Wisatawan menghabiskan sore hari di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul, Yogyakarta, Selasa (1/11/2022). | Republika/Wihdan Hidayat

Safari

Berwisata dengan Bijaksana

Berpelesir membantu seseorang mendapatkan kebahagiaan dan membuatnya tangguh secara mental.

OLEH SHELBI ASRIANTI

Eka Murdiningsih merasa aturan untuk berwisata kini semakin longgar. Dia pun tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk berpelesir. Sejak pertengahan 2022, ibu tiga anak itu segera memuaskan keinginannya yang selama ini terkendala pandemi Covid-19.

Tidak hanya berwisata di dalam kota, perempuan yang berdomisili di Sidoarjo, Jawa Timur, itu bertandang ke sejumlah daerah di luar kota. Dia pergi bersama keluarganya atau rombongan ke Malang, Jember, Nganjuk, Blitar, dan Kediri. Baru-baru ini, Eka berpelesir ke Semarang, Jawa Tengah.

"Refreshing bersama teman-teman, pergi rombongan 16 orang," kata Eka kepada Republika, Selasa (8/11). Dia menyambangi deretan lokasi hit, seperti Dusun Semilir, Taman Bunga Celosia, Candi Gedong Songo, serta Masjid Kapal.

Berbagai pelonggaran aturan berwisata membuat dia merasa perjalanannya makin nyaman. Namun, dia menyadari ancaman Covid-19 masih ada. Karena itu, Eka tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama pergi berlibur.

Mengenai ancaman resesi dan ekonomi global, Eka merasa rekreasi dan tamasya tetap diperlukan agar tidak jenuh dengan rutinitas sehari-hari. "Selagi ada kesempatan, ingin melepas penat bersama teman-teman yang bisa berlibur bersama."  

photo
Pengunjung menyusuri sungai dengan perahu menuju desa wisata di kawasan pegunungan Karst Rammang-Rammang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (8/11/2022). - (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Pergi berlibur memang baik untuk kesehatan fisik, mental, dan emosional. Sebab, berlibur membuat pikiran menjadi bahagia dan itu adalah hal yang sehat. Hal tersebut disampaikan Tamara McClintock Greenberg, psikolog klinis yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat. Mengutip dari laman Forbes, Greenberg mengatakan, berlibur adalah penghilang stres yang hebat. 

 Tekanan pekerjaan dan tuntutan sehari-hari dapat mengalihkan seseorang dari apa yang benar-benar bermakna dan menarik dalam hidup. Istirahat dari kesibukan sehari-hari lewat berlibur bisa menjadi cara bersantai, mengisi ulang "baterai", dan meremajakan pikiran. Berpelesir pun, kata dia, membantu seseorang "menemukan" dirinya, meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan, serta membuat seseorang tangguh secara mental.  

 Tamasya dapat membantu meningkatkan keterampilan memecahkan masalah, memicu kreativitas, hingga menambah produktivitas. Akan tetapi, Greenberg juga mengatakan, liburan bisa terasa melelahkan bagi sebagian orang, termasuk jika bersama keluarga.

"Cobalah mengambil liburan singkat, tapi terencana. Rancang perjalanan dengan benar terlebih dahulu untuk menghindari kepanikan dan kekacauan di menit-menit terakhir," ungkap penulis buku Psychodynamic Perspectives on Aging and Illness tersebut. 

Online travel agent Tiket.com membagikan kiat agar berwisata bisa dilakukan dengan bijaksana. Tiket.com mendapati animo masyarakat tinggi untuk memenuhi bucket list perjalanan dan wisata domestik maupun mancanegara. Itu sebabnya, Tiket.com menganjurkan untuk menyiapkan semua rencana dengan cermat dan matang, baik pilihan moda transportasi, akomodasi, maupun kebutuhan perjalanan lain.

 

"Persiapkan liburan akhir tahun maupun di tahun depan dengan lebih matang agar mendapatkan harga yang terjangkau," kata Public Relations Senior Manager Tiket.com Sandra Darmosumarto pada perilisan program Online Tiket Week (OTW).

Lakukan riset terhadap kondisi di lokasi tujuan dan persiapkan segala macam dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, SIM, paspor, dan visa. Selanjutnya, susun rencana perjalanan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Sesuaikan pakaian dengan iklim di lokasi tujuan dan jangan lupa membawa berbagai obat rutin, vitamin, dan perlengkapan berwisata.

