vp,,rm
Cristiano Ronaldo | AP/Armando Franca

Sepak Bola

Akhir Hubungan Cinta Ronaldo dan MU

Sekembalinya dari Qatar, Ronaldo diprediksi mengakhiri kontraknya di Old Trafford.

OLEH FREDERIKUS BATA

Drama dan kontroversi. Demikian situasi yang dilakukan Cristiano Ronaldo dalam beberapa hari terakhir. Ini terkait hubungannya dengan Manchester United. Situasi bermula dari kehadiran Ronaldo dalam sebuah acara bernama “Talk TV”.

Ia mengeluarkan semua unek-uneknya saat diwawancarai presenter Piers Morgan. Penyerang asal Portugal itu merasa dikhianati oleh berbagai elemen di United. Ia mengaku tidak mendapatkan respek dari pelatih the Red Devils, Erik ten Hag.

Alhasil, CR7 pun enggan menghormati juru taktik berkebangsaan Belanda itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano)

Itu sedikit poin dalam perbincangan antara Ronaldo dan Morgan. Berikutnya, ia secara terbuka menilai MU sama sekali tidak menunjukkan kiat untuk lebih berkembang. 

Menurut eks Real Madrid tersebut, berbagai fasilitas pendukung di tempat latihan Setan Merah nyaris tak ada perubahan sejak era Sir Alex Ferguson.

Kapten Portugal juga menyenggol pemilik United, keluarga Glazer. Menurutnya, keluarga Glazer sama sekali tak memedulikan the Red Devils. Raksasa Inggris itu hanya dibuat sebagai ladang untuk mengeruk keuntungan. "Mereka akan selalu mendapatkan uang dari marketing," kata Ronaldo, dikutip dari the National News, Selasa (15/11).

Ia mengaku selalu mencintai MU. Itulah mengapa ia kembali ke klub tersebut. Ia merasa perlu memberitahukan yang sebenarnya kepada para penggemar.

 
 
Sulit menerimanya, ketika Anda melihat orang-orang yang dulunya berada di ruang ganti yang sama dengan Anda mengkritik seperti itu.
 
 

Ronaldo berpendapat, sulit bagi United bangkit lagi menuju level teratas. Fakta menunjukkan pada era Glazer, Setan Merah minim trofi. Artinya, ada yang perlu dibenahi, baik dari sisi manajemen maupun di level teknis.

Meski demikian, jika ditarik ke belakang, berbagai pernyataan CR7 berpotensi disebabkan oleh satu hal. Ia bukan lagi langganan starting XI MU. Ten Hag tak ragu untuk menjadikannya sebagai pemain pelapis.

Keadaan demikian belum pernah dialami sang bintang. Ia sampai enggan dimainkan ketika the Red Devils jumpa Tottenham Hotspur. Ia diharuskan beradaptasi dengan situasi baru.

Tak jarang beberapa pundit yang juga mantan rekan setimnya mengkritisi sikapnya yang dinilai kurang profesional. Ada Gary Neville, juga Wayne Rooney. Ronaldo mengaku tak berteman dengan dua sosok tersebut. "Saya pikir, mereka memanfaatkan (profil saya), karena mereka bukan orang yang bodoh. Sulit menerimanya, ketika Anda melihat orang-orang yang dulunya berada di ruang ganti yang sama dengan Anda mengkritik seperti itu," ujar pesepak bola 37 tahun ini.

 
 
Semua ini dibuat untuk satu hal, yakni agar dia meninggalkan klub. Di mata saya, hubungan cinta antara Man United dan Cristiano sudah berakhir.
 
 

Tampaknya, Ronaldo sudah memasang tembok dengan semua elemen di MU. Kini, para legenda hidup United menjadi sasaran amukannya. Kendati demikian, beberapa sosok lain tetap ia hormati.

Ada Roy Keane juga Rio Ferdinand. Baik Keane maupun Ferdinand selalu pasang badan untuknya. Intinya, para pundit dan eks penggawa MU itu berharap semua pihak melakukan komunikasi terbaik sebelum membuat keputusan.

Namun kini, sulit bagi Ferdinand untuk selalu berada di belakang sang penyerang. Ia mencoba berbicara sehalus mungkin. Intinya, ia melihat sudah tak mungkin bagi CR7 dan United untuk bersatu.

"Jauh di lubuk hati, saya tahu sebuah fakta. Semua ini dibuat untuk satu hal, yakni agar dia meninggalkan klub. Di mata saya, hubungan cinta antara Man United dan Cristiano sudah berakhir," tutur mantan bek the Red Devils itu, dikutip dari Dailymail.

Man United merespons situasi itu. Pihak klub akan berbicara lebih lanjut setelah fakta lengkap ditetapkan. Kebetulan hasil wawancara Ronaldo dengan “Talk TV” ditayangkan pada Rabu (16/11) dan Kamis (17/11) malam waktu setempat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester United (@manchesterunited)

CR7 sedang fokus bersama timnasnya. Selecao das Quinas bakal tampil di Piala Dunia 2022. Sekembalinya dari Qatar, sang penyerang diprediksi mengakhiri kontraknya di Old Trafford.

Menurut Sportsmole, agen Ronaldo, Jorge Mendes, kembali menawarkan kliennya ke Chelsea FC. Sejumlah nama mulai digadang-gadang bakal menggantikan peran eks Juventus itu di MU. Empat di antaranya, Dusan Vlahovic, Moussa Dembele, Jonathan David, serta Victor Osimhen. 

Penyihir Kecil dari Sisi Kiri MU Bernama Garnacho

Ronaldo merasa telah dikhianati oleh MU, terutama oleh manajer Erik ten Hag.

SELENGKAPNYA

Kampiun Piala Presiden Enggan Berpuas Diri

Jumlah waktu tonton dalam siaran langsung turnamen mencapai sekitar 50 juta jam.

SELENGKAPNYA

Klub Petik Manfaat dari Indonesia Cup 2022

Pelaksanaan pada musim hujan membuat laga di Solo sempat terganggu karena ada atap yang bocor.

SELENGKAPNYA