View of the fireworks at the Al Bayt Stadium during the opening ceremony before the World Cup, group A soccer match between Qatar and Ecuador at the Al Bayt Stadium in Al Khor , Qatar, Sunday, Nov. 20, 2022. | AP Photo/Thanassis Stavrakis

Kabar Utama

21 Nov 2022, 03:53 WIB

Serba-serbi Jelang Pembukaan Piala Dunia 2022

Penyelenggara juga mempermudah pendatang untuk berpindah-pindah tempat.

OLEH FERNAN RAHADI, dari Doha, Qatar

AL KHOR – Sejumlah unta terlihat di luar Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, pada Ahad (20/11). Hewan-hewan khas asal negara-negara Timur Tengah tersebut dipersiapkan untuk menyambut tamu undangan sebagai kendaraan sebelum acara pembukaan. Qatar seperti ingin menunjukkan diri sebagai negara pertama di Timur Tengah yang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Qatar terlihat sangat siap menjadi tuan rumah. Saya sempat bertemu pendukung tim nasional Ekuador. Mereka mengakui, perhelatan di Qatar lebih baik daripada di Brasil dan Rusia. Semua fasilitas baru. Stadion-stadion belum ada yang berumur lebih dari tiga tahun. Para turis juga dimudahkan, seperti dengan fasilitas transportasi umum gratis.

Sebelum acara pembukaan, sudah banyak pertunjukan untuk menyemarakkan suasana. Salah satunya di FIFA Fan Festival di Al Bidda, pusat Kota Doha. Ada juga berbagai hiburan lainnya.

Penyelenggara bersama FIFA baru saja mengeluarkan larangan penjualan bir di stadion tempat pertandingan berlangsung. Aturan tersebut sempat menimbulkan pro dan kontra. Aturan itu baru diumumkan sehari sebelum acara pembukaan. Namun, kebijakan itu tidak memengaruhi animo penonton yang datang.

photo
Pendukung Qatar menghadiri pertandingan pembuka Piala Dunia antara Qatar melawan Ekuador di  Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Ahad (20/11/2022). - (EPA-EFE/Noushad Thekkayil)

Pada Sabtu (19/11) malam waktu Qatar, saya mendatangi festival hiburan untuk penggemar. Hampir semua penggemar dari negara-negara yang tampil di Piala Dunia kali ini mendatangi gelaran tersebut. Mereka antusias dan menganggap ini sebagai Piala Dunia terbaik sepanjang sejarah.

Pada periode November hingga Desember, siang hari di Qatar terasa terik. Namun, pada sore menjelang malam, suhu berubah menjadi dingin. 

Penyelenggara juga mempermudah pendatang untuk berpindah-pindah tempat. Entah cuma sekadar jalan-jalan, belanja, atau mencari makanan. Moda transportasi umum disiapkan. Restoran pun dekat dengan penginapan, bisa ditempuh dengan jalan kaki atau memakai angkutan umum yang disediakan. Makanannya berbagai jenis.

Di beberapa lokasi, terlihat beberapa penggemar menenggak minuman beralkohol di tempat hiburan yang disediakan. Berdasarkan aturan FIFA, itu bukan pelanggaran. Bir beralkohol bisa dijual di zona FIFA fan fest atau di tempat-tempat hiburan yang sudah ditentukan. Saya kira Qatar juga mau menunjukkan bahwa mereka tuan rumah yang inklusif. Selama tidak dijual atau dikonsumsi secara masif, minuman beralkohol masih diperbolehkan otoritas.

Tamu istimewa

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 pada Ahad (20/11) malam dihadiri oleh beberapa pemimpin negara, salah satunya adalah Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Kehadiran Pangeran MBS menunjukkan solidaritas sesama negara Teluk setelah adanya perselisihan regional antarkedua belah pihak dalam tiga tahun terakhir.

