Presidium Kumpulan Alumni HMI (KAHMI) Muda Indonesia mendeklarasikan Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) 2024. | istimewa

Nasional

KAHMI Muda Dukung Erick Jadi Cawapres

Pada Sabtu, Erick Thohir diangkat sebagai anak oleh suku bangsa Batak.

JAKARTA — Presidium Kumpulan Alumni HMI (KAHMI) Muda Indonesia mendeklarasikan Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) 2024. Koordinator Nasional Presidium KAHMI Muda Indonesia Basri mengatakan, Indonesia harus memilih pemimpin yang memiliki wawasan pengalaman aktif di ekonomi dan percaturan politik dunia.

Menurut Basri, hal ini merupakan modal utama bagi Indonesia dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi dan geopolitik dunia. Dalam penelitian Presidium KAHMI Muda Indonesia, Basri melanjutkan, terdapat sejumlah nama yang mengemuka sebagai bakal capres dan cawapres 2024 dengan ragam kompetensi dan keunggulannya.

"Namun, secara objektif, kami menilai Bapak Erick Thohir adalah figur yang tepat untuk dipilih menjadi wakil presiden pada 2024," ujar Basri saat deklarasi mendukung Erick Thohir untuk maju sebagai cawapres pada 2024 digelar di Jalan Tanjung Dako, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (26/11).

photo
Menteri BUMN Erick Thohir tiba di Kantor DPP PAN saat acara Rakernas Perempuan Amanat Nasional (PUAN) di Jakarta, Rabu (9/11/2022). - (Republika/Thoudy Badai)

Basri menyebut Erick memiliki segudang pengalaman ekonomi dan politik di level internasional. Erick juga, Basri melanjutkan, terbukti mampu menciptakan laju pertumbuhan dan pemerataan ekonomi serta mencegah kebangkrutan ekonomi Indonesia di tengah-tengah pergerakan inflasi dan ketidakpastian situasi ekonomi dunia. Dengan rekam jejak tersebut, Basri meyakini mantan presiden Inter Milan tersebut dapat menjadi pemimpin yang membawa Indonesia menjadi negara yang unggul.

Basri mengatakan, dalam pergerakannya, organisasi ini memfokuskan pada politik dan ekonomi tanpa menutup mata dengan hal lain. Ia menilai, Presidium KAHMI Muda Indonesia memiliki tanggung jawab dalam berperan aktif menyiapkan figur terbaik untuk memimpin bangsa ini.

"Atas pemikiran itulah, hari ini kami bertekad mendeklarasikan dukungan terhadap Bapak Erick Thohir sebagai wakil presiden 2024. Selanjutnya deklarasi di Kota Palu ini akan juga dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia," kata Basri.

Gelar Batak

Pada Sabtu (26/11), Erick Thohir mendapatkan anugerah, yaitu diangkat sebagai anak oleh suku bangsa Batak dalam upacara adat Mangain Anak dan Mangalahat Horbo di Samosir, Sumatra Utara. Dengan anugerah tersebut, dia menyandang Putra Tomok dari Samosir, dengan nama Erick Thohir Sidabutar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (erickthohir)

“Ini menjadi kehormatan bagi saya untuk diangkat sebagai anak keluarga besar Harry Boss Sidabutar menjadi bagian dari bangso Batak. Saya berharap, tali persaudaraan ini, seperti yang disampaikan oleh Opung Adian Napitupulu, dan tulang saya, Tulang Mustar Manurung, persaudaraan adalah bukan pada saat kesenangan, melainkan juga pada saat kesusahan,” ujar Erick pada saat memberikan sambutan seusai upacara adat.

Prosesi pemberian marga Batak tersebut bertepatan dengan diselenggarakannya Festival Tao Toba Heritage di Hotel Lopo Samosir. Festival ini digelar untuk mengajak warga mengekspolrasi Danau Toba (Tao Toba) dalam satu hari penuh dengan Cultural Experience, Music Festival, UMKM Booth, serta Fun Ride & Visit Toba Heritage.

Erick mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjadikan perbedaan suku bangsa, budaya, dan letak geografis yang tersebar di lebih dari 17 ribu pulau sebagai sebuah kekuatan.

“Jangan pernah bertanya siapa kita. Karena kita adalah campuran dari berbagai suku bangsa di Indonesia. Tetapi, yang harus kita tanyakan adalah apa yang sudah diperbuat bagi bangsa kita. Kita harus membuat keberagaman ini menjadi sebuah kekuatan. Jangan selalu menjadi pertanyaan, yang terus dipertanyakan ketika kita ingin terjadi konflik,” kata Erick.

Mengoptimalkan Pasar Lokal

Selama masa pandemi belakangan ini, tren lamanya menginap para wisatawan bergeser semakin panjang. 

SELENGKAPNYA

Bencana Alam, Azab atau Musibah?

Apa yang belum lama ini dialami masyarakat Cianjur dan sekitarnya adalah musibah.

SELENGKAPNYA

Masjid Negara Qatar, Oase Menyejukkan di Kota Doha

Inilah masjid terbesar di seluruh negara Qatar.

SELENGKAPNYA