Sebuah rangkaian kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) saat akan melaksanakan uji coba lintasan LRT Jabodebek TMII-Cibubur di Stasiun LRT TMII, Jakarta, Rabu (11/11/2020). Menurut Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Entus Asnawi Mukhson, | M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO

Jakarta

LRT Velodrome-Manggarai Kurangi Kepadatan

Hadirnya LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai dapat mengurai kepadatan di Stasiun Manggarai yang menjadi stasiun sentral.

JAKARTA – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memproyeksikan hadirnya LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai dapat mengurai kepadatan di Stasiun Manggarai yang menjadi stasiun sentral di Ibu Kota.

“Tentu dengan masuknya LRT Jakarta itu akan menambah alternatif masyarakat, selain ada Transjakarta di sana, untuk melakukan perpindahan moda,” kata Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo di Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (9/11).

Menurut dia, penumpang dari rute lain yang hendak mengarah ke utara, yaitu Kelapa Gading atau ke timur menuju Velodrome, dapat melanjutkan layanan menggunakan LRT Jakarta. Apalagi, kata dia, Stasiun Manggarai yang menjadi stasiun sentral KRL Commuter Line yang melayani rute ke Bogor, Bekasi, Tangerang, dan menuju Jakarta Kota.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LRT Jakarta (@lrtjkt)



"Jadi, semuanya akan terpusat di sana, dan sesuai dengan visi Jakarta dalam pengembangan angkutan umum, menjadikan angkutan perkeretaapian atau angkutan kereta itu sebagai tulang punggung angkutan umum di Jakarta," ujar Syafrin.

Meskipun begitu, menurut Syafrin, rencana pembangunan rute ke Jakarta International Stadium (JIS) masih tetap ada. Dia menegaskan, rute tersebut sudah masuk ke dalam bagian rencana jaringan kereta yang melayani masyarakat Jakarta.

“Rute Kelapa Gading, JIS, Rajawali, kemudian ke Stasiun Kota, ke arah PIK, kemudian ke wilayah barat, selatan, itu tetap ada, karena itu merupakan rencana jaringan perkeretaapian perkotaan di Jakarta," kata Syafrin.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjelaskan, rencana pembangunan LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai dianggarkan melalui penyertaan modal daerah (PMD) yang dimasukkan melalui APBD 2023. “Usulan PMD sementara itu Rp 400 miliar hingga Rp 500 miliar,” kata Heru di gedung DPRD DKI, Selasa (8/11). 

Tindak Lanjuti Penghapusan Vaksinasi Meningitis

Kebijakan penghapusan vaksin meningitis harusnya sudah bisa mulai diberlakukan secepat mungkin.

SELENGKAPNYA

BPOM Ungkap Pemalsuan Kandungan Sirop Kasus Gagal Ginjal

BPOM menemukan beberapa drum berisikan senyawa kimia pemicu gagal ginjal yang sangat jauh melampaui batas aman.

SELENGKAPNYA

PBB: Pariwisata Global Tumbuh 70 Persen dari Prapandemi

Kenaikan kunjungan Timur Tengah didongkrak oleh penyelenggaraan haji di Saudi.

SELENGKAPNYA