Menteri BUMN Erick Thohir. | ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Ekonomi

Kementerian BUMN Dorong Nelayan Ikut Program Solusi

Erick menyempatkan melihat aktivitas ibu rumah tangga Tambak Loro yang tergabung dalam program PNM Mekaar.

JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, intervensi pemerintah dalam program Solar untuk Koperasi (Solusi) merupakan bukti perhatian Presiden kepada para nelayan. Menurutnya, profesi yang menyuplai protein bagi bangsa dari hasil laut itu harus dibantu dan didukung agar sejahtera.

"Saya sebagai pembantu Presiden berkoordinasi dengan Pak Teten (Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki) dan Pak Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono) untuk mencari cara supaya para nelayan terbantu dengan persediaan bahan bakar solar yang mudah dan harganya sama. Perhatian Presiden Joko Widodo terhadap nelayan itu mendorong terwujudnya program solar untuk koperasi," ujar Erick Thohir saat temu warga nelayan di Tambak Loro, Jawa Tengah, akhir pekan lalu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Ia meminta agar para nelayan di Tambak Loro berbondong-bondong menjadi anggota koperasi nelayan setempat sehingga bisa membeli solar sesuai harga resmi. Berdasarkan rencana, sebuah Pertashop hasil kerja sama Pertamina dan salah satu koperasi di Tambak Loro akan segera didirikan demi mendukung program tersebut.

Erick mengatakan, program ini sudah berhasil di Cilacap, Jawa Tengah. Karena itu, ia mengajak para nelayan menjadi anggota koperasi.

"Jika Bapak atau Ibu setuju program Solusi ini bisa meningkatkan kesejahteraan para nelayan, segera jadi anggota koperasi supaya punya kepastian mendapatkan solar dengan mudah dan terjangkau. Pada Januari 2023 saya akan datang lagi untuk cek," kata dia.

 
 
Perhatian Presiden Joko Widodo terhadap nelayan itu mendorong terwujudnya program solar untuk koperasi.
 
 

Dalam kunjungan kerja ke Jawa Tengah, Erick tidak hanya memastikan lokasi Pertashop bagi program Solusi. Ia pun ikut menyempatkan melihat aktivitas para ibu rumah tangga Tambak Loro yang tergabung dalam program PNM Mekaar.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pun sudah menyatakan dorongan penguatan kelembagaan nelayan melalui program Solusi. Program pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) bekerja sama dengan Pertamina Patra Niaga. "SPBUN tersebut dikelola koperasi nelayan," kata Teten.

Kementerian Koperasi dan UKM bersama sejumlah BUMN dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama untuk mendukung rencana pembangunan SPBUN untuk memasok solar kepada nelayan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KKP RI #KKPAccelerate (@kkpgoid)

Mendampingi kunjugan kerja Menteri Koperasi dan UKM di Koperasi Jasa Bahari Enam Empat (Koperasi Nelayan) yang terletak di Jalan Nambangan Perak No 51A, Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Deny Djukardi, menyambut baik upaya peningkatan kesejahteraan nelayan melalui rencana pembangunan SPBUN yang akan dilakukan pemerintah.

"Pertamina akan terus melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga penyalur, seperti SPBUN agar penyaluran BBM khususnya solar bagi nelayan dapat terpenuhi sesuai dengan peruntukannya," kata dia.

Bersyukur Meski ‘Dihantam’ Sakit

Hakikat syukur adalah menghayati hanya Allah yang memberikan nikmat di alam ini

SELENGKAPNYA

Tabiat Wanita yang Dikhawatirkan Rasulullah SAW

Masalah rumah tangga sering diawali dengan ketidakpahaman suami terhadap tabiat wanita tersebut.

SELENGKAPNYA

Waspadai Gejala Kanker pada Anak

Selalu ada harapan bahwa kanker bisa ditangani.

SELENGKAPNYA