Pebalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Andrea Locatelli memacu kecepatan pada latihan bebas pertama (FP1) World Superbike 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Juma | ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Nusantara

WSBK Bukti Indonesia Mampu Jadi Tuan Rumah Acara Dunia

WSBK kali ini merupakan penyelenggaraan kedua setelah November 2021.

LOMBOK -- Ajang World Superbike (WSBK) 2022 telah selesai digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, 11-13 November 2022. Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan kesuksesan digelarnya WSBK menjadi bukti Indonesia sekali lagi mampu menjadi tuan rumah perhelatan kelas dunia.

WSBK tahun ini bahkan mencetak rekor jumlah penonton. Erick menilai tingginya jumlah penonton menunjukkan antusiasme publik terhadap gelaran dunia ini, juga kepercayaan terhadap keamanan Sirkuit Mandalika, serta kenyamanan sarana dan prasarana di sekitar Sirkuit Mandalika.

"Semua hal positif itu telah memberikan angin segar pada nama baik Indonesia sebagai tuan rumah WSBK. Tidak ada keraguan atas kemampuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan yang mendunia. Semuanya aman, nyaman, dan sukses," kata Erick, Senin (14/11).

Erick juga menggarisbawahi suksesnya pelaksanaan kejuaraan dunia setinggi WSBK merupakan hasil kolaborasi banyak pihak, termasuk BUMN yang turut terlibat. Selain itu, para pebalap internasional yang ikut dalam kejuaraan ini dapat menjadi duta Indonesia di mata dunia, termasuk mempromosikan kekayaan budaya dan potensi pariwisata Indonesia. "Mereka akan menyebarkan kabar baik dan indah tentang Indonesia di luar negeri," kata Erick.

photo
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) menyerahkan cenderamata kepada CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta (kanan) usai melakukan pertemuan di gedung Sarinah, Jakarta, Rabu (19/10/2022). - ( ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, sangat bergembira penyelenggaraan WSBK Mandalika 2022 dapat berjalan dengan lancar dan aman, tanpa gangguan yang berarti.

WSBK kali ini merupakan penyelenggaraan kedua setelah penyelenggaraan pertama pada November 2021, bertempat di Pertamina Mandalika International Circuit yang dibangun ITDC dan dikelola MGPA di dalam kawasan pariwisata The Mandalika.

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka mengatakan WSBK Indonesian Round 2022 yang sukses digelar di Pertamina Mandalika Circuit ini menjadi bukti Indonesia bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara kelas dunia.

"Sebagai promotor dan penyelenggara, kami juga berbangga karena WSBK Mandalika 2022 merupakan race bersejarah karena melahirkan juara dunia baru, menghadirkan race ke-900 WSBK, menerbitkan rekor-rekor baru, termasuk rekor penonton yang mencapai 51.629 penonton selama tiga hari," ujar Troy.

Kata Troy, Indonesia juga mencatat sejarah dengan kemenangan talenta pebalap Indonesia Veda Ega Pratama pada Race 1 dan 2 Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) dan keluar sebagai juara dunia ke-3 IATC 2022 di WSBK Mandalika 2022 ini.

"Bukan hanya sebagai tuan rumah, tapi Indonesia juga memiliki begitu banyak potensi untuk bersaing di tingkat dunia, seperti yang ditunjukkan oleh pebalap muda Veda Ega Pratama yang menjadi juara dunia ke-3 IATC 2022 dan memenangkan seluruh race IATC di Indonesia kali ini," tambah Troy.

Pada WSBK Mandalika 2022, ITDC-MGPA juga menyuguhkan sisi budaya. Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan penyelenggaraan WSBK dengan mengangkat sisi budaya lokal NTB juga menjadi nilai lebih dari balapan di Mandalika. Priandhi menyampaikan Dorna dan para pembalap sangat tertarik dan antusias dengan budaya yang disajikan.

Usai pertandingan logistik WSBK mulai diangkut menggunakan pesawat kargo menuju Australia. "Logistik WSBK Mandalika dibawa mulai hari ini ke Australia," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Arif Haryanto, di Praya, Senin (14/11).

Logistik WSBK dijadwalkan berangkat dari Bandara Lombok dengan dua penerbangan, yaitu 14 November 2022 pukul 23.59 WITA, dibawa menggunakan pesawat Qatar Airways Boeing 777-200F rute Lombok-Victoria, Australia. Sedangkan pada 15 November 2022 pukul 10.00 WITA, logistik dibawa dengan Silk Way Boeing 747-400F rute Lombok-Victoria, Australia.

"Hari ini logistik dari Sirkuit Mandalika mulai dibawa ke Bandara Lombok dan selanjutnya dibawa menggunakan pesawat kargo menuju Australia," katanya. Total ada 176,05 ton kargo logistik ajang balap motor WSBK 2022 Mandalika yang tiba melalui Bandara Lombok. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Wakanda Forever Membingkai Kesedihan dengan Jujur

Kerajaan Wakanda waswas dengan serangan kerajaan bawah laut tersembunyi bernama Talokan.

SELENGKAPNYA

Musik Tradisi Riwayatmu Kini

Banyak yang perlu diperkenalkan dari kedahsyatan musik tradisional Indonesia.

SELENGKAPNYA

Keluarga Tewas di Kalideres, Struk Hingga Buku Ditemukan

Ketika pintu utama dibuka, petugas mendapati empat mayat di tiga ruangan berbeda

SELENGKAPNYA