KA Andalan Celebes melintas di jalur kereta api Makassar-Maros di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Ahad (6/11/2022). Kementerian Perhubungan mulai melakukan uji coba jalur kereta api Makassar-Pare Pare dengan melayani penumpang dari Stasiun Garongkon | ANTARA FOTO/Arnas Padda

Ekonomi

KAI Siapkan 2,1 Juta Tiket untuk Libur Akhir Tahun

Tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai 22 November.

JAKARTA -- Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Joni Martinus mengatakan, total tiket KA jarak jauh yang dijual pada 22 Desember hingga 8 Januari 2023 atau periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) sebanyak 2.131.991 tiket.

Sejak dibuka pada 7 November 2022, tiket KA jarak jauh pada masa Nataru yang telah dijual sampai 22 November 2022 sebanyak 184.821 tiket. "Jumlah tersebut masih akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung," ujar Joni saat dihubungi Republika di Jakarta, Selasa (22/11).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kereta Api Kita (@keretaapikita)

KAI, lanjut Joni, berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari karena tiket KA masa libur Nataru masih cukup banyak tersedia. Pada masa Nataru ini, KAI menjual tiket mulai H-45 keberangkatan.

Joni menyampaikan, antusiasme masyarakat menjelang Nataru sangat tinggi. Rute yang paling banyak dipesan meliputi Jakarta-Solo PP, Jakarta-Surabaya PP, Bandung-Blitar PP, dan Jakarta-Purwokerto.

KAI juga mengoperasikan 56 KA tambahan untuk periode Nataru. Tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai 22 November melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, dan seluruh kanal penjualan tiket resmi lainnya.

"Total KAI menambah 513.348 tempat duduk atau rata-rata 28.519 tempat duduk per hari," kata Joni.

 
 
Jumlah tersebut masih akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung.
 
 

Salah satu KA tambahan yang KAI operasikan adalah KA Baturraden Ekspress sepanjang 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Krisbiyantoro menyampaikan, rute yang dilalui KA Baturraden Ekspress mengalami perubahan dari sebelumnya Purwokerto-Cikampek-Bandung pergi pulang (PP) menjadi Purwokerto-Kroya-Bandung PP.

Dalam hal ini, KA 7094-7095 Baturraden Ekspress relasi Purwokerto-Kroya-Bandung diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 19.40 WIB dan tiba di Stasiun Bandung pukul 02.14 WIB. Sementara itu, KA 7096-7093 Baturraden Ekspress relasi Bandung-Kroya-Purwokerto diberangkatkan dari Stasiun Bandung pada pukul 08.50 WIB dan tiba di Stasiun Purwokerto pukul 15.03 WIB.

Pada masa angkutan Nataru ini, KAI Daop 5 juga mengoperasikan KA tambahan lainnya, yakni KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Purwokerto-Jakarta Kota PP. KA 259F Kutojaya Utara diberangkatkan dari Stasiun Kutoarjo pada pukul 17.10 WIB dan tiba di Stasiun Jakarta Kota pukul 01.01 WIB. Sementara itu, KA 260A Kutojaya Utara relasi Jakarta Kota-Purwokerto-Kutoarjo diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota pada pukul 04.30 WIB dan tiba di Stasiun Kutoarjo pukul 12.26 WIB.

 
 
Informasi lebih lanjut mengenai jadwal perjalanan dan tiket KA-KA tambahan tersebut dapat diakses melalui aplikasi KAI Access.
 
 

Selain itu, beberapa KA tambahan dari Daop lain, seperti KA Argo Dwipangga Tambahan relasi Solo Balapan-Gambir PP dan KA Argo Lawu Tambahan relasi Solo Balapan-Gambir PP. Selanjutnya, KA Bogowonto relasi Lempuyangan-Pasarsenen PP, KA Senja Utama Yogyakarta relasi Pasarsenen-Yogyakarta, KA Fajar Utama Yogyakarta relasi Yogyakarta-Pasarsenen, KA Gajayana Tambahan relasi Malang-Gambir PP, KA Jaka Tingkir relasi Purwosari-Pasarsenen PP, dan KA Taksaka Tambahan relasi Yogyakarta-Gambir PP.

"Informasi lebih lanjut mengenai jadwal perjalanan dan tiket KA-KA tambahan tersebut dapat diakses melalui aplikasi KAI Access," kata Krisbiyantoro.

Allianz Syariah Matangkan Proses Spin Off

Allianz Syariah menyediakan fasilitas layanan berbasis digital untuk mitra bisnis, tenaga pemasar, maupun nasabah.

SELENGKAPNYA

BRK Syariah Bersiap Ekspansi Pascakonversi

BRK Syariah juga terus meningkatkan kapasitas setelah konversi agar dapat melayani masyarakat lebih luas.

SELENGKAPNYA

NFA Minta Pemda Susun Neraca Pangan

BI memperkirakan inflasi tahun depan turun ke level 3,6 persen.

SELENGKAPNYA