Wakaferse Dorong Kesejahteraan Umat (Ilustrasi) | Dompet Dhuafa

Khazanah

Wakaferse Dorong Kesejahteraan Umat

Wakaf juga masih identik dengan keadaan mapan dan orang tua.

JAKARTA -- Wakaferse merupakan sebuah gerakan semesta berwakaf untuk mendorong inisiatif wakaf masyarakat yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa (DD). Melalui Wakaferse, DD berkhidmat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat wakaf.

DD bersama Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) dan KSEI Sharia Economics Student Club (SES-C) Institut Pertanian Bogor (IPB) berkolaborasi untuk meningkatkan literasi dan sosialisasi program Wakaferse kepada masyarakat luas. Untuk itu, Wakaferse Fair: Semesta Berwakaf diselenggarakan pada 25-26 November 2022 di Auditorium Fakultas Ekonomi Manajemen (FEM) IPB.

Mengenai kegiatan tersebut, Direktur Resource Mobilization DD Etika Setiawanti menerangkan, komposisi penduduk Indonesia saat ini didominasi oleh generasi Y, milenial, dan Z.

"Teman-teman mahasiswa ini adalah salah satu bagian dari generasi milenial dan Z yang kami harapkan bisa menjadi penyambung, penggerak, dan penyampai untuk menyampaikan nilai-nilai wakaf," kata Etika dalam sambutannya di acara "Wakaferse Fair: Semesta Berwakaf", Jumat (25/11).

Lebih lanjut Etika mengatakan, zakat mungkin sudah umum diketahui. Infak artinya seseorang bisa berbagi kapan saja, di mana saja, dan jumlahnya berapa saja. Kemudian, wakaf, biasanya banyak orang masih mengidentikkan wakaf dengan masa tua dan mapan atau mungkin masih ada yang belum tahu wakaf.

Karena itu, DD bersama para narasumber lain akan mengupas tuntas tentang wakaf di Wakaferse Fair: Semesta Berwakaf. Publik akan diajak menyimak langsung peran wakaf, dan wujud kolaborasi wakaf yang telah dilakukan bersama DD.

"Wakaf sampai hari ini literasinya masih sangat rendah. Beberapa tahun terakhir ada peningkatan literasi tentang wakaf, tapi belum cukup, karena wakaf masih identik dengan 3M yakni masjid, makam, dan madrasah," ujar Etika.

 
Beberapa tahun terakhir ada peningkatan literasi wakaf, tapi belum cukup, karena wakaf masih identik dengan 3M yakni masjid, makam, dan madrasah.
ETIKA SETIAWANTI Direktur Mobilization Dompet Dhuafa
 
SHARE    

Wakaf, kata dia, juga masih identik dengan keadaan mapan dan orang tua. Ketika seseorang sudah hidup mapan dan lanjut usia, ia baru memikirkan tentang ibadah wakaf untuk bekal setelah meninggal dunia. Padahal, wakaf bisa dilakukan sedini mungkin dengan nominal yang tidak dibatasi.

Maka, DD punya gerakan Rp 10 ribu berwakaf. Dengan gerakan ini diharapkan bisa mengajak sebanyak mungkin mahasiswa dan lulusan baru yang baru bekerja untuk berwakaf. Artinya, kemampuan ekonomi berapa pun bisa berkontribusi untuk berwakaf.

DD, lanjut Etika, mengelola wakaf dalam lima pilar. Pertama, pilar ekonomi. Di dalamnya ada pertanian, perkebunan, dan permodalan ekonomi. Kedua, pilar kesehatan yang sekarang bentuknya mengelola tujuh rumah sakit di berbagai daerah."Di pilar pendidikan, kita punya sekolah gratis untuk adik-adik yang kurang beruntung secara ekonomi, tapi mereka kita pilih yang secara kemampuan akademiknya bagus dan berprestasi," ujar Etika.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tabung Wakaf Indonesia (@tabung_wakaf)

Di pilar sosial-dakwah, di dalamnya ada masjid wakaf yang berlokasi di berbagai daerah. Ada juga dapur keliling hasil wakaf yang membantu korban gempa di Cianjur saat ini. Kemudian, yang kelima adalah pilar budaya.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB Drajat Martianto mengatakan, Wakaferse Fair: Semesta Berwakaf adalah acara yang sangat luar biasa. Acara itu wajib diikuti dengan sebaik-baiknya.

Ia menjelaskan, ada investasi yang lebih menguntungkan, baik di dunia maupun di akhirat. Salah satunya adalah investasi di wakaf. Namun, saat bicara wakaf, banyak yang berpikir harus kaya dulu dan harus memiliki tanah sekian hektare.

"Padahal, wakaf bisa dalam bentuk buku. Alquran kalau dikasih ke masjid akan dibaca anak-anak, kita yang wakaf Alquran dapat pahala luar biasa," kata Drajat.

Ia mengingatkan, bentuk wakaf bermacam-macam. Wakaf juga tidak harus menunggu kaya. Semua yang hadir di Wakaferse Fair: Semesta Berwakaf bisa berwakaf. 

 

Inspirasi dari Ayat Bencana

Akal manusia tak akan mampu menangkap maksud mengapa Allah mendatangkan gempa.

SELENGKAPNYA

Akhlak Muslimah Calon Tetangga Rasulullah SAW di Surga

Ada sepuluh akhlak bagi Muslimah yang ingin menjadi tetangga Rasulullah SAW kelak di surga.

SELENGKAPNYA

Siti Walidah Dahlan, Perempuan Pejuang dari Aisyiyah

Menantang zaman mengangkat derajat perempuan.

SELENGKAPNYA