Gerard Pique. | EPA-EFE/Rafael Marchante

Sepak Bola

Bek Legenda Barcelona Itu Pamit dari Camp Nou

Pemain yang membawa Spanyol juara Piala Dunia 2010 itu mengaku telah mewujudkan impiannya.

OLEH EKO SUPRIYADI

Satu lagi legenda Barcelona mengumumkan pensiun sebagai pesepak bola, yaitu Gerard Pique. Pemain seangkatan Andres Iniesta dan Xavi Hernandez itu bakal melakoni laga terakhir profesionalnya saat Barcelona melawan Almeria di Camp Nou.

Pengumuman ini cukup mengagetkan karena sekarang bahkan belum setengah kompetisi berjalan. Pique, yang mencatatkan 102 penampilan untuk tim nasional Spanyol, hanya menjadi pemain cadangan bagi Barcelona musim ini dengan baru lima kali menjadi starter.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gerard Piqué (@3gerardpique)

Pique menjadi bek pilihan kelima Xavi di belakang Ronald Araujo, Eric Garcia, Andreas Christensen, dan Jules Kounde. Salah satu bek terbaik Eropa dalam satu dekade itu hanya dimainkan jika ada rekan satu timnya yang mengalami cedera.

Pique telah bermain sembilan pertandingan dengan total waktu 555 menit di Liga Champions dan Liga Spanyol. Namun, dalam pertandingan tersebut sang bek tengah terlihat kesulitan. Ia melakukan banyak blunder hingga sempat dihujani siulan oleh penggemar Barcelona.

Xavi juga terang-terangan bilang kalau Pique akan kesulitan untuk menembus tim utama. Namun, ia tetap ingin mencoba dan pada akhirnya sadar kalau sudah tidak mampu bermain dengan bek-bek yang lebih muda.

 
 
Saya ingin memberi tahu Anda bahwa saya telah memutuskan sekarang saatnya untuk mengakhiri perjalanan ini.
 
 

Pique mengatakan, sepak bola dan Barcelona telah memberikan segalanya untuknya. Pemain yang membawa Spanyol juara Piala Dunia 2010 itu mengaku telah mewujudkan impiannya.

"Sekarang setelah impian anak (ini) menjadi kenyataan, saya ingin memberi tahu Anda bahwa saya telah memutuskan sekarang saatnya untuk mengakhiri perjalanan ini," kata Pique, dikutip dari Skysports, Jumat (4/11).

Mantan bek Manchester United itu ingin klub masa kecilnya menjadi yang terakhir dan tidak memilih pindah ke klub lain meski punya peluang tersebut. Pique merupakan pemain yang lahir dan besar di Barcelona.

Bahkan, kakeknya sudah menjadi salah satu petinggi di klub. Ia telah bersama Barcelona sejak masih di akademi La Masia. Namun, Pique membuat debut profesionalnya untuk United pada 2004, setelah pindah ke Old Trafford dalam usia 17 tahun.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FC Barcelona (@fcbarcelona)

Pique memenangkan Piala Liga, Liga Primer Inggris, dan Liga Champions di bawah asuhan  Sir Alex Ferguson. Namun, ia hanya membuat 23 penampilan selama empat tahun di Inggris. Pemain berusia 35 tahun itu akhirnya kembali ke Barcelona yang baru dilatih Pep Guardiola.

Di bawah asuhan Guardiola, Pique menjadi pemain kunci bagi Barcelona dengan meraih tiga gelar La Liga Spanyol, dua Copa del Rey, ditambah dua gelar Liga Champions, dua kemenangan Piala Super Eropa, dan dua Piala Dunia Antarklub.

Pique masih menjadi sosok penting di Barcelona meski Guardiola telah meninggalkan Camp Nou. Namun, usai kepergian Guardiola, Pique menambah 13 gelar lagi dalam 11 tahun sejak manajer Manchester City itu hengkang.

Pemain berusia 35 tahun itu juga menjadi pusat kesuksesan Spanyol dan tampil pada semua laga dalam kemenangan di final Piala Dunia 2010 atas Belanda serta Euro 2012 melawan Italia. Prestasi itu ia torehkan sebelum mengakhiri karier internasionalnya setelah Piala Dunia 2018.

 
 
Saya akan mewariskan cinta saya untuk Barcelona kepada anak-anak saya. Cepat atau lambat, saya akan kembali.
 
 

Kini, perjalanan sang pemain bertahan yang tak tergantikan itu akan segera berakhir. "Pertandingan Sabtu ini akan menjadi pertandingan terakhir saya di Camp Nou.”

"Saya akan menjadi penggemar setia. Saya akan mendukung tim. Saya akan mewariskan cinta saya untuk Barcelona kepada anak-anak saya. Cepat atau lambat, saya akan kembali," ujar Pique.

 

Koleksi Gelar Pique:

  • Piala Liga Inggris: 2006
  • Liga Premier: 2008
  • Liga Champions: 2008 (Man Utd), 2009, 2011, 2015 (Barcelona)
  • La Liga: 2009, 2010, 2011, 2013, 2015, 2016, 2018, 2019
  • Copa del Rey: 2009, 2012, 2015, 2016, 2017, 2018, 2021
  • Piala Super Eropa: 2009, 2011, 2015
  • Piala Dunia Antarklub: 2009, 2011, 2015
  • Piala Dunia: 2010
  • Euro: 2012

Negara Muslim Harus Bangun Ketahanan Pangan

Keamanan pangan merupakan masalah yang seharusnya menjadi agenda utama bagi semua negara di dunia.

SELENGKAPNYA

Netanyahu Menang, Palestina Kian Terancam

Saat proses penghitungan suara masih berlangsung, kekerasan antara Israel-Palestina masih terjadi.

SELENGKAPNYA

BPOM: Vaksin Inavac untuk Dosis Primer

Vaksin Inavac akan digunakan sebagai dosis primer dua suntikan.

SELENGKAPNYA