Founder Maja Labs Adrian Zakhary | Dokpri

Nasional

Maja Labs Pamerkan Superhero Pertama di IKN

Tujuan Maja Labs merilis NFT Perksman diungkap oleh Founder Maja Labs Adrian Zakhary ingin membantu sang kreator Perkasa yaitu Bagong Soerbardjo.

 

JAKARTA — Maja Labs merilis NFT Perksman, superhero lokal untuk memperingati Hari Pahlawan pada 10 November. Peluncuran ini mengusung tema "Merdeka dalam Berkarya" bersama konten kreator Euphodea di Jagat Nusantara (jagat.io). Lokasinya di room Maja Labs Talks.

Jagat Nusantara atau Jagat.io adalah platform dunia visual pertama di Indonesia yang terhubung dengan kota nyata, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN). Perksman yang diinisiasi oleh MAJA Labs dihadirkan sebagai superhero lokal berkostum pahlawan Indonesia yang terinspirasi dari wayang kertas Perkasa karya Bagong Soerbardjo.

Perkasa mengisahkan seorang pria bernama Teguh, ia merupakan seorang guru olahraga yang menyelamatkan anak-anak dari gangguan, namun ia jatuh dan terjebak. Kemudian Teguh melihat sebuah cahaya memancar dan cahaya tersebut merasuki tubuhnya, sejak saat itu Teguh berubah menjadi perkasa, titisan matahari.

Bantu Bagong Soerbadjo mengembangkan sanggar seni

Tujuan Maja Labs merilis NFT Perksman diungkap oleh Founder Maja Labs Adrian Zakhary ingin membantu sang kreator Perkasa yaitu Bagong Soerbardjo. "Perksman ini itu tujuannya yang pertama kita pengen bantuin seniman ini dari Jogja ini seniman wayang dongeng namanya pak Bagong. Nah kita mau bantu pak Bagong itu untuk ngembangin sanggar seninya," kata Adrian Zakhary.

Bahkan hasil perjualan NFT Perksman ini akan dijadikan untuk membantu pak Bagong membangun sanggar seninya. "Jadi mudah mudahan nanti kita ngenalin selain ini jadi NFT, ini juga bisa jadi crowdfunding, maksudnya dari NFT tadi orang yang beli nanti uangnya akan kita gunakan untuk membangun sanggar dulu," lanjut Adrian.

Superhero Pertama di IKN

photo
Ilustrasi superhero di IKN - (Maja Labs)

Dalam kesempatan itu, Adrian Zakhary juga menjelaskan bahwa NFT Perksman berlatar di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan akan menjadi superhero pertama di IKN.  "Jadi kita pengen Perksman ini jadi superhero pertama di IKN,"jelas Adrian. 

Dengan hadirnya NFT Perksman, diharapkan semakin banyak generasi muda yang mengenal tokoh pewayangan serta superhero lokal dalam negeri dan mengenalkannya pada dunia. Selain itu, tentu hal ini membuktikan bahwa NFT dan ekosistem Web3 dapat berdampak pada dunia nyata.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat