pemain Portugal lain yang tampil di Piala Dunia Rusia pasti masih ingat bagaimana Uruguay mendepak mereka di babak 16 besar. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by AUF | Selección Uruguaya (@aufoficial)

Uruguay sudah pasti bukan lawan mudah bagi skuad asuhan Fernando Santos meski pada laga pembuka grup ditahan imbang oleh Korea Selatan. Uruguay memenangkan empat dari lima pertemuan dengan negara Eropa di Piala Dunia, hanya kalah dari Prancis pada perempat final Piala Dunia di Rusia.

Sementara itu, Uruguay wajib menang jika ingin lolos ke babak 16 besar seperti di Rusia. Jika kalah, situasi akan semakin rumit karena mereka akan menghadapi Ghana di laga terakhir fase grup. Sama seperti Portugal, Uruguay juga banyak diisi oleh pemain bintang seperti Luis Suarez, Diego Godin, Rodrigo Bentancur, Darwin Nunez dan masih banyak pemain lainnya yang berkarier di Eropa. Karena itu, pertandingan dipastikan akan berjalan sengit dengan intensitas tinggi.

"Pemain Uruguay adalah yang terbaik di dunia. Mereka membela kami, baik suka maupun duka. Itu adalah alat yang paling penting yang kami miliki, yaitu perasaan yang dirasakan pemain Uruguay, bagaimana mereka mengidentifikasi masalah, perasaan itu dimiliki mereka," kata pelatih Uruguay Diego Alonso, dikutip dari Reuters.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Portugal (@portugal)

Namun, Alonso tidak bermaksud menunjukkan arogansi karena menyebut skuad-nya diisi pemain-pemain terbaik dunia. Menurut dia, pemain Uruguay sangat menghormati tim lain sehingga Alonso menilai mereka sebagai yang terbaik. "Yang jelas, saat ini tim masih sangat bersemangat untuk bisa lolos dari fase grup," ujarnya.

 

Data dan fakta:

  • 1 -- Portugal hanya sekali kalah dalam sembilan pertandingan melawan tim dari Amerika Latin di semua kompetisi. 
  • 2 -- Ini merupakan pertemuan kedua tim di Piala Dunia, di mana juara dunia dua kali itu menyingkirkan Portugal di babak 16 besar pada 2018.
  • 2 -- Uruguay gagal mencetak gol dalam dua pertandingan terakhir di Piala Dunia. 
  • 3 -- Portugal mencari dua kemenangan beruntun mereka di fase grup Piala Dunia untuk ketiga kalinya dalam sejarah setelah sukses pada 1966 dan 2006.
  • 3 -- Uruguay selalu memenangkan pertandingan kedua fase grup dalam tiga edisi Piala Dunia secara beruntun.

 

Prediksi susunan pemain:

  • Portugal (4-3-3): Costa; Cancelo, Pereira, Dias, Guerreiro; Bernardo, Neves, Carvalho; Fernandes, Ronaldo, Felix. Pelatih: Fernando Santos
  • Uruguay (4-3-3): Rochet; Caceres, Godin, Gimenez, Oliveira; Valverde, Bentancur, Vecino; Pellistri, Suarez, Nunez. Pelatih: Diego Alonso

KH Ibrahim, Penjaga Api Muhammadiyah

Kemahirannya dalam ilmu agama, terutama Alquran, tak terlepas dari didikan keluarga.

SELENGKAPNYA

Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Setiap orang seharusnya tidak malas beraktivitas fisik selama pandemi demi menjaga kebugaran tubuhnya. 

SELENGKAPNYA

Optimal Menyehatkan Kulit

Stres dapat mempengaruhi kesehatan kulit, termasuk membuat kulit menjadi sensitif. 

SELENGKAPNYA