Pegawai menunjukan salah satu brand perawatan kulit dan kecantikan dari korea dalam acara Skincara Exhibition Announcement di Atrium Utama Lippo Mall Puri, Jakarta, Rabu (28/2/2022). | Republika/Prayogi.

Bugar

Optimal Menyehatkan Kulit

Stres dapat mempengaruhi kesehatan kulit, termasuk membuat kulit menjadi sensitif. 

OLEH UMI NUR FADHILAH, SANTI SOPIA

Memiliki kulit sehat dan bebas iritasi menjadi dambaan setiap orang. Permasalahan kulit kering, iritasi, gatal, kemerahan, dan sensitif masih sering dijumpai sebagian orang. Kulit yang teriritasi memberikan kesan kulit yang tidak sehat dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman.

Kondisi kulit ini bisa terjadi tidak hanya dipengaruhi faktor eksternal (sensitized skin), tapi juga bawaan sejak lahir (sensitive skin). Sensitized skin terjadi karena reaksi kulit terhadap faktor eksternal, seperti terlalu sering eksfoliasi, pemakaian produk perawatan kulit yang tidak cocok, riasan, hingga faktor cuaca. Sedangkan sensitive skin seperti eczema, rosacea, dan psoriasis.

Publik figur Ayla Dimitri mengatakan, kondisi pekerjaaan yang banyak dan stres dapat berdampak pada kulitnya, salah satunya jerawat parah. “Yang aku notice itu kulitku bad hormonal, acne, itu kulit nggak prima,” kata Ayla dalam jumpa pers Skinsensitive Ultracalm Bikin #NyamanSeketika di Alila SCBD, Jakarta Selatan, tiga pekan lalu. 

Dermatologist M Indah Maharani membenarkan soal itu. “Kalau badan stres, itu akan mempengaruhi kulit,” ujar Rani, sapaan akrab Indah Maharani. Salah satu tandanya, kata dia, adalah jerawat. “Kulit yang sedang sensitif itu kulit yang lagi rusak. Cari pertolongan agar kulit kembali ke kondisi paling optimal,” kata Rani.

Salah satu cara mengembalikan kondisi optimal kulit yaitu merawat skin barrier atau sawar kulit. Jika sawar kulit rusak, organ tubuh itu tidak bisa memproteksi serangan dari luar. “Kalau kulit gampang ngambek, kembalikan ke basic skincare routine ke kondisi optimal,” ujar Rani.

Perawatan kulit dasar terdiri dari sabun wajah yang membuat kulit nyaman, terutama memberi efek menenangkan kulit. Gunakan toner yang sifatnya menyeimbangkan dan mengembalikan kondisi kulit. Berikan nutrisi dengan serum, yang mempunyai kemampuan melembapkan kulit. Terakhir, gunakan pelembab yang memiliki efek menenangkan dan melembabkan kulit. 

Head Brand ERHA Skinsitive Michele mengatakan, ERHA menghadirkan Skinsitive dengan rangkaian Ultracalm hypoallergenic, formula pH balance, dan alcohol and fragrance free. Perawatan dasar rutinnya adalah sabun muka, toner, pelembap, dan losion badan. 

Ultracalm juga menghadirkan face serum yang dapat meredakan gatal dan kemerahan dalam lima menit. “Kita ingin memberikan pengalaman untuk pemilik kulit sensitif, tapi tetap aman digunakan dengan formula hypoallergenic dan sudah direkomendasikan ahli dermatologi,” ujar Michele.

Produk Skinsitive Ultracalm disebut mampu mengatasi masalah kulit gatal dan kemerahan dalam lima menit. “Pemilik kulit sensitif bisa merasa aman dan nyaman tanpa harus khawatir reaksi yang ditimbulkan kulit,” kata Michele.

Skinsitive Ultracalm tak hanya bisa mengatasi masalah kulit dan cocok untuk permasalahan sensitized skin dan sensitive skin, produk ini juga aman digunakan anak-anak, ibu hamil hingga ibu menyusui.

Senyawa Murni Sehatkan Kulit

Saat ini merawat kulit telah semakin menjadi kebutuhan. Hal itu bukan hanya karena faktor penampilan semata, tetapi juga kesehatan. Menurut Director of Global Business dan CEO Nexus Pharma Hyun Yu-Jin, perawatan kini bukan saja dilihat sebagai tren, tetapi juga untuk kesehatan kulit.

Nexus Pharma asal Korea ini mengeluarkan formulasi Glutathione, yaitu Glutanex untuk perawatan kulit. “Glutanex menggunakan senyawa glutathione paling murni, telah melewati rangkaian riset dan diformulasikan dengan menggunakan teknologi canggih dari Korea. Tidak hanya efektif tapi juga aman untuk digunakan,” kata Yu-Jin, bulan lalu.

Inilah yang menjadi diferensiasi Glutanex dengan produk berkandungan glutathione lainnya. Brand yang mendapuk Song Ji-hyo sebagai brand ambassador itu menghadirkan lima hero product-nya yang kandungan utamanya adalah glutathione. Contohnya, Glutanex Snow White Cream diklaim memberi efek mencerahkan. Lalu, Glutanex Night Serum menutrisi agar kulit sehat, cerah, dan lembap di pagi harinya. 

Ada juga Glutanex Aqua Booster Hydrating Facial Cream sebagai pelembap wajah. Lainnya adalah Glutanex Glow Balm untuk memberi efek lembap dan berkilau seketika. Satu lagi Glutanex Snow White Mask yang mencerahkan dan menutrisi dalam 15 menit. 

RAENA memperkenalkan Glutanex sebagai merek perawatan kulit yang secara ekslusif didistribusikan di Indonesia. AVP Strategy dari RAENA Gaurav Prajapati mengatakan, Glutanex dipilih karena keunggulannya mengandung medical grade glutathione.

RAENA melihat glutathione adalah bahan yang sedang tren. Sebagai merek dengan bahan utama glutathione medical grade, RAENA melihat Glutanex memiliki nilai yang kuat dan mampu mengisi celah pasar di Indonesia. “Faktor-faktor itu mendasari kerja sama RAENA dengan Glutanex. RAENA memulai kemitraan dengan Glutanex sejak awal tahun 2022,” kata Gaurav.

Glutanex, tambah dia, terbukti secara klinis sebagai produk yang mengandung sistem pencerah kulit yang paling kuat, namun aman bagi kulit. Masyarakat dapat mengakses produk ini di Watsons Indonesia. Gaurav menjelaskan, selama ini pihaknya bermitra dengan jenama tersebut dan membantu mereka menjangkau pelanggan melalui jaringan reseller.  

“Kami melengkapi reseller kami dengan pelatihan, dukungan branding, dan akses ke berbagai macam produk. Di sini kami membantu brand memahami cara memasuki pasar Indonesia Indonesia yang memiliki nuansa tersendiri,” lanjut dia. 

Baznas Gelar Manajemen Tanggap Darurat di Cianjur

Ada 74 orang personel gabungan Baznas yang diterjunkan ke lokasi bencana.

SELENGKAPNYA

Industri Asuransi Syariah Didorong Buat Produk Hijau

SDM syariah harus mampu berkompetisi di tengah kebutuhan pengembangan ekonomi syariah yang sangat tinggi.

SELENGKAPNYA

OJK Minta Industri Perkuat Mitigasi Risiko

OJK juga berencana memperpanjang relaksasi industri asuransi pada 2023.

SELENGKAPNYA