Sebagaimana dilansir Reuters, kehadiran Pangeran MBS di Doha disambut hangat oleh Menteri Negara Sheikh Abdullah bin Hamad Al-Thani dan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani. Pangeran MBS terakhir mengunjungi Doha pada akhir tahun lalu dalam perjalanan resmi pertamanya ke Qatar sejak ia diangkat menjadi putra mahkota pada 2017.

Sebelumnya, perselisihan diplomatik negara-negara Teluk yang melibatkan Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Qatar telah memunculkan kekhawatiran mengenai pelaksanaan Piala Dunia 2022. Perpecahan tersebut karena adanya tuduhan bahwa Doha mendukung terorisme, yang merupakan sebuah referensi untuk kelompok-kelompok Islam radikal. Akan tetapi, petinggi Qatar membantah tuduhan miring tersebut.

photo
Mantan pemain Marcel Desailly menunjukkan trofi Piala Dunia menjelang  pembukaan Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Ahad (20/11/2022). - ( EPA-EFE/Ronald Wittek)

Piala Dunia yang berlangsung di Qatar ini menjadi kali pertama hajatan terakbar sepak bola dimainkan di Timur Tengah. Doha berharap acara tersebut akan membawa manfaat besar terhadap perekonomian negara sekaligus mengeratkan kembali hubungan dengan negeri tetangga.

Selain Pangeran MBS, Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga turut menghadiri upacara pembukaan Piala Dunia. Kunjungan itu dilaporkan oleh kantor berita Qatar tanpa diumumkan oleh Palestina. Dilansir //Time of Israel// yang mengutip media Qatar, Abbas dan rombongan disambut di bandara oleh Duta Besar Otoritas Palestina untuk Qatar Munir Abdullah Ghannam dan pengusaha Qatar Sheikh Fahad Bin Faisal bin Thani Al-Thani.

WAFA sebagai kantor berita resmi Palestina yang didedikasikan untuk meliput kegiatan sehari-hari Abbas tidak melaporkan perjalanan ke Qatar tersebut. Itu diduga karena adanya kecaman di Palestina setelah ada dokumen yang bocor dan menunjukkan pemimpin tersebut bepergian ke Qatar dengan rombongan besar anggota keluarga dekat dan bantuan.

photo
Suasana pembukaan Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Ahad (20/11/2022). - (EPA-EFE/Ronald Wittek)

Presiden Mesir Abdel Fatah El-Sisi pun menghadiri secara langsung seremoni pembukaan Piala Dunia 2022. El-Sisi memang menjadi salah satu kepala negara di kawasan Timur Tengah yang diundang secara langsung oleh Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani.

“Presiden Abdel Fattah El-Sisi akan terbang ke Qatar untuk menghadiri pembukaan Piala Dunia 2022. Partisipasi El-Sisi di ajang olahraga kelas dunia itu tidak terlepas dari jawaban atas undangan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani,” tulis laporan Reuters.

Tokoh penting lain yang menghadiri pembukaan Piala Dunia 2022 adalah Wakil Presiden India Jagdeep Dhankhar. Dhankhar datang atas undangan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani. “Selain menghadiri upacara pembukaan Piala Dunia, Wapres juga akan berinteraksi dengan masyarakat India selama kunjungannya itu,” demikian dikutip dari thehindubusineesline.com.

Sebanyak 840 ribu orang India menetap di Qatar. Kedatangan Wapres Dhankhar merupakan bentuk dukungan nyata terhadap penyelenggara. Sebelumnya, banyak terjadi pro-kontra terhadap Piala Dunia 2022.

Wapres Ekuador Alfredo Borreo pun hadir dalam pembukaan Piala Dunia 2022. Rombongan Borrero disambut Direktur Departemen Protokol Kementerian Luar Negeri Qatar Ibrahim bin Yousif Fakhro di Bandara International Hamad. Tampak hadir duta besar Ekuador untuk negara timur tengah itu, Pascual del Cioppo. 

Pertandingan perdana akan mempertemukan Qatar dan Ekuador. Kedua tim tersebut tergabung di Grup A. ';

×