vp,,rm
Palestinian Ruqaya Rajab, 84, empties a bag of freshly picked green olives at her farm in the Palestinian village Kafr Al-Labad, near the West Bank city of Tulkarem, 08 October 2020. Palestinians have a traditional style to pickle green olives which is u | EPA/ALAA BADARNEH

Internasional

Petani Gaza Siap Ekspor Minyak Zaitun ke Saudi dan UEA

Jalur Gaza diperkirakan akan menghasilkan 5.000 ton minyak zaitun

GAZA CITY -- Untuk pertama kalinya, petani Palestina di Jalur Gaza akan mengekspor 50 ton minyak zaitun ke pasar Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA). Pejabat pemasaran di Kementerian Pertanian Gaza, Mohammad Abu Odeh, mengatakan, Kementerian Pertanian telah menyelesaikan persiapan akhir untuk mengekspor pengiriman pertama minyak zaitun Palestina melalui Perlintasan Karem Abu Salem.

"Ini adalah tahun ketiga Gaza mengekspor minyak zaitun, tetapi ini adalah tahun pertama kami mengekspor dalam jumlah (50 ton) ini," ujar Abu Odeh, dilaporkan Middle East Monitor, Rabu (9/11).

 

 

 

Ini adalah tahun ketiga Gaza mengekspor minyak zaitun, tetapi ini adalah tahun pertama kami mengekspor dalam jumlah (50 ton) ini.

 

MOHAMMAD ABU ODEH Pejabat Pemasaran di Kementerian Pertanian Gaza
 

 

Abu Odeh memperkirakan, ekspor minyak zaitun akan bertambah karena panen melimpah. Abu Odeh menyatakan, pengiriman 50 ton itu termasuk hadiah yang dikirim warga Palestina di Gaza kepada kerabat mereka di negara-negara Teluk.

Jalur Gaza dia perkirakan akan menghasilkan 5.000 ton minyak zaitun. "Kami memastikan bahwa ekspor tidak menyebabkan kekurangan minyak di pasar lokal," kata Abu Odeh.

photo
Petani Gaza Siap Ekspor Minyak Zaitun ke Saudi dan UEA (Ilustrasi). EPA-EFE/ALAA BADARNEH ATTENTION: This Image is part of a PHOTO SET - (EPA/ALAA BADARNEH)

Menurut Kementerian Pertanian Palestina di Gaza, panen zaitun tahun ini akan empat kali lebih besar dari tahun lalu, yaitu sekitar 45 ton. Wakil Menteri Pertanian Ayman Al-Yazouri kepada televisi Al Resalah mengatakan, minyak zaitun Gaza memiliki kualitas yang terbaik di dunia.

"Kami memiliki mesin press minyak paling modern di Gaza," ujar pemilik mesin terbesar di Gaza, Nasr Abu Odeh.

Pada Oktober Kementerian Pertanian Palestina meresmikan festival musim pemetikan dan penggilingan zaitun untuk 2022. Peresmian berlangsung di hadapan para pejabat, termasuk anggota Dewan Legislatif, wali kota, lembaga, dan petani.

 
Pohon zaitun mengekspresikan identitas Palestina dan ketabahan kita terhadap upaya untuk merampok sejarah dan warisan kita.
KEMENTERIAN PERTANIAN PALESTINA
 

Upacara pembukaan disertai dengan pertunjukan seni dan kios-kios yang menyediakan produk lokal. Para peserta berpartisipasi dalam proses pemetikan zaitun dengan mengenakan keffiyeh atau pakaian tradisional Palestina.

Festival petik zaitun ini menandai pentingnya pohon zaitun bagi warga Palestina. Pohon zaitun mewakili sejarah bagi orang Palestina. Buah zaitun mempunyai nilai gizi yang tinggi, terutama minyak dari hasil ekstraksinya.

"Pohon zaitun mengekspresikan identitas Palestina dan ketabahan kita terhadap upaya untuk merampok sejarah dan warisan kita," ujar Kementerian Pertanian.

photo
epa08375893 Pedagang menjual zaitun dan acar di pasar sebelum bulan suci Ramadhan di Kota Gaza, Selasa (21/4). Muslim di dunia menyambut bulan suci Ramadhan di tengah bayang-bayang Pandemi Covid-19.EPA-EFE/SABER MOHAMMED - (EPA-EFE/MOHAMMED SABER)

Musim panen zaitun tahun ini adalah yang terbaik dalam beberapa tahun terakhir karena banyaknya produksi dan perluasan area budi daya. Kementerian Pertanian menjelaskan, area yang ditanami zaitun tahun ini diperkirakan mencapai 43 ribu dunam atau 43 kilometer persegi dengan rata-rata  tingkat produksi satu ton per dunam.

Diharapkan, peningkatan hasil panen ini akan memungkinkan para petani Gaza untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal dan mencapai swasembada minyak serta buah zaitun. Kementerian Pertanian juga berharap sebagian dari produk tersebut dapat diekspor ke seluruh dunia Arab dan negara lainnya.

Denda Akibat Jimak Saat Istri Menstruasi

Ulama fikih sepakat bahwa berhubungan suami istri saat haid merupakan dosa besar

SELENGKAPNYA

BPOM Ungkap Pemalsuan Kandungan Sirop Kasus Gagal Ginjal

BPOM menemukan beberapa drum berisikan senyawa kimia pemicu gagal ginjal yang sangat jauh melampaui batas aman.

SELENGKAPNYA

Menkeu Waspadai Potensi Perlambatan Ekonomi

Perkiraan ini mempertimbangkan siklus perekonomian yang biasanya melambat pada akhir tahun.

SELENGKAPNYA