Petugas PT Telkom memasang jaringan WiFi gratis di Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022). | ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Ekonomi

Telkom Ekspansi Data Center ke 15 Kota

Telkom paham bahwa sektor data center tidak berdiri sendiri.

JAKARTA -- PT Telkom Indonesia (Persero) bakal memperluas jangkauan data center atau pusat data ke sejumlah wilayah di Indonesia. Direktur Digital Business Telkom Indonesia Fajrin Rasyid mengatakan, perluasan data center merupakan hal yang penting bagi negara sebesar Indonesia.

"Kita rencana ekspansi data center ke sekitar 15 kota besar. Kami butuh lebih banyak data dan semakin dekat dengan pelanggan," ujar Fajrin saat Ngobrol Pagi BUMN bertajuk "Peran Strategis BUMN di Perhelatan G-20" di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (8/11).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Telkom Indonesia (@telkomindonesia)

Fajrin menilai, sebaran data center yang lebih luas akan berdampak positif bagi pengembangan ekonomi digital di wilayah tersebut. Fajrin mencontohkan, ketersediaan data center di wilayah Indonesia Timur akan lebih baik dan tidak bergantung dengan data center yang ada di wilayah Indonesia bagian barat.

"Kalau pelanggan ada di Indonesia timur lalu ada data center di sana, itu akan bagus dibandingkan mengunakan Indonesia barat," kata Fajrin.

Apalagi, Fajrin menyampaikan, Temasek dan Google memproyeksikan ekonomi digital Indonesia tumbuh dari Rp 600 triliun pada 2020 menjadi Rp 4.500 triliun pada 2030. "Peningkatannya tujuh atau delapan kali lipat, ini tentu potensi luar biasa, asalkan kita dapat memanfaatkan potensi ini," ujar Fajrin.

Fajrin menilai, potensi tersebut hanya bisa dicapai jika seluruh elemen bangsa saling berkolaborasi. Fajrin menyampaikan, optimalisasi sektor ekonomi digital memerlukan dukungan dalam berbagai hal, termasuk infrastruktur digital itu sendiri.

 
 
Kalau pelanggan ada di Indonesia timur lalu ada data center di sana, itu akan bagus dibandingkan mengunakan Indonesia barat.
 
 

Tak hanya di dalam negeri, Telkom pun mulai memperluas bisnis data center dengan menyasar pasar di level regional. "Kita mulai menyasar market data center di level regional," ujar Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya dalam kesempatan terpisah sebelumnya.

Budi menambahkan, Telkom akan mulai berkolaborasi dengan Singtel untuk menangkap pasar di Singapura agar bisa juga menjadi salah satu peluang bisnis data center Telkom di Indonesia. "Targetnya, kita berharap pada 2030 bisa mencapai pangsa pasar atau market share sebesar 40 persen," kata Budi.

Bisnis data center Telkom saat ini sudah dikonsolidasi lewat PT Telkom Data Center yang khusus bergerak dan fokus dalam sektor data center. Telkom paham bahwa sektor data center tidak berdiri sendiri, tapi terdapat ekosistem lainnya yang mendukung, seperti jaringan, komputasi awan (cloud), dan sebagainya.

 
 
Targetnya, kita berharap pada 2030 bisa mencapai pangsa pasar atau market share sebesar 40 persen.
 
 

Menurut Budi, hal ini tentunya menjadi perhatian Telkom sehingga dalam pengembangan bisnis data center Telkom bekerja sama dengan berbagai mitra baik dari sisi cloud provider maupun network provider. Termasuk, meningkatkan keunggulan kompetitif yang ada di Telkom berupa jangkauan jaringan yang sangat luas.

Dalam data center, lanjutnya, Telkom melakukan proses konsolidasi aset dan peningkatan kapasitas bisnis data center. Untuk mempercepat pertumbuhan bisnis data center, Telkom bekerja sama dengan hyperscaler dan berkolaborasi dengan Singtel untuk memperluas pasar regional. Selanjutnya, Telkom akan melakukan konsolidasi data center domestik dan internasional. 

Jaga Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Pengendalian inflasi menjadi kunci untuk melanjutkan tren pertumbuhan.

SELENGKAPNYA

Negara Kaya Didesak Bayar Kompensasi Perubahan Iklim

Negara berkembang menuntut agar negara penghasil polusi membayar kompensasi atas kerusakan akibat perubahan iklim.

SELENGKAPNYA

Jangan Sia-siakan Umur

Kita jangan sampai menyia-nyiakan umur dengan berbuat dosa, tanpa pernah mau bertobat kepada Allah.

SELENGKAPNYA