Politikus Malaysia Anwar Ibrahim berbicara kepada pers pasca-Pemilu Malaysia di Subang, Malaysia, Ahad (20/11/2022). | AP Photo/Vincent Thian

Tajuk

Perdana Menteri Baru Malaysia

Penunjukan Anwar mengakhiri perjalanan panjangnya untuk menduduki kursi Perdana Menteri Malaysia.

Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim dilantik sebagai perdana menteri baru negara tersebut pada Kamis (24/11) sore waktu setempat. Penunjukan Anwar sebagai orang nomor satu di negeri jiran ini mengakhiri kebuntuan politik negara tersebut setelah pemilihan umum yang berlangsung pada Sabtu (19/11), tidak menghasilkan pemenang mayoritas.

Pemilihan umum pada Sabtu pekan lalu berakhir tanpa kejelasan di parlemen karena tidak satu pun dari dua aliansi utama, dapat mengamankan kursi yang cukup di parlemen untuk membentuk pemerintahan. Aliansi pertama dipimpin oleh Anwar dan yang satunya dipimpin mantan perdana menteri Muhyiddin Yassin.

Koalisi Anwar, yang dikenal sebagai Pakatan Harapan, memenangkan kursi terbanyak dalam pemungutan suara dengan 82 kursi. Sementara kubu Perikatan Nasional dipimpinan Muhyiddin memenangkan 73 kursi. Mereka membutuhkan 112 kursi untuk membentuk pemerintahan.

 
Pemilihan umum pada Sabtu pekan lalu berakhir tanpa kejelasan di parlemen karena tidak satu pun dari dua aliansi utama, dapat mengamankan kursi yang cukup di parlemen untuk membentuk pemerintahan.
 
 

Kepastian Anwar bisa membentuk pemerintahan setelah kemarin siang, Koalisi Barisan Nasional secara resmi menyatakan dukungannya kepada Pakatan Harapan untuk membentuk pemerintahan persatuan. Barisan Nasional pun meminta Yang di-Pertuan Agong (Raja Malaysia) untuk segera melantik Anwar menjadi perdana menteri Malaysia baru atau perdana menteri ke-10 negara tetangga Indonesia tersebut.

Dukungan Barisan Nasional itu menggenapi syarat pembentukan pemerintahan Malaysia, yang membutuhkan dukungan parlemen sekurang-kurangnya berjumlah 112 kursi. Sebelumnya, Partai Warisan yang hanya memiliki tiga kursi dan tiga anggota parlemen yang terpilih secara independen, juga ikut menyatakan dukungannya kepada koalisi Pakatan Harapan.

Penunjukan Anwar mengakhiri perjalanan panjangnya untuk menduduki kursi Perdana Menteri Malaysia. Anwar harus menunggu sampai 24 tahun untuk menduduki kursi tersebut. Padahal, ia adalah wakil perdana menteri pada era 1990-an dan perdana menteri resmi yang ‘menunggu’ pada 2018.

Anwar harus menjadi tahanan yang dihukum karena kasus sodomi, dan menjadi pemimpin oposisi cukup lama. Pria berusia 75 tahun itu berkali-kali ditolak menjadi perdana menteri karena berbagai kasus. 

 
Penunjukan Anwar mengakhiri perjalanan panjangnya untuk menduduki kursi Perdana Menteri Malaysia.
 
 

Penunjukan Anwar tersebut adalah perdana menteri keempat Malaysia yang dilantik dalam empat tahun terakhir ini. Hal itu menunjukkan gejolak politik yang tidak biasa di negeri itu. Sebelum 2018, politik di Malaysia berjalan relatif stabil. Termasuk ketika jatuhnya Presiden Soeharto dengan Orde Barunya setelah memimpin Indonesia selama 32 tahun pada 1998, Malaysia hanya menghadapi guncangan kecil.

Namun, riak-riak suhu politik mulai bergolak di akhir masa kepemimpinan Perdana Menteri Najib Razak, yang berkuasa sejak 2009 sampai 2018. Najib Rajak terjerat skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB), yang membuatnya harus dipenjara.

Sejumlah kalangan di dalam negeri Malaysia berharap penunjukan Anwar Ibrahim mengakhiri gejolak politik di negeri tersebut. Anwar diharapkan dapat membawa ekonomi Malaysia lebih maju. Perseteruan elite politik di negeri tersebut dalam beberapa waktu terakhir ini, membuat energi pemerintahan tidak fokus dalam upaya bangkit setelah wabah pandemi Covid-19. Selain itu, Anwar diharapkan dapat membawa ekonomi Malaysia melewati resesi ekonomi global, yang dipicu adanya perang Rusia-Ukraina.

Di sisi lain, Anwar diharapkan, mampu meredam potensi gejolak yang mungkin muncul dari rakyatnya yang mayoritas etnis Melayu. Koalisi Anwar selama ini termasuk yang sangat mengkritisi afirmasi bumiputra, yang mengistimewakan Melayu. Padahal, kita sama-sama tahu sekitar 50 persen penduduk Malaysia bersuku Melayu. Sedangkan sisanya, antara lain bersuku Cina dan India.

 
Di sisi lain, Anwar diharapkan, mampu meredam potensi gejolak yang mungkin muncul dari rakyatnya yang mayoritas etnis Melayu.
 
 

Sementara itu, respons pelaku pasar di lantai bursa dan pasar uang Malaysia cukup positif dengan penunjukan Anwar. Dikutip dari laman The Straits Times, Kamis (24/11), indeks acuan KLCI menguat 3,1 persen menjadi 1.487,90 pada Kamis pukul 14.30. Ringgit pun menguat 1,4 persen menjadi 4,5 MYR per dolar AS.

Kita berharap, penunjukan Anwar pun membuat hubungan Indonesia-Malaysia yang selama ini sudah berjalan sangat baik semakin harmonis. Apalagi, kita mengetahui secara pribadi Anwar memiliki hubungan yang sangat baik dengan tokoh-tokoh di Indonesia. Modal tersebut diharapkan, membuat kerja sama negara kita dengan Malaysia semakin meningkat.

Kemenangan Bersejarah Arab Saudi

Saudi tak boleh cepat puas mengingat ini baru laga pertama.

SELENGKAPNYA

Tuntutan Fokus A Selecao

Portugal sebenarnya memiliki problem yang jauh lebih besar.

SELENGKAPNYA

Raksasa Tertidur Vs Macan Asia

Uruguay dan Korsel sama-sama memiliki sejumlah pemain top yang merumput di Eropa.

SELENGKAPNYA