Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. | ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Ekonomi

Kontribusi Ekonomi G-20 Diprediksi Rp 7,4 Triliun

Okupansi hotel di Bali juga diprediksi tetap tinggi hingga akhir tahun.

JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan, kontribusi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 terhadap perekonomian nasional diperkirakan mencapai 533 juta dolar AS atau Rp 7,4 triliun dan menyerap lebih dari 33 ribu lapangan kerja baru.

Karena itu, ia berterima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang turut serta menyukseskan pelaksanaan KTT G-20 di Bali. Sandiaga menyatakan, KTT G-20 pada 15-16 November 2022 meningkatkan okupansi hotel di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, hingga 70 persen.

"Kami prediksi hingga akhir tahun 2022 tingkat okupansi hotel di Bali tetap tinggi, terutama memasuki masa libur Natal dan tahun baru," kata Sandiaga, Selasa (22/11).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (@kemenparekraf.ri)

Kedatatangan wisatawan nusantara dan mancanegara makin meningkat dengan rata-rata angka kedatangan mencapai 24 ribu per hari.

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati mengatakan, dengan padatnya agenda rangkaian acara pengiring KTT G-20 pada November 2022 serta dampak kegiatan tersebut di Bali, ITDC optimistis tingkat okupansi the Nusa Dua pada November 2022 bisa naik menjadi 70 persen.

Ia menuturkan, tingkat hunian rata-rata kawasan the Nusa Dua, Bali, pada Oktober mencapai 64,16 persen atau menjadi pencapaian ketiga tertinggi setelah 65,37 persen pada Juli 2022 dan 64,75 persen pada September 2022.

Sementara, tingkat hunian rata-rata pada periode Oktober 2021 lalu sebesar 26,63 persen. Kunjungan wisatawan mancanegara tercatat sebesar 53.676 orang pada Oktober 2022, tumbuh 98 persen dari 1.286 orang pada Oktober 2021.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Telkomsel (@telkomsel)

"Kawasan sendiri mencatat tingkat hunian rata-rata di atas 60 persen mulai musim libur Juni dan Juli 2022 yang tetap bertahan sampai Oktober ini, meski September dan Oktober merupakan periode low season," ujar Ari.

Ari menyampaikan, pada periode September dan Oktober, kawasan the Nusa Dua relatif tidak mengalami penurunan tingkat hunian dan hanya selisih sedikit dibanding tingkat hunian rata-rata pada musim libur Juni-Juli. "Padahal, September dan Oktober merupakan periode sepi dan biasanya kunjungan wisatawan menurun banyak," ungkap Ari.

Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho menyampaikan, saat KTT G-20 sepanjang 13-17 November, Telkomsel mencatat kenaikan lalu lintas layanan data lebih dari 59 persen. Kenaikan juga terjadi pada layanan 5G sebesar 176 persen dibandingkan hari biasa.

"Telkomsel menyediakan layanan 5G selama KTT G-20 menggunakan frekuensi gelombang milimeter 26 GHz dengan kecepatan unduhan mencapai 5,2 GB per detik," kata Nugroho.

 
 
Kami prediksi hingga akhir tahun 2022 tingkat okupansi hotel di Bali tetap tinggi, terutama memasuki masa libur Natal dan tahun baru.
 
 

Kedatangan delegasi G-20 dari mancanegara juga berpengaruh terhadap aktivitas digital operator seluler itu. Telkomsel mendapatkan pertumbuhan 50 persen aktivasi kartu perdana Telkomsel Prabayar Tourist dibandingkan hari biasa. Layanan roaming internasional juga naik hingga 24 persen selama penyelenggaraan KTT G-20.

Dukungan Telkomsel untuk KTT G-20 juga dilakukan dengan penambahan infrastruktur telekomunikasi berupa 88 menara base transceiver station (BTS) 4G/LTE dan 39 menara BTS 5G untuk menjangkau titik-titik yang menjadi lokasi rangkaian KTT G-20 Bali. Total terdapat sekitar 7.800 menara BTS Telkomsel di Bali.

Telkomsel juga melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan di lebih dari 35 ribu menara BTS pita lebar selama hampir setahun Presidensi G-20 Indonesia. Rangkaian acara Presidensi G-20 Indonesia tersebar di berbagai kota di Tanah Air.

 
 
Kawasan sendiri mencatat tingkat hunian rata-rata di atas 60 persen mulai musim libur Juni dan Juli 2022 yang tetap bertahan sampai Oktober ini.
 
 

Kementerian Keuangan memublikasikan, anggaran Rp 598,1 miliar dikeluarkan dari APBN untuk mempercantik infrastruktur di Bali guna menghelat KTT G-20. Anggaran digunakan untuk preservasi jalan dan jembatan Rp 391,7 miliar.

Kemudian, anggaran sebesar Rp 110 miliar digunakan untuk penataan hutan mangrove di Bali. Lalu, rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua sebesar Rp 96,4 miliar.

MUI Apresiasi Kepemimpinan Baru ‘Aisyiyah

'Aisyiyah juga memiliki peran dalam menyiapkan era Indonesia Emas.

SELENGKAPNYA

Waskita Karya Bukukan Kontrak Baru Rp 13,38 Triliun

Perusahaan terus berburu berbagai proyek strategis di dalam negeri.

SELENGKAPNYA

HK Antisipasi Kepadatan Tol Bakauheni

Agar lalu lintas saat Nataru lancar, Hutama Karya mengoperasikan delapan ruas JTTS.

SELENGKAPNYA