Asuransi perjalanan pun penting untuk menjadikan pengalaman wisata semakin nyaman dan aman. Jika liburan dilakukan dengan pesawat, bijaklah dalam mengatur waktu, mulai dari pembelian tiket agar dapat duduk berdampingan hingga jam tiba di bandara supaya tidak tergesa-gesa mengikuti semua prosedur sebelum terbang.

Wahana Baru untuk Wisatawan

Berbagai destinasi wisata terus berbenah untuk mengoptimalkan pengalaman liburan. Salah satunya adalah Taman Safari Bogor di Puncak, Bogor, Jawa Barat. Destinasi wisata tersebut menawarkan sejumlah lokasi baru bagi pengunjung. 

General Manager Taman Safari Bogor Emeraldo Parengkuan menyampaikan, salah satu pembaruan yang dibangun adalah gerai makanan Rainforest Restaurant yang bakal dibuka awal Desember 2022. Di sana, pengunjung bisa menyantap hidangan sambil menyimak atraksi gajah serta aneka burung.  

Selain itu, ada area memberi makan jerapah yang hadir sejak tahun lalu dan lain-lain. "Ada exhibit satwa yang baru dua pekan buka, giant otter atau berang-berang raksasa di area Baby Zoo," ucap pria yang biasa disapa Aldo itu kepada Republika, Senin (7/11).

photo
Seekor Owa Sumatra (Hylobates agilis) bergelantungan di dahan pohon di kawasan Taman Safari Gurun Putih Lestari Jantho, Aceh Besar, Aceh, Minggu (5/9/2021). Taman Safari Gurun Putih Lestari merupakan salah satu taman edukasi yang memiliki ratusan spesies burung, mamalia dan satwa yang didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. - ( ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa.)

 Taman Safari Bogor menyediakan paket wisata untuk keluarga serta Paket Safari Hebat (Safari Hemat Banget) yang menawarkan harga khusus. Pengunjung yang melakukan pembelian di situs resmi Taman Safari Bogor bisa mendapatkan diskon harga tiket masuk (HTM) Safari Siang plus Istana Panda.  

Pengunjung yang hendak menginap di Safari Resort di Taman Safari Bogor bisa mendapatkan keuntungan paket lain. Paket menginapnya ialah "Staycation with Buggy Journey". Fasilitasnya yakni akomodasi satu malam, tiket Safari Journey dengan buggy car (mobil terbuka), serta sarapan dan snack. Pemesanan paket dan periode menginap berlaku hingga akhir November 2022. Promo gencar juga bakal digelar Taman Safari Bogor pada akhir tahun. 

 Menurut Aldo, pariwisata kian menggeliat dan turut didukung oleh melandainya pandemi Covid-19. Meski begitu, Taman Safari Bogor tetap mengimbau pengunjung untuk waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes). Petugas lapangan disiagakan di lokasi untuk mengawasi penerapan prokes tersebut oleh pengunjung.  

Di tengah ancaman terjadinya resesi, Aldo optimistis pariwisata Indonesia pada tahun depan akan semakin membaik. Pasalnya, wisata domestik justru kian menggeliat dan tidak terlalu terimbas resesi global. Namun, pengelola tempat wisata perlu mengemas dan mempromosikan objek wisatanya dengan baik dan menarik.  

Dia mencontohkan, Taman Safari Indonesia tak hanya menawarkan tempat hiburan, tapi juga edukasi untuk pelestarian dan keberlanjutan satwa endemik Indonesia. "Pengunjung bisa datang melepaskan stres dengan lokasi yang hanya dua jam dari Jakarta, mendapatkan situasi liburan berbeda. Alam terbuka, cuaca dingin, sekaligus ada sisi edukasi." 

Membuka Pintu Menuju Dunia Baru

Ada berbagai peluang pengembangan dunia metaverse yang dibawa ke Jagat.

SELENGKAPNYA

Mu'ti: Muhammadiyah tak Bergantung pada Sinten dan Pinten

Warga Muhammadiyah mancanegara semangat menghadiri muktamar.

SELENGKAPNYA

Jaga Stok Vaksin Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Peningkatan kasus saat ini adalah imbas dari kelangkaan stok vaksin Covid-19 beberapa waktu lalu.

SELENGKAPNYA